Thursday, 31 December 2015

WASPADA! MIRAS OPLOSAN DALAM MINUMAN ANAK-ANAK



WASPADA! MIRAS OPLOSAN DALAM MINUMAN ANAK-ANAK - Siang ini, hari pertama di tahun 2016, acara kriminal di TV menyuguhkan berita yang benar-benar membuat merinding. Tiga hari yang lalu (29 Desember 2015), Polisi melakukan penggerebekan ke sebuah rumah di Bogor, dimana dalamnya ada produksi minuman keras oplosan yang dipack ke dalam cup minuman ringan. 

Bahan dasarnya adalah Brandy, entah dioplos dengan campuran bahan lainnya atau bagaimana, yang jelas packaging akhirnya begitu  rapi. Persis minuman-minuman ringan yang dijajakan di warung-warung sekitar kita. Dengan cup plastik bening, seal plastik yang bergambar tokoh-tokoh kartun yang familiar di mata anak-anak dan juga harga yang terjangkau. Sekali melihat semua orang pasti tertarik!

Miras dalam minuman anak-anak sitaan Polisi (sumber internet)

Sepintas miras oplosan dalam bentuk baru ini adalah sirup segar rasa stoberi, namun ternyata saat diminum, efeknya jauh lebih destruktif daripada pemanis buatan dalam sirup-sirup murahan. Namanya juga minuman beralkohol, diminum oleh orang dewasa saja bisa mengakibatkan penurunan daya kerja otak, apalagi jika diminum anak-anak? bayangkan bahaya yang akan menimpa putra dan putri kita!

Menurut kriminolog, kejadian ini tak hanya sekedar dimotivasi oleh uang. Akan tetapi ada unsur kesengajaan untuk membuat generasi muda menjadi kecanduan alkohol. Lantas mau dijadikan apa negara kita kalau sejak dini anak-anaknya sudah kecanduan minuman haram ini?

Produsen minuman oplosan dalam cup plastik ini adalah sepasang suami istri, yang sudah diamankan petugas untuk dimintai keterangan di kantor polisi setempat. Yang bikin heran adalah, apakah keduanya sama sekali tak merasa berdosa atau khawatir, atau pun takut jika minuman ini benar-benar jadi favorit bocah? apa mereka tak kasihan melihat anak-anak bau kencur sudah doyan teler? apa mereka tak sedikit pun merasa takut dengan efek buruk yang disebabkan oleh jualan mereka ini?

Entah kedua orang ini punya anak atau tidak, sampai hati mereka meracuni anak orang. Apa tak takut jika anak mereka ikut kecanduan atau jangan-jangan mereka malah girang jika anaknya juga pandai mabuk-mabukan? Naudzubillah.

Miras oplosan dalam minuman anak-anak ini memang masih beredar di sekitar Bogor, tapi tak menutup kemungkinan produsen gila lainnya akan terinspirasi dan ikut menjajakan yang sejenis ini di lingkungan kita. Disini peran aktif kita sebagai orang dewasa, orangtua dan orang yang masih waras sangat diperlukan.

Berikan pengertian pada anak-anak untuk tidak sembarangan jajan minuman yang tak jelas merknya. Bahkan kalau bisa minuman ringan yang diproduksi produsen ternama pun lebih baik sedikit dikurangi konsumsinya, karena sedikit banyak zat kimia di dalamnya sulit diuraikan oleh tubuh sehingga berbahaya bagi kesehatan. Misalnya Aspartam, Sakarin, Sukralosa dan juga Asesulfam, memang keempatnya diperbolehkan untuk digunakan, hanya saja dengan takaran pas per harinya.

Jangan malas menjadi orangtua, jangan sampai karena kemalasan kita dalam menyiapkan kebutuhan anak, menjadi excuse untuk membiarkan si kecil jajan aneka minuman atau makanan instan. Kalau sudah ada jajanan bahaya seperti miras oplosan dengan kedok minuman instan? Bagaimana coba?

Coba akali kebiasan jajan si kecil dengan menyediakan sirup di rumah, boleh sirup buatan sendiri atau bisa juga membeli di pasaran/supermarket. Pilihlah yang merknya sudah ternama, untuk menghindari produk abal-abal yang BPOM-nya belum jelas. Saat si kecil merengek minta jajan, maka buatkanlah segelas sirup dingin untuknya. Tak usah pakai es batu banyak-banyak, cukup pakai air dingin saja asal si kesayangan merasa segar saat minumnya (kalau kebanyakan minum es kan bisa batuk, repot juga. hehe).

Bosan dengan sirup dingin? buat es loli buah atau es loli jus buah. Caranya bisa dilihat di blog ini, misalnya Cara Membuat Es Jeli Buah. Anak-anak pasti suka, kreasikan warnanya agar menarik, terus bereksperimen menciptakan jajanan sehat untuk buah hati dan insyaallah tak hanya terhindar dari bahaya jajanan kreasi produsen gelo saja, tapi juga menguatkan bonding antara kita dan buah hati.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, terima kasih sudah berkunjung! ^^

12 comments:

  1. tolong admin bahas juga tentang pulpen beraroma yang katanya mengandung drugs. sekian makasih. dari bapak anton di lampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atensinya bapak Anton, disegerakan ya. Sekian,

      Delete
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Delete
  2. Serem abisss :'( tapi itu packaging yang di foto juga gak meyakinkan euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya juga terlalu cerah agak-agak transparan gitu...
      tapi ya itu dia yang packaging yang dari penggrebekan itu, anak-anak pasti doyan lihatnya :'(

      Delete
  3. ngeri ya, aku kemarin lihat juga beritanya. Packagingnya menarik pula ituh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap! makanya musti hati-hati banget milih jajanan anak

      Delete
  4. Serem banget ya karena kemasannya menarik mata anak-anak tuh. Insya Allah akan bunda ingetin tuh cucu-cucu bunda untuk tidak mengkonsumsi jajanan yang bermerek baru dan gak meyakinkan banget. Makasih infonya melalui postingan ini.

    ReplyDelete
  5. Astagfirullah... baru.tahu, udh brpa hari gak nonton berita. Mudah2n gak ada lagi yg kayak gini.
    Dihukum yg berat aja tuh si Saputri gelo itu.. huuh

    ReplyDelete
  6. gile.. ini yang buat morallnya rusak atau gimana.. masa anak2 dikasih begituan..

    ReplyDelete
  7. Aku gak pernah belikan anak kaya gitu. Serem banget deh tuh podusennya. Gak takut dosa pula

    ReplyDelete
  8. Ya Allah...
    apa yang dipikir sama produsennya ya

    ReplyDelete

60 Tahun Astra Untuk Indonesia

60 Tahun Astra Untuk Indonesia - Belakangan ini kita disuguhi berita yang mengerikan, dimana hutan di Indonesia semakin gundul dan mengkha...