Saturday, 5 December 2015

Tips Agar Sepatu Tak Bau Saat Musim Hujan




Tips Agar Sepatu Tak Bau Saat Musim Hujan - Musim hujan sudah tiba! Akhirnya bisa mencium lagi aroma petrichor dan melihat tanaman kembali subur karena air langit. Musim hujan menyenangkan, walau konsekuensinya adalah basah dan becek. Bagi anda yang bekerja di dalam ruangan mungkin tak masalah dengan hal ini, tapi bagi sebagian orang yang harus moving dari satu tempat ke tempat yang lainnya, mungkin agak repot juga ya? Baju terkena rembesan air hujan dan sepatu yang basah karena menginjak genangan air, pasti akan membuat penampilan tak prima lagi.

Baju yang basah mungkin bisa mengering dengan segera saat berada dalam ruangan, apalagi ruangan yang ber-AC. Tapi sepatu? lembab sedikit saja bisa membuat bau yang tak sedap menguar parah dari dalamnya. Jadi, inilah tips agar sepatu tak bau saat musim hujan. Silahkan disimak :

1. Gunakan Tisu

Yang paling penting untuk membuat sepatu tak bau saat musim hujan adalah dengan menjaganya selalu kering. Gunakanlah tisu untuk menyerap rembesan air yang masuk ke bagian dalam sepatu. Jangan gunakan kain lap biasa, karena tak sekuat tisu daya serapnya. Memang membutuhkan cukup banyak tisu untuk membuat sepatu kembali kering, tapi demi sepatu yang tak bau, sedikit berkorban tak apa bukan?

2. Gunakan Bedak Bayi

Setelah sepatu cukup kering dan anda ingin mengenakannya, maka bubuhkan bedak bayi ke permukaan kaki anda. Hal ini bermaksud untuk membuat kaki selalu kering, serta aroma wangi dari bedak bayi akan membuat sepatu ikut beraroma sedap.

3. Pakai Teh Hitam

Nah, kalau tips yang ini bisa digunakan setelah anda sampai di rumah. Misalnya sepatu yang baru anda pakai beraktifitas agak basah karena hujan, keringkan dulu dengan tisu lalu manfaatkan teh hitam. Boleh menggunakan satu atau dua kantong teh hitam, cukup letakkan dalam sepatu dan biarkan semalaman. Kandungan tannin dalam teh hitam bisa membasmi bau tak sedap karena lembab.

4. Baking Soda? Kenapa Tidak?

Bau tak sedap dalam sepatu bisa kabur dengan menggunakan baking soda. Caranya dengan menaburkan baking soda ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Besok saat mau dipakai, buang sisa baking soda dan sepatu steril dari bau tak sedap.

5. Bekukan Sepatu

Yang terakhir ini bisa anda lakukan jika tak ada bedak bayi, teh hitam atau baking soda di rumah. Keringkan dulu sepatu anda, lalu bungkus dengan plastik kedap udara lalu masukkan ke dalam freezer selama semalaman. Keesokan harinya bau tak sedap akan hilang.

Demikian adalah Tips Agar Sepatu Tak Bau Saat Musim Hujan, semoga bisa bermanfaat ya? Tapi andai semua cara di atas sudah anda lakukan, namun sepatu anda tetap mengeluarkan aroma tak sedap, bisa jadi yang menjadi masalah adalah kaki anda sendiri. Maka perawatan kaki di rumah wajib anda lakukan. 

Selamat mencoba!

11 comments:

  1. Yang aku sering pake bedak bayi.. biar wangi.. baru tau sepatu dikasih dalam freezer.. nanti waktu make dingin dingin gimana gitu ya kakinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enak...nyess,
      tapi sepatunya jadi agak sempit hihi. Ngerutt

      Delete
  2. Sama kayak Arum, aku juga baru tau kalau sepatu dimasukin ke dalam freezer bisa menghilangkan bau. Tipsnya bermanfaat, Mbak Kharisma. Apalagi musim hujan, becek, nggak ada ojek adanya gojek gini. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaps, tapi maklum aja kalo sepatunya jadi agak sempit yak..mengerut di freezer. hehe

      Delete
  3. biasanya kalau yang males tinggal di bawa ke binatu sepatu yang sekarang menjamur dimana mana :)

    ReplyDelete
  4. Tips nomer 2-3-4-5 unik mbak :D aku baru tau loh :D

    ReplyDelete
  5. Pake backhing soda? Gimana bentuk sepatunya ya? hahahaha

    Gue baru pertama mampir di sini. Dan... fakta menariknya adalah blog ini usianya hampir sama memulai tahun ngeblog. Atau, jangan-jangan dirimu wanita iitu. Halah, maaf baper.

    Gue sih, seringnya pake tisu aja. Tips lainnya jarang gue pake. :) btw, salam kenal. :)

    ReplyDelete
  6. yg simpen dlm freezer itu artis yg ngelakuin arie untung dan fenita istrinya ;).. jd aku ga heran lg.. mrk jg bilang itu ampuh bikin sepatu awet dan ga bau

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu ternyata bisa ngilangin bau sepatu dengan cara di masukin dalam freezer :D

    Aku sih biasanya cuma pake tisu aja. Makasih tipsnya mbak :D

    ReplyDelete
  8. teh hitam? beking soda? baru tau....
    untung sepatu saya nggak terlalu mengeluarkan bau busuk di musim hujan sekalipun..

    ReplyDelete
  9. hmm kebetulan kalau musim hujan, aku pakai sepatu bolong-bolong alias, memang sepatunya motifnya berlubang bentuk floral gitu. Bahan karet juga. Hehehe jadinya meski kena hujan, nggak masalaaaahh...
    by the way, makasi Mbak Uniek,. kayanya Teh hijau boleh dicoba.

    ReplyDelete