Monday, 15 February 2016

Kepada Naskah yang Digantung

Kepada Naskah.



Selamat sore menjelang malam, atau petang?

Sepuluh jam yang lalu kulepas dirimu, kutitipkan di salah satu rumah dengan harapan kamu bisa diterima dengan lapang hati. Tak sembarangan kutitipkan kamu disana, sudah kugembleng kamu terlebih dahulu, kudandani dan kupoles kamu agar enak dilihat, tak ada kesalahan ketik atau kekurangan kasat mata yang mengganggu mata editor.

Yaa setidaknya aku sudah berusaha, eh maksudku kita. Kita sudah berusaha.


Lama aku menunggu kabar-kabar dari rumah-rumah yang lain, dari saudara-saudarimu yang lain. Janji 3 hingga 4 bulan kadang tak mereka tepati untuk memberi kabar, aku paham sekali kondisinya kok. Banyak naskah yang minta diseleksi juga di redaksi mereka, sementara staff editor bisa dihitung jari dan mereka bukan robot atau mesin yang bisa bekerja siang malam tanpa mengeluh lelah. Sungguh wajar jika janji 4 bulan itu molor hingga lima atau enam bulan kemudian, baru memberi kabar. Tapi ada juga yang setahun penuh tak memberi kabar apapun, huft kalau dihitung-hitung untuk waktu mengandung, maka setahun itu si jabang bayi sudah belajar tidur miring, di usianya yang ke empat bulan.

Begitulah, walau harus menunggu lama dan kadang tak dapat kabar yang jelas aku tak akan lelah. Tak akan berhenti menciptakan saudara-saudari naskah yang lainnya, temanmu bercengkrama dalam rak buku saat terbit menjadi buku kelak.

Jaga diri ya naskah? Baik-baik disana. Jangan udik jangan kampungan, kalau lewat di depan orang bilang permisi, mau pinjam barang orang pun bilang dulu. Jadilah naskah yang disukai editor, naskah yang manis dan menggemaskan. Kutulis kamu dengan segenap hati, semoga cinta itu sampai di dada editor. Aamiin.


Salam,


Nuniek KR

5 comments:

  1. :) teteh keren banget nulis teruuuusss

    ReplyDelete
  2. tulisanya bagus dalam menyampaikanya.
    wuiih mba keren nulis terus, moga cepet ada kabarnya mba, enggak nggantung.
    sukses mba, boleh ding di share bukunya yang terbit. hehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe,

      aamiin doain aja, biar dapet kabar bagus

      Delete
  3. Semoga naskahnya segera dilirik ya mbaak :)

    ReplyDelete

Review Pemakaian Softlens N8 Ice Grey

Review Pemakaian Softlens N8 Ice Grey - Beberapa tahun belakangan saya sudah hampir enggak pernah pakai lensa kontak lagi, karena merasa s...