Monday, 7 December 2015

Macam-Macam Alasan Klise Saat Ditilang



Macam-Macam Alasan Klise Saat Ditilang - Tahun Baru sudah countdown, razia kendaraan dimana-mana. Maka bagi anda yang biasa berkendara, baik itu roda dua maupun roda empat, tak ada salahnya mengecek kembali kelengkapan surat-surat yang anda miliki. SIM atau STNK, atau kelengkapan kendaraan anda. Jangan sampai anda melakukan akting-akting konyol di bawah ini demi menghindari tilang.

Apa saja sih macam-macam alasan dan akting yang dilakukan pengendara tak patuh aturan? Ayo disimak di bawah ini :


- "Rumah saya dekat."

Alasan ini paling banyak terlontar saat ada razia, terutama razia helm. Pernah menonton salah satu acara Polisi di salah satu stasiun TV swasta? Alasan klise ini selalu diucapkan pengendara motor yang tak mengenakan helm. Kalaupun memang benar rumah mereka dekat sehingga tak pakai helm, apa itu bisa memastikan anda tetap selamat dalam jarak yang dekat itu? Mengenakan helm bisa memperkecil resiko cedera kepala seandainya terjadi kecelakaan.

- Amnesia Mendadak

"Aduh, tadi saya bawa Pak! tapi enggak tahu kenapa jadi enggak ada!", "Lho, lho, lho! ini tadi ada suratnya disini, kenapa sekarang hilang?". Saat ada pengendara nakal yang melontarkan alasan ini, seakan tengah menyaksikan sinetron stripping Indonesia yang rumusnya : episode sudah terlalu banyak-cerita mulai membosankan-antagonisnya kecelakaan dan amnesia-tamat. Begitulah, si pengendara nakal pun selesai, surat tilang di tangan. 

- Damai itu Indah

Tak mau dapat surat tilang akhirnya memilih jalan perdamaian. Sudah tentu bukan damai seperti yang John Lennon nyanyikan dalam syair lagunya, tapi selembar Soekarno-Hatta yang diselipkan diantara tangan yang saling berjabatan. Hmm, cara yang tak sportif untuk menebus ketidakdisiplinan. Polisi yang menunjung tinggi profesionalisme, tak akan tergoda untuk ikut-ikutan melanggar. Jangan coba-coba deh!


- Kenal Atasan pak Polantas

Gertakan yang satu ini adalah andalan mereka-mereka yang merasa punya jabatan tinggi. Melanggar sedikit tak masalah baginya, karena orang terpandang dan terhormat. Kalau ada Polisi yang merazia, maka dengan segera gertak pengecut yang satu ini meluncur mulus. 

- Ada Saudara TNI/Polisi? Melenggang Aman Tanpa SIM STNK

Ditilang Polisi tak lagi merepotkan kalau memiliki saudara yang TNI atau sesama Polisi. Menjual nama rekan dan kerabat yang anggota TNI atau Polisi jadi kelakuan si pelanggar. Tapi pada kenyataannya hal ini sudah tidak mempan lagi ya? Sudah banyak bukti kalau Polisi benar-benar profesional, tak disiplin berkendara? tilang saja!

- Pasang Stiker Militer

Sama seperti alasan yang di atas, merasa aman jika masih berkerabat dengan anggota TNI dan Polisi. Menunjukkan stiker yang hanya boleh dipasang oleh anggota TNI dan Polri itu jadi jurus ampuh menghindari tilang. Namun sayangnya, stiker itu tak mampu menutupi ketidakdisiplinan pengendara bandel yang tak melengkapi surat-surat kendaraannya.

- Skenario

Saat sudah kepepet, akhirnya mengorbankan harga diri dan menceritakan kisah-kisah picisan dalam hidup demi rasa belas kasih. Misalnya saja menceritakan bahwa anda tengah dalam situasi urgent, antara hidup dan mati, tekanan batin yang maha dahsyat dari lingkungan dan terutama keluarga, membuatnya harus berkelana berkendara kesana-kesini walau surat kendaraan tak lengkap semua. Iya, ternyata dia adalah seorang jones yang tengah mencari cinta....
Semoga pak Polisi tersentuh hatinya dan sedikit memberikan kelonggaran atas surat tilangnya, mungkin hanya diberi separuh saja. Hehe


Bagaimana? anda termasuk ke dalam golongan yang mana saat ditilang? Hmm, semoga bukan salah satunya ya? karena anda yang membaca artikel ini semua patuh aturan berkendara. Pakai helm, surat kendaraan yang lengkap, tektek bengek kendaraan pun lengkap. Mantap! Razia dimana-mana? siapa takut?!

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa baca artikel lainnya ya? 

17 comments:

  1. Hahahaha. Jones mencari cinta. Pedih.

    ReplyDelete
  2. Wah bener bgt tuh.. bnyak liat yg bgitu kakak..
    Untung aku g termasuk,
    Td pas mau ditilang aku lgsg pura bodoh gitu kepoin pak polisinya..
    Aku tanya deh..
    "kakak polisi ya?"
    "Waa.. ternyata ap yg diceritain ka unik bener ya.. kaka sangat professional dan berwibawa"
    Dan..
    cusss... "hati hati d jalan ya dek"
    Polisinya lgsg menbolehkan saya pergi.
    *setelah mrmberikan surat tilang warna biru -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mengharukan kisahnya kakak :')

      makanya kalo momotoran itu pake motor, jangan pake gorobag otak-otak..

      Delete
  3. aku mah belum pernah kena tilang,pingin banget kena tilang tapi yang nilang itu polwan.
    yang nge-razia itu polwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat terkabul kakak..
      eh tapi kayaknya pernah lihat kok polwan ngerazia..

      Delete
  4. hehe betul2, kalo ditilang jangan hanya menyalahkan polisi donk..
    peraturan dibuat kan untuk ditaati, bukan untuk dilanggar.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh nyalahin kalau enggak ada salah apa-apa tapi ditilang, tapi kalo melanggar sih...yaa, hihi

      Delete
  5. Untung aku gak pernah kena tilang
    Orang aku emang ga bisa bawa motor :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa, aku juga gabisa bawa motor...
      hihi

      Delete
  6. Hahaha ... kebayang kalo pas lagi pura pura amnesia terus polantasnya ikutan amnesia. Wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Repooottt! gara-gara gak bawa sim STNK jadi amnesia semua
      hihi

      Delete
  7. Aku pernaaaah... bonceng tmn k luar kota, ga tau jalan kita nerobos oneway. dia ga bawa STNK, SIM, bahkan KTP!
    dan dengan lincahnya dia bilang anaknya bripda N**** di salah satu polres di jateng.
    emang dia anaknya polisi, tapi caranya dia ngomong bikin aku keki. meskipun bersyukur juga kita nggak kena tilang akhirnya

    ReplyDelete
  8. Pernah ngaku jadi Ponakan TNI, wkkk *parah

    Salam damai dari wawanwawa.blogspot.com by @Wawa_eN *Selipin goceng :p

    ReplyDelete
  9. 1 sampai 6 udah sering denger dan nemuin. tapi bagian skenario itu baru luar biasa ... lucu :D jones jones

    ReplyDelete
  10. hehehh, ada2 aja yaah, tapi begitulah adanya.
    saya belum pernah kena tilang dan semoga gak deehh..
    so far karena saya blm bisa nyetir siih jadi masih aman dari pertilangan :D

    ReplyDelete
  11. Aku pernah lagi dibonceng, terus kena tilang gara-gara temenku nggak nyalain lampu sein. Berhubung lokasi penilangan deket sama rumah sakit terdekat, aku langsung pasang muka innocent dan bilang lagi sakit banget jg ga tahan panas. Hahhahahaa polisinya malah ngerasa bersalah dan nyuruh buru2 ke rumah sakit. :)))

    ❀ Diary Khansa by Funy ❀ www.diarykhansa.com ❀ Twitter: @tehpocii ❀

    ReplyDelete