Tuesday, 5 January 2016

Resep Candil Modifikasi

Resep Candil Modifikasi  - Sambil nunggu Banjar Stand Up Comedy nanti jam 7 malam, menikmati sore yang agak mendung jadi agak laper nih. Maunya ngemil-ngemil terus, makan nasi juga males. Jadilah, putar otak buat bikin cemilan yang disukai semua keluarga dan bikin kenyang, aku memutuskan untuk bikin candil.

Candil adalah olahan tradisional dari tepung singkong yang dibentuk bulat dan direbus bersama air gula, masukkan pandan dan santan kental, tunggu mendidih dan jadilah! 

Kali ini aku bikin candil yang sedikit berbeda, karena enggak ada daun pandan atau vanili sama sekali. Masa iya candilnya polos begitu? gula merah juga kebetulan habis, adanya gula putih. Karena ada stok minuman ringan warna-warni, kepikiran buat coba bikin candil dengan warna-warni yang lucu, plus rasa buah yang enak.



Bahan candil :

1/2 kilo tepung singkong
2 sachet minuman serbuk beda rasa
satu sendok teh garam
gula pasir/gula merah secukupnya
santan kental
air untuk merebus
daun pandan/vanili (optional)

Cara membuat candil :

1. Bagi dua tepung di wadah yang berbeda, masing-masing bubuhi satu sachet minuman serbuk. Uleni sampai kalis dengan air panas (harus pakai air yang mendidih agar adonannya kalis dan kenyal.
2. Bulat-bulat adonan, atau boleh dibentuk apapun sesuai selera. Rebus sebentar sampai mengapung di permukaan.
3. Didihkan air di panci terpisah, masukkan gula dan daun pandan. Setelah mendidih masukkan santan. Aduk-aduk jangan sampai pecah.
4. Tuangkan candil yang sudah matang ke dalam air gula, aduk terus sekitar 2-3 menit. Matikan api.


Taraaaa! candil modifikasi sudah selesai!

Rasanya manis gurih, kenyal-kenyal aroma buah! Yang aku pakai disini rasa stoberi dan susu vanila. Hmmm, sore-sore jadi kenyang nih. Bye-bye makan malam~~

6 comments:

  1. Apa di sini kaya' grendul gitu ya? Yang campurannya jenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jenangnya aku tau bun..
      dodol kan jenang itu?
      tapi grendul baru denger, hehe

      Delete
  2. Haduh bikin ngiler aja mba,
    coba bikin dirumah akh, mudah-mudahan gak gagal Huahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang bangettt, pasti berhasil deh!
      hehe

      Delete
  3. aduh apa ya di daerah saya nyebutnya, biasanya gak warna-warni..saya jarang suka sih yang ini, kalau hujan enaknya bobo ama si kecil, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sukanya kalo lagi laper aja mbak, hehehe
      iya sih, kalo hujan enaknya boboan sama anak kesayangan :p

      Delete

Begini Jadinya Kalo Sadako Keluar di TV Indonesia

Begini Jadinya Kalo Sadako Keluar di TV Indonesia - Habis Nonton The Rings, tetiba kepikiran gimana jadinya kalo Sadako keluar dar...