Thursday, 31 December 2015

WASPADA! MIRAS OPLOSAN DALAM MINUMAN ANAK-ANAK



WASPADA! MIRAS OPLOSAN DALAM MINUMAN ANAK-ANAK - Siang ini, hari pertama di tahun 2016, acara kriminal di TV menyuguhkan berita yang benar-benar membuat merinding. Tiga hari yang lalu (29 Desember 2015), Polisi melakukan penggerebekan ke sebuah rumah di Bogor, dimana dalamnya ada produksi minuman keras oplosan yang dipack ke dalam cup minuman ringan. 

Bahan dasarnya adalah Brandy, entah dioplos dengan campuran bahan lainnya atau bagaimana, yang jelas packaging akhirnya begitu  rapi. Persis minuman-minuman ringan yang dijajakan di warung-warung sekitar kita. Dengan cup plastik bening, seal plastik yang bergambar tokoh-tokoh kartun yang familiar di mata anak-anak dan juga harga yang terjangkau. Sekali melihat semua orang pasti tertarik!

Miras dalam minuman anak-anak sitaan Polisi (sumber internet)

Sepintas miras oplosan dalam bentuk baru ini adalah sirup segar rasa stoberi, namun ternyata saat diminum, efeknya jauh lebih destruktif daripada pemanis buatan dalam sirup-sirup murahan. Namanya juga minuman beralkohol, diminum oleh orang dewasa saja bisa mengakibatkan penurunan daya kerja otak, apalagi jika diminum anak-anak? bayangkan bahaya yang akan menimpa putra dan putri kita!

Menurut kriminolog, kejadian ini tak hanya sekedar dimotivasi oleh uang. Akan tetapi ada unsur kesengajaan untuk membuat generasi muda menjadi kecanduan alkohol. Lantas mau dijadikan apa negara kita kalau sejak dini anak-anaknya sudah kecanduan minuman haram ini?

Produsen minuman oplosan dalam cup plastik ini adalah sepasang suami istri, yang sudah diamankan petugas untuk dimintai keterangan di kantor polisi setempat. Yang bikin heran adalah, apakah keduanya sama sekali tak merasa berdosa atau khawatir, atau pun takut jika minuman ini benar-benar jadi favorit bocah? apa mereka tak kasihan melihat anak-anak bau kencur sudah doyan teler? apa mereka tak sedikit pun merasa takut dengan efek buruk yang disebabkan oleh jualan mereka ini?

Entah kedua orang ini punya anak atau tidak, sampai hati mereka meracuni anak orang. Apa tak takut jika anak mereka ikut kecanduan atau jangan-jangan mereka malah girang jika anaknya juga pandai mabuk-mabukan? Naudzubillah.

Miras oplosan dalam minuman anak-anak ini memang masih beredar di sekitar Bogor, tapi tak menutup kemungkinan produsen gila lainnya akan terinspirasi dan ikut menjajakan yang sejenis ini di lingkungan kita. Disini peran aktif kita sebagai orang dewasa, orangtua dan orang yang masih waras sangat diperlukan.

Berikan pengertian pada anak-anak untuk tidak sembarangan jajan minuman yang tak jelas merknya. Bahkan kalau bisa minuman ringan yang diproduksi produsen ternama pun lebih baik sedikit dikurangi konsumsinya, karena sedikit banyak zat kimia di dalamnya sulit diuraikan oleh tubuh sehingga berbahaya bagi kesehatan. Misalnya Aspartam, Sakarin, Sukralosa dan juga Asesulfam, memang keempatnya diperbolehkan untuk digunakan, hanya saja dengan takaran pas per harinya.

Jangan malas menjadi orangtua, jangan sampai karena kemalasan kita dalam menyiapkan kebutuhan anak, menjadi excuse untuk membiarkan si kecil jajan aneka minuman atau makanan instan. Kalau sudah ada jajanan bahaya seperti miras oplosan dengan kedok minuman instan? Bagaimana coba?

Coba akali kebiasan jajan si kecil dengan menyediakan sirup di rumah, boleh sirup buatan sendiri atau bisa juga membeli di pasaran/supermarket. Pilihlah yang merknya sudah ternama, untuk menghindari produk abal-abal yang BPOM-nya belum jelas. Saat si kecil merengek minta jajan, maka buatkanlah segelas sirup dingin untuknya. Tak usah pakai es batu banyak-banyak, cukup pakai air dingin saja asal si kesayangan merasa segar saat minumnya (kalau kebanyakan minum es kan bisa batuk, repot juga. hehe).

Bosan dengan sirup dingin? buat es loli buah atau es loli jus buah. Caranya bisa dilihat di blog ini, misalnya Cara Membuat Es Jeli Buah. Anak-anak pasti suka, kreasikan warnanya agar menarik, terus bereksperimen menciptakan jajanan sehat untuk buah hati dan insyaallah tak hanya terhindar dari bahaya jajanan kreasi produsen gelo saja, tapi juga menguatkan bonding antara kita dan buah hati.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, terima kasih sudah berkunjung! ^^

Fakta Mencengangkan di Balik Kemeriahan Tahun Baru

Fakta Mencengangkan di Balik Kemeriahan Tahun Baru  - Hanya tinggal hitungan jam menuju pergantian tahun, selamat tinggal 2015 selamat datang 2016. Seperti biasanya, pergantian tahun masehi ini akan dirayakan dengan meriah dan hingar bingar. Akan tetapi, tahukah? ada makna mencengangkan di balik kemeriahan tahun baru? terutama bagi umat Muslim.

Setelah disibukkan dengan aneka macam kegiatan sepanjang tahun, merayakan pergantian tahun dengan berlibur, berpesta sampai lepas tengah malam dan juga menghabiskan beberapa (atau berpuluh) lembar Rupiah untuk membiayai hura-hura semalam suntuk itu, dirasa tak seberapa untuk melepas penat. Tapi tahukah saudaraku Muslim? ada tradisi kaum Pagan, Yahudi dan Nasrani dalam perayaan tahun baru.




Bangsa Eropa di abad pertengahan menjadikan tanggal 25 Maret sebagai tahun baru, disebut sebagai The Feast of Armounciarion atau “Hari Raya Pemberitahuan”. Nah, di dalam tradisi Kristen, ternyata tanggal ini dipercaya sebagai hari saat Bunda Maria didatangi malaikat Jibril, yang memberitahukannya bahwa ia akan melahirkan seorang anak Tuhan. Lantas pada tahun 1582, setelah ada kalender Gregorian akhirnya satu per satu kerajaan Eropa merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari-hingga sekarang. Kalender Gregorian ini juga merupakan kalender Nasrani, karena menjadikan hari kelahiran Yesus sebagai hari pertama. Sekalipun hari kelahiran Yesus masih menjadi perdebatan antara sesama umat Nasrani, tapi semuanya sepakat merayakan tahun baru di tanggal 1 Januari.

Tradisi lain yang membuat tahun baru 'bermakna' adalah meniup terompet dan menciptakan macam-macam kegaduhan. Tradisi meniup terompet ini adalah ritual kuno untuk mengutir setan dan berbagai roh halus yang akan mengganggu. Biasanya dilakukan pada tahun baru Yahudi yang jatuh di bulan September atau Oktober. Perayaan ini dinamakan Rosh Hashanah atau Hari Raya Terompet. Selain terompet, mempertunjukkan kembang api besar-besaran di langit juga menjadi tontonan utama di tahun baru. Tradisi ini merupakan tradisi etnis Tionghoa dalam berbagai ritual keagamaan mereka. Kaum Majusi juga menggunakan api-apian untuk melakukan ritual ibadah mereka.


Nah, bagaimana? tak ada satu pun aktivitas malam Tahun Baru yang bernapas Islami. Mengapa umat Muslim masih bersemangat untuk merayakan Tahun Baru Masehi? Tahun Baru Hijriyah saja tak boleh dirayakan, apalagi sampai heboh dan mengeluarkan banyak biaya yang terbuang percuma. Jika Islam tak merayakan tahun baru hijriyah, tak ada dalil maupun fatwa yang menganjurkan, lantas mengapa masih mau-maunya membuang banyak waktu dan uang untuk berada di tempat yang berpeluang besar untuk melakukan beragam maksiat? 

 Dari Ibnu Umar berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

"Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka." (HR. Abu Dawud, Al-Libas, 3512. Al-Albany berkata dalam Shahih Abu Dawud, Hasan Shahih no. 3401)

Al-Manawi dan Al-Alqomi berkata, "Yakni dalam penampilannya memakai pakaian seperti pakaian mereka, mengikuti cara jalan, tata cara dalam pakaian dan sebagian prilaku mereka."

Nah lho, yakin mau menghabiskan semalam dengan melakukan hal yang tak ada di dalam Islam? bagaimana jika setelah berhura-hura semalam suntuk, napas kita selesai keesokan harinya? apa tidak malu menghadap Allah dengan coreng di muka karena dengan sengaja melakukan hal-hal mubazir? Apalagi demi ikut pawai tahun baru sudah nongkrong sejak Magrib, cuzz ke tempat pesta tahun baru tanpa shalat Isya dulu. Yang perempuan tak pakai jilbab karena pengen pamer rambut dan busana trendy, yang laki-laki sudah siap membawa 'alat pengaman' di dalam saku untuk jaga-jaga. Sudah niat untuk bermaksiat di malam Tahun Baru. Lalu apa untungnya dalam malam pergantian tahun ini? habiskan uang iya, kelelahan dan capek desak-desakkan iya, dapet dosa juga iya!

Lebih baik kita habiskan waktu di rumah saja, nikmati pergantian tahun sewajarnya dan jadikan sebagai momen untuk mengeratkan diri dengan keluarga. Tak ada yang istimewa sebenarnya di tahun baru, hanya pergantian malam menjadi siang dan mengganti kalender saja. Mau membuat resolusi untuk tahun depan atau tidak pun tak ada hukumannya jika absen tak dilakukan. Toh kalaupun membuat resolusi, biasanya juga kebanyakan lupa tuh apa saja resolusi yang dibuat. Hihi. Tapi boleh kok kalau ingin menjadi sosok yang lebih baik lagi di tahun yang akan datang, apalagi sampai berjuang keras untuk meraih semua mimpi kita. Yang tidak boleh itu adalah mengikuti tradisi non Muslim dan terjerumus dalam ragam dosa dengan kedok perayaan Tahun Baru. Oke temans?


Sunday, 27 December 2015

Gara-Gara Istri Muda : Rozali Gantung Diri di Ampera

Gara-Gara Istri Muda : Rozali Gantung Diri di Ampera - Membaca berita tragedi dan skandal menjadi favorit sebagian orang, hal itu dikarenakan naluri manusia yang selalu ingin tahu--bahkan aib sesama saudara mereka sendiri. Berita gantung diri di Ampera menjadi trending topic. Sebenarnya sih aku tahu tentang hal ini setelah baca artikelnya bang Syaiha tentang kematian terpaksa seorang lelaki paruh baya gara-gara patah hati itu.

Penasaran dengan judulnya, gara-gara istri muda sampai-sampai Rozali bunuh di diri di jembatan Ampera. Nah, ini dia. Awal-awalnya kembali ke kata bijak yang mengatakan bahwa "Kelemahan lelaki itu harta, tahta dan wanita.". Bapak yang tutup usia di 56 tahun ini telah menyerah pada kelemahannya tersebut. Drs.Rozali yang lulusan USRI diketahui memiliki istri dua, dan sang istri muda meninggalkan dia karena ia telah bangkrut.



Almarhum adalah pengusaha, dan sangat wajar apabila seseorang yang sukses lantas tergoda untuk beristri dua. Yap, karena mampu menafkahi dengan cukup dan ragam alasan lainnya. Akan tetapi setelah usaha gulung tikar dan dihinggapi penyakit sepuh, pada saat ini cinta sejati mendapatkan jalan untuk menunjukkan wujudnya. Yang datang setelah almarhum sukses, tak ikut berjuang untuk sampai ke puncak sukses tak tahan dan akhirnya pergi. Sayang sekali, ketidaksetiaan ini malah membuat sosok yang terkenal alim dan rajin beribadah tersebut patah hati. Akhirnya, jasadnya ditemukan tergantung dengan seutas tali di jembatan Ampera, Minggu 27 Desember 2015, pukul setengah enam pagi.

Andai saja lelaki ini sedikit menghargai kesetiaan istri tuanya, mungkin ia tak perlu mengambil jalan pintas untuk mengakhiri hidup. Harusnya berterima kasih karena takdir Tuhan sudah menunjukkan siapa yang paling tepat untuk ia pertahankan. Tapi di balik itu semua kita tak tahu seperti apa masalah yang sebenarnya, sampai-sampai bunuh diri menjadi cara yang meluluhkan keimanannya. Kita hanya bisa menebak-nebak saja, mengira-ngira. No judge ya! Hanya sharing.

Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kisah nyata ini. Punya istri muda memang menyegarkan, tapi lihat apakah ia benar-benar tulus atau karena ada kipas-kipas gepokan uang saja? jangan sampai hidup berakhir di seutas tali, dan rahasia rumah tangga terbongkar kemana-mana. Naudzubillah.


Friday, 25 December 2015

Tanda-Tanda Orang yang Berbohong Menurut FBI



Tanda-Tanda Orang yang Berbohong Menurut FBI - Tak ada orang yang suka dibohongi di dunia ini, kalau orang yang suka berbohong sih banyak. Lalu bagaimana cara membedakan orang yang berkata bohong dan orang yang berkata jujur?Yuk disimak Tanda-Tanda Orang yang Berbohong di bawah ini :

1. Mengatakan Penyangkalan Dengan Bahasa Dibuat-Buat

Karena ingin meyakinkan orang lain bahwa ia tak bersalah, akhirnya si pembohong mengatakan penyangkalannya dengan bahasa yang dibuat-buat dan tak umum diucapkan. Bisa jadi seseorang  tiba-tiba menyatakan penyangkalan atas sesuatu yang dituduhkan kepadanya dengan bahasa baku yang terlalu formal, besar kemungkinan ia tengah berbohong. Contohnya Bill Clinton dalam press conference tentang skandal sex-nya.

2. Aksi yang Berulang dan Tak Perlu

Seorang pembohong selalu merasa gugup, khawatir ketahuan jika kegugupannya muncul. Maka ia akan berusaha menutupi kegugupannya dengan melakukan sesuatu, bahkan banyak juga yang tanpa disadari melakukan hal yang sama terus-menerus, dan justu malah membuat orang makin curiga dengan aktingnya. Salah satu aksi untuk menutupi kegugupan adalah dengan terus menerus memperbaiki rambut, atau memperbaiki dasi, kerah atau bahkan memutar-mutar cincin di jari. 

3. Mengulang Pertanyaan

Saat diinterogasi, atau diberondong pertanyaan untuk mengklarifikasi, maka si pembohong akan mengulangi pertanyaan saat ia akan menjawab. Mengapa? hal ini ia lakukan untuk mengulur waktu, sembari ia berpikir tentang jawaban yang akan ia lontarkan. Tentu saja jawaban bohong yang menutupi kebenaran yang sesungguhnya, untuk menyelamatkan dia dari hukuman, atau rasa malu.

4. Senyum Antagonis

Pembohong yang tertekan akan mengeluarkan jurus andalan, yakni berakting seakan mereka yang teraniaya, yang dikhianati dan dijebak. Mereka akan menunjukkan emosi yang muncul dari rasa takut akan kebohong yang terbongkar. Senyuman sinis yang seakan-akan dirinya adalah sosok yang teraniaya. Tapi ada beberapa kasus dimana si pembohong akan menangis histeris.

5. Kontak Mata

Orang yang jujur akan mempertahankan kontak mata sekitar 60% selama percakapan, sementara mereka yang berbohong akan terus menerus melakukan kontak mata dengan harapan mereka dipercaya. Karena ada anggapan bahwa orang yang berbohong tak mampu menatap mata. Memang tak salah, karena banyak kasus orang yang berbohong terlalu gugup untuk menatap mata lawan bicara. Jadi intinya adalah orang yang berbohong bisa jadi terlalu gugup untuk menatap, dan juga bisa terlalu percaya diri dengan terus menerus menatap mata.

6. Ekspresi yang Bertentangan Dengan Aksi

Hal ini terjadi saat emosi yang sesungguhnya 'bocor' karena terlalu gugup. Misalnya si pembohong akan mengangguk saat berkata tidak, dan akan menggeleng saat berkata iya.

7. Suara

Saat berbicara, seorang pembohong akan mengubah-ubah suaranya. Tinggi menjadi rendah, rendah menjadi tinggi bahkan bisa juga memalsukan suaranya tanpa tujuan yang jelas. Serta mereka terdengar lebih ragu-ragu dalam ucapannya.

8. Berusaha Kabur

Tanpa disadari, seorang pembohong akan mengarahkan tubuhnya ke arah pintu keluar atau ke arah dimana ia bisa melarikan diri dengan cepat saat ia ada kesempatan. Saat bicara juga mereka akan membangun sejenis jarak fisik dengan interviewer, misalnya meletakkan gelas atau botol air atau ponsel atau apapun di atas meja diantara dia dan orang yang menginterogasi.

9. Mendongeng

Pembohong tak mau kebohongannya terbongkar, maka ia akan terlalu banyak bicara dan mengatakan semua hal yang bahkan tak ada hubungannya dengan pertanyaan yang diajukan. Jadilah ia mendongeng dan membuat orang lain makin curiga dengan aksinya itu.

10. Sikap Kooperatif

Baik itu orang yang jujur maupun berbohong saat dituduh melakukan sesuatu, akan sama-sama marah. Bedanya adalah orang yang jujur akan bersikap kooperatif dengan interviewers, sementara orang yang bohong akan menunjukkan emosi yang meledak-ledak dan berbelit.

Demikian adalah Tanda-Tanda Orang yang Berbohong Menurut FBI, semoga bisa membantu anda yang tengah bingung dengan kelakuan si dia yang dirasa agak ganjil. Siapa tahu dia berbohong! Semoga artikel ini bermanfaat ya~

Thursday, 24 December 2015

Jangan Salah Pilih Bra! Ini Dia Tips Memilih Bra yang Nyaman dan Aman Dikenakan

Jangan Salah Pilih Bra! Ini Dia Tips Memilih Bra yang Nyaman dan Aman Dikenakan - Payudara adalah organ tubuh yang tidak memiliki massa otot, sehingga sangat lembut dan sensitif. Karena itulah pemilihan pakaian dalam yang tepat untuk menopang payudara harus selektif, memilih bra yang tepat, aman dan nyaman untuk dikenakan wajib hukumnya. Karena jika memilih bra yang ukurannya tak sesuai, bahannya tidak lembut dan lain sebagainya akan berpengaruh pada keindahan payudara anda. Bahkan bisa mengakibatkan kanker lho! 

Maka karena itu, berikut ini adalah tips memilih bra yang tepat dan nyaman dikenakan, silahkan disimak :

 1. Ketahui Lingkar Dada 

Pastikan anda mengetahui lingkar dada dan ukuran bra yang pas. Keduanya berkaitan erat karena lingkar dada yang tepat menentukan ukuran bra yang sesuai. Cara mengukur lingkar dada sangat mudah, yakni mengukur lingkar puncak payudara dan juga lingkar bawah payudara, dijumlah lantas dibagi dua. Itulah ukuran bra anda. Misalnya lingkar puncak payudara 96 cm, lingkar bawah payudara 81 cm, lalu dibagi dua. Hasilnya adalah 88,5 dan bulatkan menjadi 90. Maka ukuran bra yang tepat adalah 40 (90 cm). 

Daftar ukuran bra


2. Pastikan Bra Pas 

Hal ini memang tak bisa dipastikan sebelum anda mencobanya di rumah. Maka pastikan anda sudah memiliki referensi bra seperti apa yang nyaman anda kenakan. Kebanyakan toko memang tak memperbolehkan anda mencoba bra yang akan dibeli, tapi tak menghentikan anda untuk mengetahui apakah bra tersebut nyaman atau tidak. Caranya adalah dengan melekatkan bra di bagian luar tubuh anda (dalam kondisi berpakaian), atau melingkarkan bra di lingkar bawah dada untuk mencoba ukurannya. Lakukan di ruangan ganti ya? karena akan sedikit memalukan jika terlihat pengunjung toko yang lainnya, kecuali jika semua pengunjungnya adalah perempuan.

Cara mengukur lingkar dada


3. Pilih Strap, Gasp dan Kaitan Bra

Jangan remehkan ketiga aksesoris pelengkap bra ini. Bra yang nyaman adalah bra yang memiliki strap tebal dan lentur, gasp (jarak antara cup kanan dan kiri, di bagian depan bra) yang sesuai dan juga kaitan bra yang setidaknya berjumlah dua kaitan, karena jika hanya satu kait maka akan lebih mudah lepas dan membuat anda tak nyaman. Apalagi jika anda berdada besar. 

Strap bra yang nyaman


4. Bahan Katun dan Serat Mikro

Kedua bahan ini menyerap keringat dan nyaman untuk digunakan. Model dan desainnya disesuaikan dengan jenis bra yang anda pilih, apakah sport bra, sexy bra atau daily bra. Bahan ini mengikuti kontur tubuh dan berpori-pori sehingga kulit bisa bernafas leluasa. Jangan tergoda diskon bra yang sudah kedaluwarsa, karena sudah tak lentur dan bisa jadi mengandung banyak bakteri karena disimpan di gudang dalam waktu lama.


pilih bra dari katun atau serat mikro

5. Cek Busa dan Kawat

Sesuaikan dengan kegiatan anda. Bagi anda yang bekerja di lapangan dan banyak bergerak, bra tanpa busa dan kawat adalah yang paling nyaman, akan tetapi bagi anda yang bekerja di dalam ruangan serta tak begitu banyak bergerak, bra dengan busa adalah bra yang mampu meningkatkan rasa percaya diri. Tapi semuanya kembali ke kenyamanan anda sendiri, bisa bergantian menggunakan kedua jenis bra tersebut.


Macam-macam kawat bra

Demikian adalah Tips Memilih Bra, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk melepas bra saat anda tidur, hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah di payudara serta membuat payudara lebih sehat. Simak juga Jenis-Jenis Bra yang Wajib Dimiliki Wanita. Terima kasih.

Cara Memilih Durian yang Manis Agar Tak Tertipu

Cara Memilih Durian yang Manis Agar Tak Tertipu  - Beberapa kali lewat ke alun-alun Banjar, ada beberapa mobil pick up yang jualan durian. Setiap melintas, smriwing! wanginya bikin lobang hidung kembang kempis. Sesaat terlintas pengen beli durian, dan dibawa pulang terus pesta durian. Tapi ingat lagi sering kena tipu tukang durian, akhirnya urung.

Sebenarnya yang benar-benar bikin urung beli durian adalah, isi kantong yang kembang-kempis. Tak cukup buat beli durian yang harganya suka agak wah. Mueeheh.

Oke deh, karena tetangga sebelah agak norak dengan memamerkan kulit durian di depan rumah dan wanginya bikin mabok semua tetangga di blok rumahku, tekad pun bulat untuk membeli durian dan balas dendam dengan pamer kulit-kulitnya di depan rumah juga, biar kekinian.

Karena enggak mau tertipu lagi sama penjual yang doyan PHP-in pembeli, serta berdusta dengan mengatakan bahwa durian yang dijual manis, legit dan enak, gataunya keras dan hambar. Kan sedih, sudah mahal, enggak enak :'(



Ini dia tips memilih durian yang enak dan manis : 

- Pilih durian yang eye catching, yang paling menarik menurut selera gitu deh.
- Angkat dan bandingkan beratnya dengan durian lain. Biasanya yang matang lebih ringan.
- Lihat tangkai duriannya. Durian yang masak di pohon memiliki tangkai yang kuat, kokoh dan terlihat segar. Bukannya keriput dan letoy, kayak ABG labil yang diputusin pacar.
- Durian yang matang di pohon selalu jatuh sendiri, makanya pangkal tangkainya rata. Kalau pangkal tangkai seperti bekas sayatan pisau atau bentuknya tak rata, bisa dipastikan kalau durian itu dipanen paksa sebelum waktunya.
- Pukul-pukul permukaan durian, kalau matang suaranya berat dan lembut, seperti ada gasnya. Kalau yang masih mentah biasanya suaranya kasar.
- Cium baunya! durian matang itu aromanya aduhai! 

Tapi jangan kecele juga, sekarang pedagang bangor suka semprot essens durian agar jualan mereka meyakinkan. Makanya, praktekkan semua trik di atas untuk menghindari durian semprotan essens dan trik-trik nakal lainnya. So, selamat berburu durian untuk kamu dan aku~~

Monday, 21 December 2015

Arti Warna-Warna Lightsaber




Arti Warna-Warna Lightsaber - Selain Harry Potter yang membius ribuan orang di seluruh dunia dengan tongkat sihir dan pernak pernik magic-nya. Legenda film yang memiliki basis penggemar setia terbesar dan tetap bertahan hingga saat ini adalah Star Wars. Apalagi baru-baru ini Star Wars : The Force Awakening rilis di bioskop, fans setia Star Wars juga ikut dibangkitkan kembali.

Selain Darth Vader, Trooper dan Master Yoda, ada satu benda ikonik yang menjadi ciri khas dari Star Wars. Apa itu? LIGHTSABER alias pedang cahaya! yup, yup, yup. Lightsaber adalah senjata yang digunakan oleh hampir semua tokoh Starwars saat bertarung. Bentuknya tabung sekitar 30cm, dilengkapi dengan sebuah tombol yang akan mengeluarkan energi berbentuk cahaya sepanjang satu meter. Terdiri dari beberapa warna, dan di serial filmnya baru sekitar empat warna saja yang muncul, padahal dalam seri novel, komik dan game Star Wars terdapat kurang lebih sepuluh warna.

spoiler : lightsaber biru itu orang baik, lightsaber merah itu jahat

Oke deh, spoiler di atas hanya panduan dasar untuk teman-teman yang masih awam tentang Starwars atau yang belum terlalu serius mengikuti ceritanya dari awal. Sekarang kita beranjak ke level yang lebih tinggi, mempelajari makna di balik warna lightsaber. Baca sampai habis ya? biar kekinian gitu deh.


Lightsaber Merah

Warna merah ini mewakili kekuatan kejahatan, senjata ini memiliki kekuatan dari kristal sintetis. Lightsaber merah digunakan oleh Dark Jedi seperti Darth Vader, Darth Sidious, Darth Maul dan Kylo Ren. Serta tentu saja Sith.

Lightsaber Bronze (perunggu)

Lightsaber bronze ini mewakili kekuatan fisik, maka tak heran jika yang memiliki lightsaber ini adalah ksatria Jedi dari ras Wookie, yakni Lowbacca. Itu loh, yang sepintas mirip Yetti, tapi dengan rambut tubuh berwarna cokelat.

Lightsaber Biru

Lightsaber biru mewakili keadilan dan juga proteksi. Obi Wan Kenobi dan Anakin Skywalker menggunakan lightsaber warna biru, dan mereka ini bertarung untuk kebaikan. 

Lightsaber Kuning

Lightsaber kuning ini mencerminkan  intrik dan pencarian. Merujuk pada panduan karakter dunia Star Wars, maka lightsaber ini digunakan oleh ksatria Jedi yang akrab dengan dunia spionase alias mata-mata, misalnya seperti Yarael Poof dan Plo Koon.

Lightsaber Jingga

Lightsaber yang suka negosiasi. Dipakai oleh Yaddle, ia dalah sosok ksatria Jedi wanita yang berasal dari ras yang sama dengan Master Yoda. 

Lightsaber Hitam

Lightsaber dengan warna favoritku ini belum muncul di filmnya sih, tapi darksaber yang satu ini dipakai karakter Pre Vizsla dalam seri animasi Clone Wars, seorang tokoh yang memiliki obsesi pada diri sendiri. 

Lightsaber Emas

Emas itu mengandung makna terhormat atau yang utama, alias expert. Maka yang menggunakan lightsaber emas ini hanya mereka yang benar-benar sangat piawai bertarung. Misalnya adalah Qu Rahn, ia merupakan tokoh yang muncul di beberapa seri video game dan novel Star Wars.

Lightsaber Hijau

Lightsaber yang digunakan oleh ksatria Jedi yang lebih suka mediasi dan negosiasi daripada harus bertempur. Akan tetapi lightsaber hijau ini memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa. Penggunanya adalah ksatria Jedi (Luke Skywalker, Yoda, dan Qui-Gon Jinn). 

Lightsaber Perak

Perak mewakili ketenangan dan dan kejelasan. Lightsaber warna perak ini muncul dalam serial animasi Clone Wars dan digunakan oleh Tera Sinube.

Lightsaber Ungu

Warna ungu adalah gabungan dari warna merah dan biru, sementara dalam Star Wars kedua warna tersebut merupakan perwakilan kebaikan serta kejahatan. Jadi tak heran jika pemakai  lightsaber ungu ini memiliki moral yang ambigu. Baik dan jahat. Contohnya saja adalah Mace Windu dan Mara Jade Skywalker.

Itu dia Arti Warna-Warna Lightsaber, semoga bisa jadi panduan yang cukup membantu saat menonton Star Wars ya? biar enggak pusing lagi. Hihi. Jangan lupa baca juga artikel lainnya, misal adalah Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah.

Bonus. SILSILAH KELUARGA STAR WARS

 

Sunday, 20 December 2015

Tips Memilih Kacamata Sesuai Dengan Bentuk Wajah




Tips Memilih Kacamata Sesuai Dengan Bentuk Wajah - Kacamata tak hanya berfungsi sebagai alat bantu penglihatan saja, melainkan juga sebagai pelindung mata dari paparan debu serta cahaya matahari yang terik, sampai berfungsi sebagai pelengkap fashion saja. 

Ada banyak sekali ragam kacamata di pasaran, beraneka bentuk bingkai, ragam warna dan motif frame-nya serta warna-warni lensanya pun turut memeriahkan dunia kacamata. Belakangan ini trend fashion Instagram menjadi acuan utama fashionista, baik itu fashionista lokal maupun luar negeri. Salah satunya adalah kacamata. Kacamata yang dipopulerkan oleh selebtagram (selebritis Instagram) juga lucu-lucu dan kekinian sekali. Tak ikut style Instagram rasanya kurang trendy, tapi kalau asal ikut trend nanti yang ada malah jadi korban mode. Sayang uang juga kalau salah pilih kacamata, ya kan? Makanya, yuk cek Tips Memilih Kacamata Sesuai Dengan Bentuk Wajah di bawah ini :

1. Ketahui Bentuk Muka Sendiri

Sebelum memilih kacamata, alangkah baiknya mengetahui bentuk muka sendiri lebih dahulu. Ada enam tipe bentuk muka, yakni bulat, oval/lonjong, persegi, panjang, diamond dan bentuk hati. Keenam tipe bentuk muka ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk muka bulat, pilih kacamata type Nike 7617/Rayban Clubmaster Square untuk pria, dan Bvlgari 3157B untuk wanita. Moscot Vilda untuk pria, Moscot Miltzen untuk wanita yang memiliki muka persegi dan diamond. Sementara muka lonjong dan long pilihlah Rayban Clubmaster atau Moscot Yukel untuk pria dan Rayban Wayfarer atau Moscot Hyman untuk wanita. Terakhir untuk muka berbentuk hati, Rayban Clubmaster untuk pria serta Moscot Hyman bagi wanita.

Macam-macam Tipe Muka


2. Ketahui Size Kacamata Anda

Hindari beli kacamata di online shop yang tak mencantumkan info lengkap tentang kacamata tersebut, jika anda tak mau menyesal di akhir. Penting sekali mengetahui size kacamata anda sendiri, karena menentukan posisi pupil mata anda agar tepat di tengah fokus lensa, hal ini berguna supaya penglihatan jadi lebih nyaman dan fokus. Biasanya size kacamata tercetak di bagian dalam tangkai kacamata. Dimana bisa mengetahui size kacamata anda sendiri? di optik. 




3. Warna Kacamata

Jangan memaksakan diri memilih warna yang tak cocok dengan kulit, hanya karena warna tersebut tengah ngtrend. Jika anda memiliki kulit kuning langsat atau putih, maka warna apapun aman-aman saja. Tapi jika kulit anda sawo matang, sebaiknya berhati-hati dalam memilih warna frame kacamata anda. Pilihlah warna krem, cokelat dan juga hitam si netral. Lantas biru donker dan maroon bisa dipilih bagi anda yang kulitnya lebih gelap. Tapi bingung untuk memilih warna karena kurang yakin? pilih saja hitam dan juga putih, keduanya adalah warna yang netral untuk semua jenis kulit, rambut serta pakaian yang anda kenakan.

Demikian adalah Tips Memilih Kacamata Sesuai Dengan Bentuk Wajah, sudah memutuskan kacamata kekinian mana yang cocok dengan bentuk wajah anda? pilihlah dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan anda, jangan hanya berbekal gengsi atas trend yang tengah in. Semoga artikel ini bermanfaat ya? Terima kasih.


Thursday, 17 December 2015

Beethoven di Google Doodle 17 Desember 2015

Beethoven di Google Doodle 17 Desember 2015 - Suka main ke Timezo*e atau ke game center lainnya kan? atau pernah punya kotak musik cantik yang mengeluarkan musik klasik? Hari ini, 17 Desember 2015, Google memperingati kelahiran komponis dari musik-musik klasik yang familiar itu. Ludwig Van Beethoven. 

Ludwig Van Beethoven (populer:Beethoven) terlahir Desember 1770 dan dibaptis pada tanggal 17 Desember di tahun yang sama. Maka sejak saat itu tanggal 17 Desember diperingati sebagai hari jadi komponis yang menjadi tokoh penting dalam masa-masa peralihan Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Nah, semasa muda, Beethoven adalah pianis yang berbakat dan populer di antara orang-orang penting dan kaya di tempatnya tinggal, yakni di Wina, Austria. Hanya saja pada tahun 1801, Beethoven mulai kehilangan pendengarannya.

Lambat laun ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Tapi walau ia tak lagi bisa bermain dalam konser, maka ia terus mencipta musik, hingga pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Kemudian ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah. Tuh, yang begini ini yang namanya single bermartabat, tak punya pacar tak punya isteri tapi berprestasi dan jadi legenda. 

Contoh tuh yang begitu! Jangan ini mah, jomblo seminggu sudah ngenes pamer status single kemana-mana. Please deh!

Nah, yang asyik itu Google bikin doodle yang sekaligus game juga. Kalau kamu buka Google sekarang, maka kamu akan lihat tampilan seperti ini :


Klik play dan akan muncul animasi Beethoven yang tengah menyelesaikan simfoninya, ada juga adegan dia pakai corong untuk membantu pendengarannya untuk menunjukkan ketulian yang ia derita. Setelah itu perjuangannya sampai ke balai kota dimulai. 


Kertas partitur yang terserak harus kita susun untuk membantu Beethoven sampai ke tempat tujuannya, total ada empat simfoni yang harus kita susun, semuanya adalah simfoni karya Beethoven yang sudah familiar di telinga kita, yakni Fifth Symphony, Fur Elise, Moonlight Sonata dan juga Ode to Joy.





Itu dia tampilan gamenya, kertas-kertas partitur itu harus kita susun sampai jadi simfoni yang benar. Boleh klik play untuk referensinya. Lihat nih kerjaanku :




Centang ijo semua qaqa, that's mean susunan partiturnya bener. Hebat kan? hebat kan? Padahal itu dapet nyusun dua kali, soalnya aku buta not balok. Wkwkwk.

Akhirnya setelah perjuangan berat dari mulai nginjek poop kuda, kertas partitur nyangkut di pohon dan kecebur sungai, akhirnya Ludwig Van Beethoven sampai di balai kota dan melaksanakan tugasnya memimpin orkestra. Syukurlah!


Itu dia game asyik yang bisa kita mainkan, Beethoven di Google Doodle 17 Desember 2015 ini asyik banget!

Wednesday, 16 December 2015

Enaknya Roma Cookies Choco Filled & Pineapple Filled

Enaknya Roma Cookies Choco Filled & Pineapple Filled - Yang suka ngemil mana suaranya? kemarin aku ke Indomaret dan mataku langsung otomatis menyortir rak demi rak di minimarket biru-biru itu. 

TRING!

Ada satu produk baru yang nangkring disana. Yup, ROMA COOKIES. Packagingnya persegi panjang, biru donker dengan logo Roma yang nampak jelas. Sekali lihat juga langsung ketebak ini produknya si Malu Sama Kucing. Eh bukan, itu mah Romaria ya? beda keleus sama Roma. *krikkrikkrik



Ada dua varian, Roma Cookies Choco Filled sama Roma Cookies Pineapple Filled. Yang satu diisi coklat, yang satunya lagi diisi selai nanas. Pertama kali kulihat yang isi nanas, sudah langsung deh ini otak muter dan kepikiran nastar. Apakah kue ini rasanya persis nastar juga? let's try them!



Harga satunya hanya 8 ribu Rupiah saja, sudah dapat 8 biji kue yang masing-masing beratnya 10 gram. Setiap biji kue dibungkus dengan plastik terpisah, lucu deh! rapi banget. 


Karena penasaran sama yang isinya nanas, aku buka duluan deh yang pineapple filled. Ternyata beneran, nastar banget! Uenak! kukisnya renyah-renyah lembut, pas digigit kerasa teksturnya itu garing, tapi pas di mulut lumer, apalagi ada selai nanasnya, yumm mix well banget deh! Terus pas coba yang isi cokelat, kurang terpuaskan sih. Mungkin karena sudah terlalu banyak coba snack-snack cokelat ya? jadi agak bosan. Tapi enak sebenernya, cuma ya itu...enggak terlalu istimewa.

Itu diaaaa! review produk Roma terbaru, yaitu Roma Cookies Choco Filled & Pineapple Filled. Enak banget, crunchy smooth yet, dan affordable banget harganya. Apalagi buat yang demen ngemil kayak aku, apalah arti 8rebu perak demi lidah yang bergoyang nikmat? wkwk

Eh iya, di Indomaret belu dua Roma Cookies dapet satu botol Teh Pucuk Harum. Lumayan, abis ngemil langsung minum yang seger-seger. Hehe.

*Liatin parodinya Teaser AADC 2 dong setelah penantian panjang puluan tahun akhirnya dibuatin juga sekuelnya, hihi...

Tuesday, 15 December 2015

Lomba Menulis Asma Nadia Terbaru DL Februari 2016



Lomba Menulis Asma Nadia Terbaru DL Februari 2016 - Berikut ini adalah lomba kepenulisan yang diselenggarakan oleh Asma Nadia dan Komunitas Bisa Menulis. Dengan hadiah total 10 juta lebih! Cerpen, Novelet, dan Tulisan Inspiring (non fiksi) tentang Cinta, boleh dikirimkan. Karya dikirim ke alamat email cintaasmanadia@gmail.com

Terbuka untuk umum

Asma Nadia saat ini sedang menyusun 2 antalogi dengan tema Cinta. Buku tersebut sudah dalam proses akan difilmkan. Sang penulis membuka kesempatan pada penulis Indonesia untuk disandingkan karyanya dalam buku tersebut.

Hadiah:
Akan dipilih tiga pemenang.
 
Hadiah pertama
Uang tunai sebesar 3 juta rupiah dari Moshaict - Moslem Fashion District
dan paket hadiah menarik dari Jilbab Traveler by Asma Nadia, paket buku dari Asma Nadia Publishing House dan karyanya masuk dalam buku antologi bersama Asma Nadia.

Hadiah Kedua
Uang tunai sebesar 2 juta rupiah dari Moz5 Salon Muslimah
plus paket hadiah dari outfit Jilbab Traveler by Asma Nadia, paket buku dari Asma Nadia Publishing House dan karyanya masuk dalam buku antologi bersama Asma Nadia.

Hadiah Ketiga
Uang tunai sebesar 1 juta rupiah dari Mau Dinar (Penyedia logam mulia dan dinar/ dirham) plus paket hadiah dari fashion Jilbab Traveler by Asma Nadia, paket buku dari Asma Nadia Publishing House dan karyanya masuk dalam buku antologi bersama Asma Nadia.

Hadiah keempat
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

Hadiah kelima
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

Hadiah keenam
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

Hadiah ketujuh
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

Hadiah kedelapan
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

Hadiah kesembilan
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

Hadiah kesepuluh
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

 Hadiah kesebelas
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

Hadiah ke dua belas
Uang tunai sebesar Rp 250.000 dari Asma Nadia Publishing House dan
Voucher perawatan senilai Rp. 150.000,- + Produk senilai Rp. 100.000,- dari Moz5 Salon Muslimah

Syarat ikut serta lomba kepenulisan Cinta Dalam Aksara:
 
1. Tulisan tersebut bertemakan tentang cinta.
 
(Diutamakan kisah cita romantis atau cinta sejati. Boleh juga kisah cinta yang inspiring. Cinta tidak terbatas pada pasangan tapi juga boleh berwujud cinta pada orang tua atau lainnya).
Karya dikirim ke alamat email cintaasmanadia@gmail.com

2. Tulisan boleh berupa fiksi (cerpen atau novelet) atau non fiksi (Catatan hati).
 
Karya dikirim ke alamat email cintaasmanadia@gmail.com

 3. Karya harus merupakan karya sendiri (dibuat dengan surat pernyataan di bawah karya yang dikirimkan).
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama:
KTP:
Alamat:
Email:
Alamat Telepon:
Dengan ini menyatakan bahwa;
Karya berjudul __________adalah hak cipta milik saya, sepenuhnya karya saya, bukan menjiplak atau mengklaim dari karya orang lain.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Dan saya bertanggung jawab secara hukum atas karya tersebut di atas.
Dengan menyertakan karya ini dalam lomba kepenulisan CINTA DALAM AKSARA saya menyatakan menyetujui persyaratan panitia.
Nama
Tanda tangan

(Sebelum masuk seleksi, tanda tangan cukup diwakili dengan pernyataan digital)
Karya dikirim ke alamat email cintaasmanadia@gmail.com

4. Karya yang pernah dimuat di media, di sosial media atau di antalogi lain, boleh disertakan dengan catatan penulis harus membuat pernyataan bahwa karya tersebut hak ciptanya adalah milik penulis dan tidak dipegang pihak lain.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama:
KTP:
Alamat:
Email:
Alamat Telepon:
Dengan ini menyaetakan bahwa;
Karya berjudul __________
sekalipun pernah diterbitkan atau disiarkan di media _______
pada tanggal ___________
karya tersebut adalah hak cipta milik saya, sepenuhnya karya saya.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Dan saya bertanggung jawab secara hukum atas karya tersebut di atas.
Dengan menyertakan karya ini dalam lomba kepenulisan CINTA DALAM AKSARA saya menyatakan menyetujui persyaratan panitia.
Nama
Tanda tangan
Karya dikirim ke alamat email cintaasmanadia@gmail.com

5. Karya pemenang menjadi milik panitia, dan panitia berhak menerbitkan karya tersebut dalam antalogi atau penerbitan lainnya, dalam bentuk media cetak, atau media digital atau multimedia lainnya.

6. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Tips Peserta Lomba:
 
Tip untuk peserta fiksi:
 
Untuk peserta penulisan fiksi perhatikan opening, ending, narasi, judul, keunikan, dsb. Buku 101 dosa penulis pemula menjadi acuan dasar penilaian, jadi karya yang openingnya lambat, ide biasa-biasa saja dan penuturan tidak menarik dan bertele-tele kemungkinan tidak akan dibaca sampai habis.

Tip untuk peserta non fiksi:
 
Silakan baca buku seri catatan hati yang disusun Asma Nadia. Perhatikan gaya kepenulisannya. Sekalipun non fiksi tetap harus ada emosi, ada sentuhan yang memikat hati.
Pengiriman cerita paling lambat 26 Februari 2016
Pengumuman pemenang 26 Maret 2016
Karya dikirim ke alamat email cintaasmanadia@gmail.com

(Untuk yang sudah mengirim ke inbox dan sudah dijawab tidak perlu mengirim lagi ke email, jika belum dijawab boleh dikirim lagi ke email di atas).

Tim Seleksi
 
S Prawiro
Wulan Mardiana
Diyan Sudiharjo
Dedi Padiku 
Kang Dana

Tim Juri:

Asma Nadia
Isa Alamsyah
Agung Pribadi
Karya dikirim ke alamat email cintaasmanadia@gmail.com


Sunday, 13 December 2015

Resep Bolu Enak yang Lembut dan Garing

Resep Bolu Enak yang Lembut dan Garing - Kadang-kadang suka kangen enggak ketulungan sama kue bolu, apalagi yang masih hangat dan teksturnya itu lembut. Tapi kalau bolu buatan rumah itu bagian atasnya suka agak lembek-lembek gitu, dan kadang tekstur kuenya pun agak kasar.

Nah, kemarin aku coba bikin kue bolu sendiri dengan menggunakan VCO alias virgin coconut oil, sebagai pengganti mentega. Hasilnya? wow, permukaan kuenya garing dan pas digigit lembut banget! Enak!

Mau tahu resepnya? 

Resep Bolu Enak yang Lembut dan Garing :

Bahan-bahan :

Satu gelas gula pasir
Empat butir telur
Satu gelas tepung terigu
Setengah gelas VCO
Pasta cokelat

Cara Membuat :

1. Kocok gula dan telur selama limabelas menit. Harus limabelas menit ya!
2. Perlahan campurkan VCO, aduk dengan menggunakan spatula lalu tambahkan tepung terigu. Tambahkan juga pasta cokelat.
3. Masukkan ke dalam loyang, panggang dengan api sedang sampai tepian kue terlihat kecokelatan.

Taraaaaa, kuenya empuk dan lembut.



Permukaan kuenya enggak mulus karena loyangnya lengket, hihi. Terus itu yang putih-putihnya tadinya mau bikin marmer, tapi kurang dalem ngaduknya malah jadi sisa adonan saja ditambahkan di atas adonan. Hehe

Boleh dicoba kaka resepnya, uenaaaaaakkk!

Baca juga yaa -> Cerpen Misteri Terbaru

**Liatin parodinya Teaser AADC 2 dong setelah penantian panjang puluan tahun akhirnya dibuatin juga sekuelnya, hihi...

Friday, 11 December 2015

Cerpen Misteri : 2 Mata Mira

creepy pasta indonesia
Aku tak suka Mira, aku tak suka semuanya tentang dia. Rambutnya yang keriting kusut masai, kulitnya kering dengan warna hitam terbakar matahari, seragamnya lusuh kekuningan dan ia bukan anak yang asyik untuk di-bully. Saat aku dan gengku mengejek dia, ia hanya duduk diam dengan kepala tertunduk. Begitu pula saat kuhamburkan isi tasnya yang kumal itu, Mira tetap diam. Setelah aku dan ketiga sahabatku meninggalkan dia karena bosan, barulah ia beranjak lambat membenahi perlengkapan tulisnya, lambat sekali seperti seekor keong!

Heran aku, bagaimana bisa anak orang miskin seperti dia sekolah di SMA swasta ini? Dengan biaya per bulan yang mahal dan pergaulan antar siswa yang bak selebriti. Kalau aku jadi dia, aku pasti akan bunuh diri saja karena malu. Tapi untungnya nasibku sangat baik, aku cucu dari pemilik yayasan yang menaungi sekolah ini. Tak perlu lah aku merasa minder, disini aku malah menjadi penguasa, bisa kulakukan apapun yang aku mau.
“Luna! Lihat tuh si Mira cengok sendirian dekat halte,” seru Juwita, otomatis aku menoleh ke arah yang ia tunjukkan.
Benar saja Mira si anak lusuh itu tengah duduk sendirian dengan kepala menunduk, rambutnya yang kusut menutupi sebagian mukanya. Entah dia menunggu bis, entah menunggu jemputan tak kasat mata. Mira itu memang anak perempuan yang sangat absurd, aku sering bingung apa dia itu manusia apa bukan?
“Ganggu yuk?”
“Diapain lagi dia? Aku haus nih, males ah!” tolak Hani, Juwita dan Ruwi mengangguk. Pertanda mereka juga malas mengganggu si anak aneh itu.
Kupelototi mereka bertiga, dasar tidak setia kawan! Tak paham apa jika aku masih ada dendam pribadi dengan Mira? Kesal hatiku saat akan kusiram dia dengan segelas jus, tangannya yang hitam legam terangkat dan menepis cup jusku, otomatis jus jambu merah itu malah balik menyiram tubuhku serta membuat seragamku berwarna merah muda.
“Ikut aku kerjain dia atau enggak ada nongkrong di cafe malam ini!” ancamku.
Ketiganya langsung menuruti apa mauku, mereka memang lemah jika kuancam dengan nongkrong di tempat keren dan makanan gratis. Ah, tak melulu makanan gratis sih, terkadang aku juga membelikan baju baru dan pulsa untuk membeli paket internet. Itulah kenapa Hani, Juwita dan Ruwi begitu setia menjadi temanku, karena jika tak menurut apa kataku, berarti mereka tak akan dapat jatah jajanan lagi.
Jadilah aku beserta ketiga sobatku berjalan menuju halte, mengabaikan beberapa siswi yang menyapaku dengan ramah dan manis-manis. Cih, mereka juga pasti ingin jadi temanku.
“Heh Mira! Nunggu jemputan setan kamu ya?” tanyaku melucu, ketiga kawanku tertawa.
Si anak aneh bergeming, aku menyeringai sambil berkacak pinggang. Kulangkahkan kakiku makin dekat ke tempat Mira duduk, lalu kucubit lengannya sedikit, kulihat ia meringis dan menoleh padaku. Hitam, pekat. Irisnya terlhat lebih besar daripada kebanyakan orang, seperti mengenakan circle lens ala Korea, hanya saja Mira tak terlihat imut-imut, ia malah terlihat menyeramkan.
Aku memundurkan tubuh, sedikit kaget dan agak takut juga melihat bola mata Mira. Selama dua tahun sekelas dengannya, nyaris tak pernah kulihat mata Mira dengan jelas, biasanya anak ini hanya menunduk, tak pernah mengangkat muka walau ditanya oleh guru, apalagi saat ku-bully.
Tiba-tiba Mira batuk, bukan sekali dua kali, melainkan berkali-kali dan cipratan dahaknya mengenai tubuhku! Aargh, menjijikan! Tanpa banyak basa-basi kulayangkan tanganku ke belakang batok kepalanya dan Mira terdorong ke depan, dahinya terantuk tiang halte dengan keras. Ia meringis kesakitan, latah aku ikut meringis.
Tabrakan antara dahi dan tiang halte menimbulkan bunyi yang cukup keras, rasanya pasti benar-benar sakit! Tapi entah kenapa aku puas melihatnya. Suruh siapa ludah dan dahak penyakitannya itu memercik ke bajuku?
 “A-apa?” sepertinya aku mendengar Mira bergumam, suaranya parau dan tak jelas. Sampai-sampai harus kuminta dia bicara sekali lagi, “Gadis sombong, apa salahku sampai kau lakukan itu?”
“Kamu panggil aku apa?!”
“Gadis sombong. Ah!” pekik Mira tertahan, kutarik rambutnya yang keriting kusut itu sampai ke belakang. Panas hatiku ia menyebutku sombong.
Kulihat iris matanya yang hitam itu makin melebar, sungguh! Melebar sampai-sampai hampir semua bola matanya terlihat hitam pekat! Aku takut melihatnya, kesombongan yang mengokohkan keberanianku untuk menyakiti Mira tiba-tiba sirna. Luruh seperti es krim yang meleleh di bawah terik matahari.
Kulihat dengan jelas bola mata Mira sekarang total hitam, berkilat seperti marmer dan aku seakan ditarik ke dalam 2 bola mata Mira. Kenapa? Ada apa ini? Aku tak bisa melepaskan tanganku yang mencengkeram rambutnya, seakan sekarang justru rambut gimbal Mira yang mencengkeram tanganku. Yakin sekali kurasakan helai demi helai rambut gimbal Mira berubah, menjadi tentakel lengket yang menghisap tanganku sampai tak bisa kulepaskan.
“A—akk....”
Tak ada sepatah kata pun yang bisa keluar dari mulutku, tenggorokanku disumbat dengan sesuatu yang tak kasat mata. Aku ingin menjerit kencang saat kulihat sesuatu keluar dari dalam bola mata Mira, entah apa aku tak tahu. Rupanya seperti makhluk mengerikan dengan kedua rongga mata yang kosong melompong, hanya lubang hitam menganga.
Tuhan!
Makhuk itu menjulurkan tangannya yang kerempeng dan menarikku masuk!
Tidak!
Sesaat aku tak sadar apa yang terjadi berikutnya, karena kegelapan menyelimuti pandanganku dan tubuhku seakan terjepit diantara dua tebing yang bergerak menghimpit. Ketika kubuka mata, jantungku seakan berhenti berdetak. Kenapa aku bisa melihat sosokku sendiri?
Iya!
Aku bisa melihat sosokku yang menyeringai jahat, dengan tangan yang masih mencengkeram rambut seseorang di hadapannya. Seseoang di hadapannya, ya aku sendiri!
Tunggu, tunggu.
Jangan katakan jika sekarang aku menjadi Mira!
“Inilah yang seharusnya kamu rasakan gadis sombong.”
Kalimat yang meluncur dari bibirku, atau ‘bibirku’ terdengar begitu dingin. Begitu mengerikan dan mistis.
Jika aku disini, lantas siapa di hadapanku? Jika aku dalam posisi Mira, lantas siapa di posisiku itu? 

Apakah kami bertukar jiwa?
Bagaimana bisa?
Atau leluconku selama ini memang benar adanya? Bahwa Mira memang bukan manusia.
Tanpa banyak bicara lagi ‘aku’ mengeratkan jambakannya dan setengah menyeret membawaku ke tepian halte. Dengan tenaga kuda ia melemparkanku ke tengah jalan, yang tengah ramai tentunya.
Baru saja tersadar bahwa aku berada di tengah jalanan yang padat, sebuah kendaraan melaju kencang tepat ke arahku.
GELAP.

Banjar 24 Agustus 2015 

Baca juga --> Cerpen Keceh

*Liatin parodinya Teaser AADC 2 dong setelah penantian panjang puluan tahun akhirnya dibuatin juga sekuelnya, hihi...

Es Doger Bikin Geger

sumber Google


Es Doger Bikin Geger - Ada yang belum tahu Es Doger? Minuman yang satu ini asli Bandung, yang menjadi ciri khas adalah peuyeum dan bubur ketan itemnya disiram sirup cocopandan. Slurp! Dulu sih memang cuma peuyeum, ketan item, es serut dan disiram sirup saja, tapi sekarang sudah makin banyak anggota yang meramaikan satu porsi Es Doger. Ada yang ditambahkan jeli, rumput laut, buah-buahan segar dan selasih. Tapi ya itu dia, harus pandai-pandai meng-combine rasanya, karena rasa dari peuyeumnya itu yang kadang tak cocok dengan bahan yang lain. Tapi kalau pas ketemu yang klop, beuh! MEREM MELEK saking nikmatnya (minumannya yaaa yang nikmat).

Jadi ceritanya begini, entah angin apa tiba-tiba ada tukang Es Doger melintas elegan di depan rumahku. Karena bunyi ting-ting-ting nyaringnya sudah terdengar dari jauh, jadi setelah si Emang sudah dekat aku langsung berteriak lantang, "Mang, esna dua!".

Tanpa banyak bicara si Emang memarkirkan mobile Ice booth-nya (baca gerobak es) di depan rumah, lalu memproses pesananku tanpa banyak bicara. Cool benar si Emang yang satu ini. Profesional dan elegan, jemarinya terampil meracik bahan-bahan pendukung es doger. Pertama ia memasukkan potongan agar-agar, lalu ditumpuk dengan es santan, sesendok bubur ketan item es santan lagi dan sirup cocopandan. Terakhir si primadona, peuyeum yang sudah dicincang diletakkan di puncak es. 

"Neng, ini es--nya..." suara si Emang Es Doger melemah di ujung kalimat, kedua tangannya yang menyodorkan gelas es teracung kaku di udara.

Aku yang memang pesan esnya di dalam rumah, berbatasan pagar jadi ikut-ikutan terdiam. Sesaat tatap-tatapan (tanpa baper) dengan si Emang. Keki juga, ini Emang-Emang kenapa sih sampai shock begitu lihat aku? apa aku terlampau jelita? *dilempar jamban

Akhirnya serah terima Es Doger selesai, setelah menerima uang si Emang langsung ngibrit

Tersinggung dong aku! what's wrong with my face?!

Hati dongkol tak bikin seleraku mencicip Es Doger surut, sambil ngedumel aku masuk ke dalam rumah. Hmmm, enak juga nih es...adem-adem nyes. Tapi, apa tuh putih-putih di kaca jendela?
"Astagfirulloooohhhhaladzim!!!"

Pantas saja si Emang sampai kaget terpaku tak sanggup berkata-kata, mukaku memang patut buat dikagetin! Aku lupa kalau aku lagi pakai masker bengkoang. -_____-
Wotdepak.

Sesaat aku pandangi bayangan wajah yang memantul di kaca jendela, sambil nyengir-nyengir cengengesan. Pantas saja si Emang kaget, pantas si Emang sampai tak mampu berkata-kata, jantungnya mungkin sudah gedar-gedor kayak kena serangan jantung lihat mukaku yang seperti ini. Tak stroke di tempat pun sudah syukur itu si Emang. Ya Allah, maafkan. Namanya lupa sih gimana? wkwk.

Begitulah, itu ceritaku dengan Es Doger di siang tadi. Pernah punya pengalaman yang sama awkward-nya kayak aku?

Thursday, 10 December 2015

Beauty is (Really) Pain

ritual kecantikan yang menyeramkan
Pic art by Ash Sivils


Beauty is (Really) Pain - Menjadi cantik dan dikagumi oleh semua orang adalah salah satu impian wanita. Tak hanya satu atau dua orang saja, tapi semua wanita di seluruh bumi. Cantik menurut wanita itu juga tak sederhana, bukan hanya wajah elok dan sedap dipandang, namun juga tubuh yang berlekuk indah tanpa lemak-lemak yang menganggu. 

Cara aman dan tanpa efek samping untuk cantik adalah dengan menjaga pola makan dan rajin merawat tubuh. Baik itu dengan berolahraga, diet rendah kalori, menggunakan masker dan rajin luluran. Akan tetapi, cara tradisional tersebut memiliki kelemahan yakni lama sekali hasilnya. Dua sampai tiga bulan mungkin baru terlihat. Karena itulah, banyak wanita yang kemudian memilih cara instan untuk tampil cantik, atau bahkan mengikuti berbagai ritual kecantikan yang menyakitkan. 

Ingin tahu seberapa menyakitkannya ritual kecantikan kaum Hawa? let's ceki-ceki!

- Waxing

Melekatkan selembar kain perekat di atas permukaan kulit, lalu mencabutnya sekeras mungkin ke arah yang berlawanan dari arah tumbuh rambut. Rasanya? Horrible. Tapi hal itu rela dilakukan, demi kulit mulus bebas bulu. Lengan, kaki, ketiak sampai bikini area

- Mengenakan Korset

Demi pinggang yang ramping, maka kaum perempuan tak akan keberatan untuk mengenakan selembar bahan elastis khusus yang akan membebat pinggang sampai menyusut ukurannya. Korset modern terbuat dari bahan plastik yang jauh lebih nyaman daripada korset abad pertengahan. Korset jaman harita terbuat dari bahan kaku dengan tali-tali bersilangan di bagian belakang. Perlu bantuan seorang maid untuk menarik tali-tali tersebut agar membentuk pinggang super ramping. Lingkar pinggang di bawah 20 centi? Itulah wanita yang cantik. Mengerikan.

- High Heels

Cantik itu ramping dan tinggi. Karena cantik dan ramping saja tak cukup, maka wanita harus tinggi. Jika turunannya memang tak jangkung, maka manipulasi saja dengan alas kaki berhak tinggi. 3 centi masih normal, 5 centi oke lah. 7 sampai 10 centi mulai berhati-hati saat melangkah. 15 centi makin jenjang makin sexy. Masih kurang? tambah sampai 20 centimeter. Apakah nyaman memakai high heels lebih dari sepuluh centi? TIDAK. Otot kaki bagian belakang semakin tegang, belum lagi pergelangan kaki pegal luar biasa. Otot paha ikut-ikutan kram dan belum lagi resiko terkilir yang selalu membayang. 

- Makeup

Mengapa makeup juga menjadi ritual yang menyakitkan? Karena makeup bukan hanya membubuhkan bedak dan memoles gincu saja. Melainkan tahapan rumit yang tak akan mampu diselesaikan dalam waktu 15 menit saja. Mencabuti alis yang tumbuh tak beraturan, perih, mata jadi berair dan hidung gatal! Membuang komedo, peeling dan facial, lip scrubbing serta perjuangan pasang contac lens, kalau belum biasa mata bisa iritasi dan berair terus. Belum lagi memulas aneka makeup base, layering bedak dan eyeshadow, menggambar alis kekinian dan shading hidung biar bangir. Jangan lupakan bulu mata palsu dan winged eyeliner biar mata terlihat lebih menggoda. Susah selesai? woops, lipstiknya ternyata belum dipulas. Gambar dulu rangka bibir yang penuh dengan lip liner, baru pulas gincunya. Bisa selesai satu jam saja sudah ekspres itu! Rasanya pakai berlapis-lapis pelet cantik di wajah bagaimana? BERAT.

- Diet Ekstrim
Untuk menurunkan satu sampai dua kilogram berat badan tak perlu diet mati-matian, cukup menjaga pola makan dan berat badan berhasil turun. Tapi tahukah diet ketat yang dijalani para model, atau member girlband? semangkuk kecil nasi plus pisang setiap makan, tiga sendok nasi dan secuil dada ayam rebus, sampai makan kapas yang dicelup jus jeruk. Untuk apa? agar perut kenyang tapi tak ada kalori yang masuk ke dalam tubuh. Oke, kapas dan jus jeruk mungkin akan terbuang saat buang air besar, tapi cacing pita? Tren diet dengan meminum pil yang berisi telur cacing pita masih eksis di kalangan tertentu, model yang ingin segera langsing atau artis pendatang baru yang belum cukup kaya, sehingga tak mampu membiayai diet khusus di ahli gizi. Bayangkan, cacing pita di dalam usus!

- Operasi Plastik

Menjamurnya KPOP membawa tren operasi plastik ke negeri kita, sampai-sampai kaum wanita banyak yang memutuskan untuk mengubah ciptaan Tuhan agar lebih 'sempurna'. Merevisi hidung, kelopak mata dan kerutan-kerutan halus di muka sudah dianggap lumrah, seakan tak gaul jika tak melakukan itu. Sekarang juga operasi kecantikan sudah merambah ke pemotongan rahang, pemotongan tulang rusuk dan juga pemotongan tulang telapak kaki. Mendengarnya saja sudah merinding seluruh badan, apalagi jika merasakan sendiri pisau-pisau bedah super tajam itu menyayat bagian tubuh kita? Belum lagi perawatan pasca operasi pun sama menyakitkannya, badan bengkak-bengkak, terasa ngilu luar biasa dan belum lagi alergi yang bisa saja terjadi. Menambah sakit yang diderita demi satu kata, CANTIK.


Begitulah, demi penampilan cantik ternyata banyak sekali perjuangan penuh peluh dan air mata di baliknya. Kami, kaum perempuan tahu jika yang kami lakukan ini tak sepenuhnya terasa nyaman, akan tetapi keinginan untuk terlihat cantik dan menarik sudah menjadi naluri alami. Terlebih melihat pasangan yang memuji kagum penampilan, terbayar lunas semua perjuangan itu!

Hanya saja sudah tentu tak boleh berlebihan, tampil cantik sangat diperbolehkan bahkan sangat dianjurkan bagi yang sudah memiliki suami (biar betah di rumah). Akan tetapi harus dipastikan ritual kecantikan yang dilakukan wajar, tidak menyiksa badan dan mental. Misalnya diet sewajarnya, hanya sekedar menjaga berat badan saja. Tak perlu melakukan operasi plastik yang penting pandai merawat badan, olahraga ringan untuk membentuk pinggang cantik dan bokong yang padat, serta menjaga kecantikan kulit dengan rajin luluran. Selain itu tak perlu memakai high heels di setiap kesempatan, pastikan kita cerdas memilih alas kaki. Kenakan high heels untuk acara resmi di dalam ruangan, agar terhindar dari jalanan tak rata yang bisa membuat kaki terkilir, jangan paksa pakai hak tinggi untuk acara outdoor apalagi untuk jalan-jalan. Bukannya cantik, yang ada malah sakit sendiri dan salah kostum!

Akhir kata, lebih bijak menjadi wanita itu penting, terutama untuk diri sendiri. Bersyukurlah untuk semua yang dimiliki. Mungkin kita tak seberapa cantik, atau tak langsing dan tak tinggi. Diakali boleh, tapi jangan berlebihan dan yang penting kita merasa nyaman saat melakukannya. Wanita itu pada dasarnya sudah cantik semua, hanya tinggal memolesnya sedikit agar terlihat makin indah.

Mutiara pun perlu digosok biar indah dan berkilau bukan?

*Liatin parodinya Teaser AADC 2 dong setelah penantian panjang puluan tahun akhirnya dibuatin juga sekuelnya, hihi...



Tuesday, 8 December 2015

Channel Youtube yang Asyik Buat Ditongkrongin

Channel Youtube yang Asyik Buat Ditongkrongin - Youtube adalah media buat unggah-unduh video, dari mulai video kejadian alam, pesta ultah anak, macam-macam kejadian konyol sampai hal-hal enggak penting seperti Tutorial Makan Wortel. Serius! Makan wortel enggak perlu pakai tutorial -_-

Tapi dari channel-channel yang enggak jelas itu, ternyata ada juga yang memanfaatkan Youtube untuk bagi-bagi ilmu yang mereka miliki. Misalnya tutorial crafting, aneka resep unik sampai macam-macam life hacks yang keren banget.

Ini dia nih channel-channel yang paling sering aku tongkrongin kalau lagi nulis naskah, atau lagi stuck kehabisan ide. Silahkan disimak siapa tahu berjodoh qaqaaaa~


Dengan logat Rusianya yang kentel banget, ini orang kasih tahu banyak life hacks yang bener-bener berguna. Dia ini mungkin satu-satunya orang yang selalu ketuker "Mango as Avocado". Pretty cool, huh?


Macam-macam resep biskuit dan cemilan-cemilan manis ada disini. Cara bikinnya gampang buanget dan yang punya channel juga unyu-unyu.


Ini bocah berdua kakak beradik chemistry-nya dapet banget, dan anak-anak banget. Awalnya cuma Kanna dan Akira saja yang muncul, tapi sekarang Asahi si bungsu sudah mulai gede dan ikut muncul juga. Iiii totally kawaii! Betewe, bapaknya cakep loh. Punya channel sendiri juga...


Should I tell you why? Because BIGBANG that's WHY!

5.  Bang Roll Cabang Youtube

Alay banget ya nama channelnya? orang mah apa gitu yang kewl, ini pakai cabang. Dikata bubur ayam perempatan, ada cabang-cabangnya? Channel yang satu ini diurus oleh pria lokal dengan look Arab (dia yang bilang yaaa, ngakunya sih begitu...padahal entah apa yang bikin dia mirip Arab). Isinya macam-macam, terserah mood-nya dia pas upload

Begini nih kalau om-om labil dikasih wifi.


Tutorial menggerogotin wortel. Seriously? menggerogoti wortel sudah naluri alami dan enggak perlu dikasih tutorialnya. Tapi, siapa tahu diluaran sana ada yang kebingungan cara makan wortel...iya, bisa jadi sih...bisa jadi..

Tapi selain bikin tutorial yang enggak jelas kayak begitu, Bang Roll ini juga mengunggah  video anak-anak calon Hafidz/Hafidzah yang menghapal dengan metode gerakan tubuh, lucu-lucu deh!


Eh, ternyata selain jago makan wortel, Abang yang satu ini juga bisa otak-atik Corel Draw. Dia juga  bagiin tutorial corel draw untuk pemula.

Abang Roll ternyata macho, doyanannya lelaki berotot (?)


Sama wanita berotot (?)


*Liatin parodinya Teaser AADC 2 dong setelah penantian panjang puluan tahun akhirnya dibuatin juga sekuelnya, hihi...

Dibalik tingkahnya yang agak absurd, ternyata jemarinya Bang Roll ini playboy juga ya? pandai mempermainkan mouse saat ngoprek corel draw. *krikkrikkrik

Demikianlah, Channel Youtube yang Asyik Buat Ditongkrongin. Semoga bisa bermanfaat ya buat teman-teman semua. Anyway, buat yang lagi galau dan susah move on, enggak ada salahnya buat ceki-ceki Tembang Anti Galau. Dijamin langsung lupa diri!

Dengan Jarvis Store Semua Bisa Jualan Online!

Sebenernya sih saya ini punya bakat dagang, dari turunan mamah itu semuanya pedagang. Mamah saya juga pinter jualan, apa aja (yang halal) b...