Tuesday, 16 February 2016

Apa Itu Flubby Jelly? Mommy Balita dan Batita Wajib Tahu

Apa Itu Flubby Jelly? Mommy Balita dan Batita Wajib Tahu - Usia 1-5 tahun adalah masa emas bagi buah hati, pada masa-masa itu sepatutnya ayah dan bunda menjadi pembimbing bagi mereka. Mengajari semua hal yang baru, merangsang motorik kasar dan halusnya serta membiarkan si kecil mengeksplorasi lingkungan sekitar.



Salah satu kegiatan yang asyik dilakukan bersama si buah hati adalah Flubby Jelly. Jelly kenyal-kenyal ini fungsinya untuk merangsang motorik halus si anak dan mengenalkan dia dengan berbagai macam tekstur. Nama gayanya sih Sensory Play, hehe.

Nah, kegiatan sensory play ini minimal dilakukan oleh anak yang sudah berusia 3 tahun ya, jadi dia sudah bisa mengontrol gerakan tangan dan kakinya sendiri (walaupun belum halus, tak apa. Itulah guna main Flubby Jelly). Mau tahu cara membuat Flubby Jelly di rumah? Yuk cekidot di bawah ini :


Bahan Flubby Jelly :

- 1 sachet jelly instan (merk apa saja, tapi yang paling familiar Nutrijell)
- Pewarna makanan yang senada dengan jelly (misalnya hijau untuk jelly rasa melon dsb)
- 2 liter air/sesuai selera

Cara Membuat : Sama seperti memasak jelly biasanya, yang berbeda hanya tak ada gula dalam proses memasak. Setelah mendidih, masukkan ke dalam wadah (boleh baskom atau loyang), biarkan dingin dan mengeras. Boleh juga dimasukkan ke dalam kulkas agar menambah sensasi dingin.

Cara bermain Sensory Play :

Bebas.

Tak ada rules khusus untuk memainkan jelly-jelly ini, karena si kecil hanya diharuskan melakukan kontak dengan jelly dalam wadah, terserah mau diremas-remas, diuyel-uyel atau ditumpahkan dan dipakai mandi-mandian pun bisa. Yang penting anak mau belajar hal baru dan mengenal tekstur kenyal dan lembut.

Mau sensory play lebih asyik? masukkan mainan-mainan si kecil ke dalam jelly saat jelly masih hangat, misalnya masukkan mainan ikan laut atau dinosaurus kecil-kecil dan ajak anak mengambil satu per satu mainannya. Bisa juga main masak-masakan, dijamin asyik deh!



 Pertama kali lihat Flubby Jelly itu di Instagramnya Giselle, itu loh istrinya Gading Martin yang anaknya Gempita unyu-unyu chubby. Ternyata sudah banyak yang mencoba permainan ini di rumah masing-masing, dari foto yang di-share dengan tagar flubbyjelly, jelas terlihat jika semua anak benar-benar senang dan fun memainkannya. 

Lihat deh fotonya di bawah ini :

Tren Sensory play ini dimulai dari Indonesiamontessori.com
Creative mommy gak males beresin bekas main anak
HARTA KARUN (pic babyloania.com)
Twinnies! (pic raniarainamumtaz)
Apa kubilang? berenang! (pic saraharsa)

Anaknya Enno Lerian juga main
Bagaimana? tertarik juga untuk ikutan main Sensory Play bareng si kecil? ayo main, jangan takut kotor!

11 comments:

  1. Bakal rawan dimakan ga ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake gula boleh dimakan mas, asal ya itu jangan diinjek-injek atau dicampur mainan, hehe

      Delete
    2. oke menarik ini... kapan2 saya kasih tau kakak saya yang sudah punya anak hehe makasih infonya loh ya...

      Delete
  2. waah lucu kenyal-kenyal gitu ya.. untung metode main sma anak skrg banyak dan berani kotor pun tak papa
    @mutmuthea

    ReplyDelete
  3. hwaa agar-agar segede gitu mah jatah aku buat tiga hari di makanin hehehe. Kayaknya anak batita dan balita bakal anteng main ginian.Aman juga karena terbuat dari jelly. kok malah aku yang pengen mainin yaak ini maah hahaha

    ReplyDelete
  4. Isshhh gak kebayang deh nanti kotornya :D

    ReplyDelete
  5. Assyikk..! aku masih tahap niat mau bikin ini :D
    baru main sensory pakai bahan2 yg sangaaat mudah. lha hasna pakai waterbeads aja mau dimakan og -_-

    ReplyDelete

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda! - Pernah dengar enggak sih kalau lagi sakit anyang-anyangan i...