Wednesday, 16 March 2016

Undangan yang Belum Datang

Undangan yang Tak Kunjung Datang - Blog Magical Fingers ini resmi rilis tahun 2012, tapi karena malas dan bingung mau nulis tentang apa, akhirnya terbengkalai selama beberapa tahun. Postingan pertama pada bulan November 2012, tentang curhatan kedua kalinya bikin blog gara-gara lupa password.

Sekian tahun kemudian, barulah aku mendapat pencerahan bahwa blog itu bukan sekedar tempat curhat gaje. Jadilah muncul semangat untuk meneruskan 'rumah maya' yang terabaikan ini. Pas pertama buka ini blog, ebuseeettt! plafon bocor, WC lumutan, listrik mati semua, PAM metong...eh. Hahah.

Enggak, memang blogku ini mengkhawatirkan sih...pas sudah mulai kuutak-atik lagi, obrak-abrik HTML eh enggak tahunya kacau balau. Lihat deh postingan artikelku, ada yang paragrafnya mepet dan enggak bisa dienter. Ada yang bisa bantu benerin enggak ya? Hicks.



Oke, maksud bikin postingan ini adalah bahas tentang Undangan Blogger. Jujur, aku memang belum pernah dapat undangan khusus dari brand atau lembaga tertentu. Beda dengan teman-teman yang sudah fokus ngeblog bertahun-tahun dan punya page rank yang oke banget, baik itu undangan personal atau rame-rame satu grup, mereka sih sudah enggak asing lagi.

Iri, ya iya lah! Secara kita semua sama blogger, ada yang full time mom dan wanita karir, tapi mereka sudah wara-wiri ikut berbagai acara keren dan posting liputan pribadi di blog masing-masing. Kenapa aku belum dapaaat? kenapaa?! 

Sadar-sadar! aktif ngeblog juga baru lima bulanan, sabar shay! belajar dulu yang banyak, benerin tuh HTML blog acak-acakan, pindah rumah jangan yang gretongan mulu. Baru bisa pede dapat undangan blog. *ngomong sendiri.

Well, sembari menunggu datangnya masa aku diundang sebagai blogger untuk menghadiri sebuah acara (launching produk/kopdar akbar/camp blogger), belajar dulu seluk beluk ngeblog yang baik dan benar. Tingkatkan kemampuan menulis dan bebenah tampilan blog biar terlihat profesional. Untuk sementara ini aku juga masih mempelajari tentang peraturan do follow dan no follow buat artikel dengan link berbayar (job review), dan rajin-rajin nongkrong di grup Facebook/Twitter komunitas blogger.



Disana bukan cuma berbagi info seputar ngeblog, tapi juga aneka macam informasi launching produk, undangan nonton premiere dan masih banyak lagi. Sayang seribu sayang, aku pun tetap belum bisa ikutan, kenapa? aku tinggal di pelosok dan butuh waktu serta biaya yang tak sedikit untuk ikut hadir. Lagi-lagi, sabaaaar! belum rezeki!

Terus kenapa sih blogger jadi tamu undangan khusus di acara-acara tersebut? untuk media promosi of course! Secara, dunia maya kini jadi dunia kedua yang sedikit banyak menjadi 'rumah' bagi berbagai lapisan masyarakat. Mengundang blogger menjadi media promosi online yang asyik, persuasif dan honest. Blogger akan mereview produk sesuai dengan pendapatnya sendiri, dan bukan cuma pendapat dari satu kepala, tapi dari puluhan bahkan ratusan kepala. Setiap kepala mewakili tipe, kebiasaan, sifat dan pekerjaan yang berbeda-beda, sehingga menjadi 'media iklan halus' yang mencakup seluruh sudut pandang lapisan masyarakat. 

Kelebihan bagi penyedia produk/jasa yang di-review blogger sudah disebutkan di atas, sementara buat bloggernya itu sendiri...jadi orang pertama yang icip-icip produk baru (yang belum dilaunching buat masyarakat luas), dapat goodiebag dengan isi macam-macam dan eksklusif, trus enggak jarang juga dapat doorprize keren. Dari souvenir hingga uang tunai.

Kekurangannya apa? yaa mungkin cuma buat blogger yang dari pelosok, datang ke kota besar tentu mengeluarkan ongkos, kan? memang beberapa penyedia acara akan mengganti ongkos transport, tapi kebanyakan ya biaya sendiri.

Sekian untuk saat ini, kali ini aku baru bisa membahas sedikit (banget) mengenai undangan blogger. Semoga bulan-bulan berikutnya aku sudah bisa mencicip asyiknya jadi tamu VIP di kondangan blogger. Aamiin :)

10 comments:

  1. Aamiin ya rabbal alamin. Semoga aku juga ya.

    ReplyDelete
  2. memang banyak banget manfaatnya ikut acara undangan blogger
    asyiknya lagi bisa ketemu banyak blogger keren ya mbak

    ReplyDelete
  3. Kalau saya malah terbalik, hapal username + password tapi lupa alamat blog nya xixi.. Just kidding.
    Saya juga blom pernah diundang, tapi menurut saya kapasitas blogger tidak diukur dari seberapa sering menghadiri kondangan eh undangan, melainkan dari keikhlasannya berbagi ilmu atau cerita. Ituuu..#gayaMarioTeguh
    Tetap semangat :) @ge1212y

    ReplyDelete
  4. Tetap semangat ngeblog ya, Mbak. Seiring waktu undangan akan datang sendiri. Kualitas konten yang perlu dan banyak belajar :)

    @amma_chemist
    http://chemistrahmah.com/blogger-dan-fenomena-undangan-event.html

    ReplyDelete
  5. Saya malah blm pernah hadir di event yg di bayar hehehe

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  6. Aku Aminin mba Nunik "Aamiin." :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
  7. Aku aamiin-in juga mbaaakkk.... :)

    Semoga kita suatu hari nanti dapat undangan 'kondangan' blogger... :)

    ReplyDelete
  8. Aamiin... :)

    mutasi ke ibukota aja yuk.. hihi

    ReplyDelete
  9. pergi aja ke ibukota yok hiks hiksss

    ReplyDelete
  10. Balada blogger pinggiran. Ihiks...

    Cuma bisa melongo kalau ada sebar undangan di grup fb/wa komunitas.. Ya.. Undangannya di luar kota juga. XD

    ReplyDelete