Friday, 8 January 2016

Syarat Kirim Naskah ke Twigora Tema Bad Boy

Syarat Kirim Naskah ke Twigora Tema Bad Boy - Setelah lomba menulis novel Sweet and Spicy yang berakhir Desember tahun lalu, kali ini Twigora kembali membawa angin segar bagi seluruh teman penggeman dunia fiksi. Tema romance yang menjadi andalan Twigora kini akan dikawinkan dengan aroma kebandelan.

Bad Boy Romance adalah naskah yang akan dicari Twigora untuk tahun 2016. Penasaran? yuk cek infonya yang disalin langsung dari website Twigora




 
    Sesuai namanya, tokoh utama novel jenis ini adalah bad boy. Harap jangan menyempitkan maknanya jadi sekadar tokoh cowok yang bertingkah dan bertutur cool. Bad boy dalam konsep ini bisa juga berarti karakter laki-laki yang biasanya diwanti-wanti supaya jangan didekati. Laki-laki dengan backstory kelam, bisa jadi berupa rahasia bisa juga catatan kejahatan. Misalnya: mantan narapidana yang bertemu lagi dengan mantan kekasihnya (tema plot: second chance).
 

    Umur karakter utama menentukan logika berpikir terkait plot cerita. Misalnya: karakter twentysomething terbilang wajar terlihat galau dan plin-plan, sebaliknya karakter yang berada di usia empat puluhan punya kecenderungan tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.
 

    Kemarahan, kecemburuan, dan kesedihan berperan besar di dalam plot.
 

    Kamu bisa berpedoman pada prinsip dasar plot klasik: Greek Tragedy. Penceritanya membuat alasan kuat sehingga karakter utama sulit dibuat bersatu.
 

    Karena logika sebab akibat berperan penting untuk membuat plot tertata rapi, sangat disarankan sebelum menulis kamu sudah punya ide untuk ending. Jangan dipikirkan belakangan.
 

    Hindari godaan membuat tokoh utamamu sempurna. Yang sempurna biasanya sulit mendapatkan empati dari pembaca.
 

    Tipikal kisah cinta subgenre ini mengambil prinsip ‘big love affair.’ Libatkan orang-orang di sekitar karakter utama untuk membantu atau malah merintangi mereka mencapai tujuan yang diinginkan.
 

    Bad boy romance pada umumnya menggunakan tipe bittersweet ending. Misalnya: karakter bad boy terbukti selalu ada di sisi karakter perempuan dalam segala situasi, bahagia maupun sedih. Termasuk ketika masa-masa terakhir ayahnya sebelum menyerah pada penyakit kanker yang diidapnya. Sepeninggal beliau, karakter bad body berjanji akan menggantikan ayahnya melindungi si karakter perempuan. Momen terharu lamaran, si karakter perempuan pun bilang iya.
 

    Hindari merancang karakter antagonis yang hitam-putih. Perlakukan dia seperti caramu merancang karakter utama; buat motif setiap perbuatannya terasa manusiawi dan entah bagaimana bisa membuat pembaca ‘mengerti’ arah pikirannya meskipun tidak setuju dengan cara si karakter antagonis bersikap.
    Panjang naskah 40.000 – 50.000 kata, Times News Roman 12, spasi 1.
    Prosedur pengiriman naskah ke Twigora bisa dicek di: http://twigora.com/kirim-naskah/



Beberapa referensi BAD BOY ROMANCE:

    Rule by Jay Crownover
    The Edge Of Never by J.A. Redmerski
    A Walk To Remember by Nicholas Sparks
    Hopeless by Coleen Hoover

3 comments:

  1. Ada yang kurang tuh. Feenya berapa? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah, aku gatau bun.
      Itu urusan dapurnya penulis twigora wkwk

      Delete
  2. Tau ga kelebihan bad boy salah satunya apa? bisa ngajak ngedate di waktu2 yang tak terduga =))

    Eniwei sukses ya!

    ReplyDelete

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan  - Kamu freshgraduate? Atau baru keluar dari perusahaan karena ribu...