Thursday, 14 January 2016

Apa Itu Galendo?

Apa Itu Galendo? - Bagi yang lahir dan dibesarkan di Ciamis pastinya tak asing dengan yang namanya galendo. Apalagi jika orangtuanya suka ngelentik (bikin minyak kelapa), galendo sudah ibaratnya geol jempol dalam joged dangdut, alias tak bisa dilepaskan dari hidup mereka sebagai anak tukang ngelentik

Galendo khas Ciamis (doc galendo dot com)

Aku enggak suka minyak kelapa, aromanya bikin pusing. Tapi galendo aku suka, banget malahan. Dimakan langsung enak, dijadikan sambal enak, buat bumbu oseng-oseng juga mantap lho! Aku juga pernah bikin seblak galendo, rasanya? maknyus!

Lalu apa sih galendo? galendo itu adalah serbuk-serbuk yang muncul dari pemanasan santan saat membuat minyak kelapa. Cara membuatnya juga gampang banget, santan kelapa dididihkan sampai muncul gumpalan-gumpalan kecokelatan di permukaan santan, dan nantinya santan kelapa jadi bening karena lemak dalam airnya terpisah (menjadi galendo). Nah, kalau semua galendonya sudah keluar, minyak kelapa pun sudah jadi!

Proses pembuatannya memakan waktu berjam-jam, sejak memarut kelapa sampai selesai menjadi minyak. Mamah bapa pernah bikin minyak kelapa sendiri, dari sepuluh butir kelapa yang diparut dan diperas santannya itu, bisa jadi satu botol minyak (botol sirup). Hasilnya sedikit banget yah? hicks. 

Walau hasilnya sedikit, tapi really worth it karena puasnya itu lho! Minyak kelapanya dapat, galendonya juga dapat! yay!

Galendo sekarang bukan cuma galendonya saja, tapi sudah banyak cemilan dengan bahan dasar si galendo ini. Cemilan-cemilan galendo ini dijual di Ciamis dan sekitarnya sebagai oleh-oleh khas Ciamis Selaras. Penasaran penampilannya seperti apa? ini dia :

- Galendo Cokelat (galecok)

Galendo Cokelat
Rasanya enak, enggak kalah dengan Cochodot (chocolate dodol garut), Galecok ini adalah cokelat dengan isian galendo. Aroma cokelat yang khas berpadu satu dengan galendo yang kuat aroma kelapanya. 

- Dodol Galendo

Dodol Galendo
 Kurang lebih sama seperti dodol kebanyakan, cuma diberi macam-macam perasa buah dan juga ditambah galendo yang nyum-nyum-nyummmm.

- Galendo Aneka Rasa

Galendo Aneka Rasa
Nah, yang satu ini variasi lain dari galendo. Dikemas dengan kemasan yang cantik berwarna-warni, dan rasanya juga enggak melulu rasa kelapa. Karena sudah berpadu aroma stroberi, nanas, pisang, cokelat dan juga susu. Lihat kan? lima batang galendo aneka rasa harganya cuma 25 ribu saja. 

- Galendo original

Galendo Original
Kalau yang satu ini memiliki rasa original, alias memang segitu-gitunya khas rasa galendo. Galendo itu rasanya gurih-gurih manis, cocok banget untuk teman makan nasi dan bumbu penyedap masakan. Mau resep sambal galendo? caranya gampang banget, cukup ulek halus bawang merah dan bawang puting masing-masing satu siung saja, plus cabe rawit sesuka selera, lalu tambahkan seujung kuku kencur dan masukkan dua sendok galendo, ulek halus dan siap disajikan! Sambel galendo tak perlu garam dan gula, karena rasa dari galendonya sudah cukup kuat. Nah, untuk lalapannya yang cocok itu ketimun, daun jambu mede atau daun mareme.

Nah, gimana? sekarang sudah jelas kan apa itu galendo? mau coba cicip galendo? ayo datang ke Ciamis!

15 comments:

  1. Baru tau ni mbak Kharisma, unik. Dengan kemasan cantik warna-warni pasti akan semakin mendongkrak makanan ini menjadi terkenal ya :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Beda cynt, ini bentuknya kayak susu bubuk cuman butirannya lebih kasar, hehe

      Delete
  3. aku malah belum pernah dengar galendo. rasain galendo juga belum pernah. kalau di ibaratkan makanan lain, rasa galendo sprt makanan apa ya?
    kunjungi http://ptbanyakcerita.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. galendo itu rasanya manis-manis gurih, enak..
      kayak ap aya rasanya? bingung juga sih..hihi

      Delete
  4. ahahaha.. makanan masa kecil gua kalo emak suka bikin minyak dulu.. jadi kangen.. :D

    ReplyDelete
  5. aku tahu , ada yg produksi dekat ruamh adikku tapi kl yg sudah divariasikan dan bahkan ada coklatnya belum pernah merasakan

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah makan ginian. Ini aja baru tahu. :D

    ReplyDelete
  7. Aku menyebutnya Blondo, Mbak.. Baunya syedap pas lagi dimasak. Suka gadoin juga. Tapi itu dulu pas akumasih kecil. Jadi kangen :(

    Eh, Btw aku penasaran sama rasa Galecok-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blondo ya? kayak belanda versi jawa, hhi

      Enak galecoknya, tapi aku lebih suka galendo yang original, wkwk

      Delete
  8. Bisa dibeli dimana ya?

    Sebutsajatius.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Apartemen Dijual Di Jakarta Selatan Harga Bisa Nego

Apartemen Dijual Di Jakarta Selatan Harga Bisa Nego - Ingin membeli apartemen dengan harga terbaik? Jangan khawatir karena saat ini ...