Friday, 25 December 2015

Tanda-Tanda Orang yang Berbohong Menurut FBI



Tanda-Tanda Orang yang Berbohong Menurut FBI - Tak ada orang yang suka dibohongi di dunia ini, kalau orang yang suka berbohong sih banyak. Lalu bagaimana cara membedakan orang yang berkata bohong dan orang yang berkata jujur?Yuk disimak Tanda-Tanda Orang yang Berbohong di bawah ini :

1. Mengatakan Penyangkalan Dengan Bahasa Dibuat-Buat

Karena ingin meyakinkan orang lain bahwa ia tak bersalah, akhirnya si pembohong mengatakan penyangkalannya dengan bahasa yang dibuat-buat dan tak umum diucapkan. Bisa jadi seseorang  tiba-tiba menyatakan penyangkalan atas sesuatu yang dituduhkan kepadanya dengan bahasa baku yang terlalu formal, besar kemungkinan ia tengah berbohong. Contohnya Bill Clinton dalam press conference tentang skandal sex-nya.

2. Aksi yang Berulang dan Tak Perlu

Seorang pembohong selalu merasa gugup, khawatir ketahuan jika kegugupannya muncul. Maka ia akan berusaha menutupi kegugupannya dengan melakukan sesuatu, bahkan banyak juga yang tanpa disadari melakukan hal yang sama terus-menerus, dan justu malah membuat orang makin curiga dengan aktingnya. Salah satu aksi untuk menutupi kegugupan adalah dengan terus menerus memperbaiki rambut, atau memperbaiki dasi, kerah atau bahkan memutar-mutar cincin di jari. 

3. Mengulang Pertanyaan

Saat diinterogasi, atau diberondong pertanyaan untuk mengklarifikasi, maka si pembohong akan mengulangi pertanyaan saat ia akan menjawab. Mengapa? hal ini ia lakukan untuk mengulur waktu, sembari ia berpikir tentang jawaban yang akan ia lontarkan. Tentu saja jawaban bohong yang menutupi kebenaran yang sesungguhnya, untuk menyelamatkan dia dari hukuman, atau rasa malu.

4. Senyum Antagonis

Pembohong yang tertekan akan mengeluarkan jurus andalan, yakni berakting seakan mereka yang teraniaya, yang dikhianati dan dijebak. Mereka akan menunjukkan emosi yang muncul dari rasa takut akan kebohong yang terbongkar. Senyuman sinis yang seakan-akan dirinya adalah sosok yang teraniaya. Tapi ada beberapa kasus dimana si pembohong akan menangis histeris.

5. Kontak Mata

Orang yang jujur akan mempertahankan kontak mata sekitar 60% selama percakapan, sementara mereka yang berbohong akan terus menerus melakukan kontak mata dengan harapan mereka dipercaya. Karena ada anggapan bahwa orang yang berbohong tak mampu menatap mata. Memang tak salah, karena banyak kasus orang yang berbohong terlalu gugup untuk menatap mata lawan bicara. Jadi intinya adalah orang yang berbohong bisa jadi terlalu gugup untuk menatap, dan juga bisa terlalu percaya diri dengan terus menerus menatap mata.

6. Ekspresi yang Bertentangan Dengan Aksi

Hal ini terjadi saat emosi yang sesungguhnya 'bocor' karena terlalu gugup. Misalnya si pembohong akan mengangguk saat berkata tidak, dan akan menggeleng saat berkata iya.

7. Suara

Saat berbicara, seorang pembohong akan mengubah-ubah suaranya. Tinggi menjadi rendah, rendah menjadi tinggi bahkan bisa juga memalsukan suaranya tanpa tujuan yang jelas. Serta mereka terdengar lebih ragu-ragu dalam ucapannya.

8. Berusaha Kabur

Tanpa disadari, seorang pembohong akan mengarahkan tubuhnya ke arah pintu keluar atau ke arah dimana ia bisa melarikan diri dengan cepat saat ia ada kesempatan. Saat bicara juga mereka akan membangun sejenis jarak fisik dengan interviewer, misalnya meletakkan gelas atau botol air atau ponsel atau apapun di atas meja diantara dia dan orang yang menginterogasi.

9. Mendongeng

Pembohong tak mau kebohongannya terbongkar, maka ia akan terlalu banyak bicara dan mengatakan semua hal yang bahkan tak ada hubungannya dengan pertanyaan yang diajukan. Jadilah ia mendongeng dan membuat orang lain makin curiga dengan aksinya itu.

10. Sikap Kooperatif

Baik itu orang yang jujur maupun berbohong saat dituduh melakukan sesuatu, akan sama-sama marah. Bedanya adalah orang yang jujur akan bersikap kooperatif dengan interviewers, sementara orang yang bohong akan menunjukkan emosi yang meledak-ledak dan berbelit.

Demikian adalah Tanda-Tanda Orang yang Berbohong Menurut FBI, semoga bisa membantu anda yang tengah bingung dengan kelakuan si dia yang dirasa agak ganjil. Siapa tahu dia berbohong! Semoga artikel ini bermanfaat ya~

12 comments:

  1. Berbohong itu tidak baik ya ......apa lagi dgn menutup nutupi dgn sesuatu. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Delete
  2. Cocok nich buat senajata introgasi si Doi,,,
    Dia bohong atau enggak jadi ketahuan...

    ReplyDelete
  3. Segitunya .... Padahal bisa aja gak bohong, tapi gugup. :D

    ReplyDelete
  4. Untuk mengetahui dia berbohong atau tidak saya rasa perlu analisa lagi, betul kata Anisa Ae,,, Siapa tahu dia gugup atau takut menghadapi sesuatu, misalkan menghadap pimpinan atau majikan dsb.

    ReplyDelete
  5. Wah,mendongeng itu tanda orang berbohong? Jadi, selama ini orangtua saya yang selalu mendongengkan cerita sebelum tidur, mereka masuk ke dalam kategori pembohong dong? Aduh, FBI menciderai cinta saya kepada orangtua nih. wkwkwk :v

    Salam kenal, mba. :)
    http://penjajakata.com/

    ReplyDelete
  6. Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan :-)

    ReplyDelete
  7. point no 1 & 2 aku sering banget ngalamin.
    *klo lagi interogasi cowokku^^
    salam kenal mbak^^

    ReplyDelete
  8. Emang menarik ya menghadapi orang yang mencurigakan apa dia boong atau enggak. Yang bikin gemes itu kaau dia pintar memanipulasi. Saya paling suka liat serial detektif Conan, susah meebak tersangkanya dan baru ngeh setelah Kogoro Mouri mulai ngomong sambil tidur. Aslinya pelaku sesungguhnya ga bisa diduga (menurut pemahaman saya sih).

    ReplyDelete
  9. wah bisa ketahuan dong kalo bohong..hehehhe

    ReplyDelete
  10. Postingannya menarik, tanda2 diatas memang bener ciri2 org yang terlihat sedang berbohong. Kaya saya atau org sekitar sedang berbohong kurang lebih seperti itu hehe. Salam dari zelously.blogspot #blogwalking 😄

    ReplyDelete

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda! - Pernah dengar enggak sih kalau lagi sakit anyang-anyangan i...