Thursday, 24 December 2015

Cara Memilih Durian yang Manis Agar Tak Tertipu

Cara Memilih Durian yang Manis Agar Tak Tertipu  - Beberapa kali lewat ke alun-alun Banjar, ada beberapa mobil pick up yang jualan durian. Setiap melintas, smriwing! wanginya bikin lobang hidung kembang kempis. Sesaat terlintas pengen beli durian, dan dibawa pulang terus pesta durian. Tapi ingat lagi sering kena tipu tukang durian, akhirnya urung.

Sebenarnya yang benar-benar bikin urung beli durian adalah, isi kantong yang kembang-kempis. Tak cukup buat beli durian yang harganya suka agak wah. Mueeheh.

Oke deh, karena tetangga sebelah agak norak dengan memamerkan kulit durian di depan rumah dan wanginya bikin mabok semua tetangga di blok rumahku, tekad pun bulat untuk membeli durian dan balas dendam dengan pamer kulit-kulitnya di depan rumah juga, biar kekinian.

Karena enggak mau tertipu lagi sama penjual yang doyan PHP-in pembeli, serta berdusta dengan mengatakan bahwa durian yang dijual manis, legit dan enak, gataunya keras dan hambar. Kan sedih, sudah mahal, enggak enak :'(



Ini dia tips memilih durian yang enak dan manis : 

- Pilih durian yang eye catching, yang paling menarik menurut selera gitu deh.
- Angkat dan bandingkan beratnya dengan durian lain. Biasanya yang matang lebih ringan.
- Lihat tangkai duriannya. Durian yang masak di pohon memiliki tangkai yang kuat, kokoh dan terlihat segar. Bukannya keriput dan letoy, kayak ABG labil yang diputusin pacar.
- Durian yang matang di pohon selalu jatuh sendiri, makanya pangkal tangkainya rata. Kalau pangkal tangkai seperti bekas sayatan pisau atau bentuknya tak rata, bisa dipastikan kalau durian itu dipanen paksa sebelum waktunya.
- Pukul-pukul permukaan durian, kalau matang suaranya berat dan lembut, seperti ada gasnya. Kalau yang masih mentah biasanya suaranya kasar.
- Cium baunya! durian matang itu aromanya aduhai! 

Tapi jangan kecele juga, sekarang pedagang bangor suka semprot essens durian agar jualan mereka meyakinkan. Makanya, praktekkan semua trik di atas untuk menghindari durian semprotan essens dan trik-trik nakal lainnya. So, selamat berburu durian untuk kamu dan aku~~

9 comments:

  1. Ah aku juga pernah ketipu beli durian. Tapi buah lain juga sih. Emang dasar gak jago milih buah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba praktekin tips ini. Semoga beruntung beli duriannya, sama beli buah yang lainnya :')

      Delete
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Delete
  2. waww nice inpoh banget nih buat yang suka ama durian ermasuk ane :D

    ReplyDelete
  3. Aku gak suka durian mbak. Bikin pusing ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhhh padahal uenakkk bingitss itu durennn

      Delete
  4. Wah.. Saya jadi pengen makan durian. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Kalau saya sich wajib cobain dulu di tempat....
    Gak usah banyak-banyak lah cobainnya cukup dua buah aja...xixiixixixi

    ReplyDelete

60 Tahun Astra Untuk Indonesia

60 Tahun Astra Untuk Indonesia - Belakangan ini kita disuguhi berita yang mengerikan, dimana hutan di Indonesia semakin gundul dan mengkha...