Monday, 21 December 2015

Arti Warna-Warna Lightsaber




Arti Warna-Warna Lightsaber - Selain Harry Potter yang membius ribuan orang di seluruh dunia dengan tongkat sihir dan pernak pernik magic-nya. Legenda film yang memiliki basis penggemar setia terbesar dan tetap bertahan hingga saat ini adalah Star Wars. Apalagi baru-baru ini Star Wars : The Force Awakening rilis di bioskop, fans setia Star Wars juga ikut dibangkitkan kembali.

Selain Darth Vader, Trooper dan Master Yoda, ada satu benda ikonik yang menjadi ciri khas dari Star Wars. Apa itu? LIGHTSABER alias pedang cahaya! yup, yup, yup. Lightsaber adalah senjata yang digunakan oleh hampir semua tokoh Starwars saat bertarung. Bentuknya tabung sekitar 30cm, dilengkapi dengan sebuah tombol yang akan mengeluarkan energi berbentuk cahaya sepanjang satu meter. Terdiri dari beberapa warna, dan di serial filmnya baru sekitar empat warna saja yang muncul, padahal dalam seri novel, komik dan game Star Wars terdapat kurang lebih sepuluh warna.

spoiler : lightsaber biru itu orang baik, lightsaber merah itu jahat

Oke deh, spoiler di atas hanya panduan dasar untuk teman-teman yang masih awam tentang Starwars atau yang belum terlalu serius mengikuti ceritanya dari awal. Sekarang kita beranjak ke level yang lebih tinggi, mempelajari makna di balik warna lightsaber. Baca sampai habis ya? biar kekinian gitu deh.


Lightsaber Merah

Warna merah ini mewakili kekuatan kejahatan, senjata ini memiliki kekuatan dari kristal sintetis. Lightsaber merah digunakan oleh Dark Jedi seperti Darth Vader, Darth Sidious, Darth Maul dan Kylo Ren. Serta tentu saja Sith.

Lightsaber Bronze (perunggu)

Lightsaber bronze ini mewakili kekuatan fisik, maka tak heran jika yang memiliki lightsaber ini adalah ksatria Jedi dari ras Wookie, yakni Lowbacca. Itu loh, yang sepintas mirip Yetti, tapi dengan rambut tubuh berwarna cokelat.

Lightsaber Biru

Lightsaber biru mewakili keadilan dan juga proteksi. Obi Wan Kenobi dan Anakin Skywalker menggunakan lightsaber warna biru, dan mereka ini bertarung untuk kebaikan. 

Lightsaber Kuning

Lightsaber kuning ini mencerminkan  intrik dan pencarian. Merujuk pada panduan karakter dunia Star Wars, maka lightsaber ini digunakan oleh ksatria Jedi yang akrab dengan dunia spionase alias mata-mata, misalnya seperti Yarael Poof dan Plo Koon.

Lightsaber Jingga

Lightsaber yang suka negosiasi. Dipakai oleh Yaddle, ia dalah sosok ksatria Jedi wanita yang berasal dari ras yang sama dengan Master Yoda. 

Lightsaber Hitam

Lightsaber dengan warna favoritku ini belum muncul di filmnya sih, tapi darksaber yang satu ini dipakai karakter Pre Vizsla dalam seri animasi Clone Wars, seorang tokoh yang memiliki obsesi pada diri sendiri. 

Lightsaber Emas

Emas itu mengandung makna terhormat atau yang utama, alias expert. Maka yang menggunakan lightsaber emas ini hanya mereka yang benar-benar sangat piawai bertarung. Misalnya adalah Qu Rahn, ia merupakan tokoh yang muncul di beberapa seri video game dan novel Star Wars.

Lightsaber Hijau

Lightsaber yang digunakan oleh ksatria Jedi yang lebih suka mediasi dan negosiasi daripada harus bertempur. Akan tetapi lightsaber hijau ini memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa. Penggunanya adalah ksatria Jedi (Luke Skywalker, Yoda, dan Qui-Gon Jinn). 

Lightsaber Perak

Perak mewakili ketenangan dan dan kejelasan. Lightsaber warna perak ini muncul dalam serial animasi Clone Wars dan digunakan oleh Tera Sinube.

Lightsaber Ungu

Warna ungu adalah gabungan dari warna merah dan biru, sementara dalam Star Wars kedua warna tersebut merupakan perwakilan kebaikan serta kejahatan. Jadi tak heran jika pemakai  lightsaber ungu ini memiliki moral yang ambigu. Baik dan jahat. Contohnya saja adalah Mace Windu dan Mara Jade Skywalker.

Itu dia Arti Warna-Warna Lightsaber, semoga bisa jadi panduan yang cukup membantu saat menonton Star Wars ya? biar enggak pusing lagi. Hihi. Jangan lupa baca juga artikel lainnya, misal adalah Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah.

Bonus. SILSILAH KELUARGA STAR WARS

 

13 comments:

  1. waaa para para para kirain lightstick nya wota doang yang bercayanya dalem kegelapan konser jeketi...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Aku gak pernah nonton film ini. Xixixi, baru tahu warna pedangnya punya arti khusus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga cuma nonton setengah-setengah aja bun, hihi

      Delete
  4. kirain kalo merah, yang suka ngatur jalanan malem-malem

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo enggak yang motornya paling depan pas touring, :3

      Delete
  5. WKWKWK. WARNA COKELAT BRUNETTE MANA?

    ReplyDelete