Wednesday, 24 February 2016

4 Keterampilan Wajib Perempuan yang Bisa Menghasilkan Uang Tambahan

4 Keterampilan Wajib Perempuan yang Bisa Menghasilkan Uang Tambahan - Siapa bilang jadi perempan itu enak? tak perlu susah-susah sekolah sampai perguruan tinggi dan dapat titel cumlaude, tak perlu kerja di perusahaan besar dengan gaji yang banyak dan tak perlu pusing saat ada barang yang ditaksir, tinggal minta sama suami dan bisa belanja-belenji deh.

Di dalam khayal dan lamunan, iya. Tapi saat praktek di dunia nyata, nyatanya tidak jarang perempuan ikut banting tulang demi sesuap nasi. Sekalipun suami bekerja, namun menambah penghasilan keluarga jadi salah satu tujuan kaum istri. Terlebih kalau beban ekonomi keluarga lebih besar dari pendapatan suami.

Hanya saja, sebisanya perempuan tak usah bekerja di luar rumah. Apalagi jika tempat kerjanya bercampur baur antara lelaki dan perempuan. Selain itu, jam kantor yang kaku seringkali membuat waktu untuk mengurus suami dan anak-anak jadi makin berkurang. Padahal madrasah pertama anak adalah ibu mereka sendiri, jangan sampai anak lebih akrab dengan nanny atau pengasuhnya di rumah, karena ibu bekerja diluar rumah.  Tentu saja, hal ini sifatnya dinamis ya, karena banyak juga wanita karir yang tetap punya bonding erat dengan anak masing-masing. Jika dirasa khawatir tak bisa membagi waktu dan pikiran antara kerja dan anak, maka lebih baik bekerja di rumah saja.


Berikut ini ada beberapa keterampilan yang wajib dikuasai oleh perempuan, yang bukan hanya bisa membuang bosan saat sendirian di rumah, tapi juga bisa menjadi ladang usaha rumahan bagi IRT masa kini. Apa saja sih? Yuk cek di bawah ini :


1. Memasak

Ini adalah keterampilan dasar yang super wajib dikuasai perempuan. Tak perlu masakan mewah ala  Western Food atau Chinesse food,  kudapan sederhana yang bisa disantap bersama sekeluarga juga sudah cukup. Bisa menyajikan sarapan pagi di tengah sibuknya persiapan ke sekolah atau ke kantor juga sudah sangat hebat, sekalipun hanya nasi goreng dengan bumbu instan atau menggoreng nugget saja. Yang penting anak dan suami itu makan masakan berbau tangan kita. Seperti yang kubilang tadi, memasak ini termasuk keterampilan yang bisa jadi ladang usaha IRT. Banyak kan olshop yang menjual aneka snack, kue-kue kering, tart bahkan sambal homemade? nah, itu adalah beberapa contoh perempuan yang memanfaatkan kemampuan memasak mereka untuk ladang uang dari rumah. Tertarik?



2. Menjahit

Untuk daily use, keterampilan jahit itu sangat penting. Misalnya kancing lepas, jahitan sobek dan lain-lain. Sayang juga kan kalau sekedar kancing lepas harus minta tolong ke tukang jahit? tak gratis lho. Nah, kalau menjahit profesional memang perlu belajar dari gurunya langsung. Ada kursus menjahit kok, rata-ratanya 500 ribu untuk sekali kursus (selama 4-6 bulan). Kursus ini cuma mengajarkan sampai mahir basic-nya saja (pola dasar), biasanya untuk belajar variasi busana yang lainnya itu bayar lagi. Tapi rata-rata sih kalau sudah paham pola dasar, bisa mengembangkan pola yang lainnya dengan kreatifitas sendiri. Kalau sudah paham yang dasar, biasanya dengan melihat model lain sudah terbayang cara membuatnya. Buka jahitan di rumah? bisa. Mau jualan baju-baju jahitan sendiri di olshop? bisa juga. Kalau sudah lumayan penjualannya bisa menambah modal dan melebarkan usaha. 


3. Menggambar

Asal gambar biar anak senang juga sudah sangat bermanfaat. Apalagi jika memiliki passion lebih dalam dunia gambar. Beberapa waktu yang lalu ada berita tentang mahasiswi yang punya usaha ilustrasi hewan peliharaan kan? omzetnya jutaan Rupiah lho! Sudah tentu saat ia berumah tangga kelak, menggambar itu akan terus ia lakukan dan tak perlu keluar rumah untuk bekerja. Artinya...keluarga tetap terurus tapi ada pemasukan tambahan (sekalipun mungkin suaminya akan sangat mampu untuk membiayai rumah tangga, tapi memiliki penghasilan sendiri itu bisa membuat rasa PD istri lebih tinggi). 

4 Keterampilan Wajib Perempuan yang Bisa Menghasilkan Uang Tambahan


4. Komputer

Nah, kalau yang satu ini kemampuan basic komputer seperti Ms Office dan internet sangat wajib. Jangan cuma pakai komputer untuk main Facebook saja, tapi juga manfaatkan untuk dapatkan uang. Contoh perempuan-perempuan yang bisa memanfaatkan komputer untuk membunuh bosan, sekaligus untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah penulis artikel freelance, blogger, Youtuber dan masih banyak lagi. Menjadi admin sebuah grup facebook juga bisa menambah penghasilan lho! Keterampilan komputer ini sudah aku buktikan sendiri, dengan kemampuan Ms Office yang seadanya, juga internet yang lumayan di rumah, aku bisa dapat penghasilan tiap bulannya. Walau tidak berlimpah, tapi setidaknya untuk susu anak aku tak perlu pusing-pusing lagi. 

Nah, itu dia 4 Keterampilan Wajib Perempuan yang Bisa Menghasilkan Uang Tambahan, gimana? Adakah salah satu keterampilan yang dikuasai? atau semuanya? WOW! Super Women!

12 comments:

  1. Memasak tuh perempuan kudu harus jago. Nah kalo skill memasak udah sip, nanti bakalan ngikut deh yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, jangan mengaku perempuan kalau masak mi instan saja masih minta buatkan sama simbok :D

      Delete
  2. Gambar.. paling ga bisa :P

    btw baru lihat penampakannya teh uniek.. (aku panggil teh aja deh. hehe) hihi
    tampilan baru nih blognya *jempol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, boleh..

      aku gambar jago dooong (gambar orang lidi-lidian, wkwk)

      pengen blog ala-ala master Google Adsense gtu maksudnya, jadi diganti :p

      Delete
  3. Yihaaa, baru bisa masak yang sederhana, jahit pakai tangan, gambar alakadarnya, nulis ngalor ngidul T_T by the way foto profilnya baru ya mba? Ihiy close up. Cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp..yang penting kita bisa lah walopun basic-basican, :D

      hihi, iya..entah kesambet apaan pengen pasang foto wkwk

      Delete
  4. ku kok bingung mau koment apa ya, emmm.. kalo menurutku yang dasar memasak harus bisa lah, aku aja yang cowok masak bisa, jadi hoby malah.hehee..
    kalo yang komputer bener tuh, jangan cuma fb kan atau apalah yang gak jelas gitu. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya..masa suami sama anak mau makan masakan warung terus..

      Delete
  5. menjahit kancing oke lah. nah menggambar ini saya yang dari dulu emang payah. kayaknya saya secuil pun nggak ada bakat nggambar deh. tapi kalau liat-liat gambar sih suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga gabisa gambar, wkwk
      seenggaknya ada lah yang dikuasai :D

      Delete
  6. istri saya cuman bisa masak tapi gak mau dijadikan alat komersil heehehe

    ReplyDelete