Sunday, 8 November 2015

Cara Mengatasi Sakit Saat Haid



PMS atau Pra Menstruation Syndrom itu serangkaian penyiksaan alamiah yang dilakukan rahim subur kepada seorang perempuan. Penyiksaan alamiah, wkwkw. Jahat amat yak? Tapi memang menyiksa sih pas PMS itu, emosi enggak stabil, jadi drama queen, kelaparan tiap saat, badan pegal-pegal dan satu lagi, sakit mens!

Aarggh! 

"Dismenore disebabkan karena rahim mengalami kontraksi. Reaksi dari otot akan mempengaruhi prostaglandin. Prostaglandin akan mengalami peningkatan ketika awal menstruasi kemudian menurun setelah terjadi menstruasi sehingga mengakibatkan adanya rasa nyeri yang berkurang setelah hari pertama menstruasi."

Tapi pada kenyataannya banyak juga yang mengalami Dismenore parah di hari kedua menstruasi dan berlanjut sampai ke hari terakhir siklus haid. Selama kesakitan dengan kram perut yang ringan-ringannya bikin perut terasa diperas dari dalam, sampai yang parahnya mual-mual, muntah dan jatuh pingsan itu, perempuan harus tetap stay strong dengan menyelesaikan semua tugas! Entah itu kerjaan kantor, tugas-tugas sekolah dan yang jelas tanggung jawab rumah tangga. Bayangkan derita kami wahai kaum adam :'(

 Oke, karena aku juga sering mengalami yang namanya Dismenore tiap datang bulan, aku punya cara sendiri untuk mengatasi nyeri haid, biasanya yang aku lakukan itu cuma minum jamu kunyit tiap pagi dan memang itu bagus, haid lancar dan rasa sakitnya enggak terlalu parah. Enaknya minum jamu kunyit itu juga bisa bikin Miss V enggak gatal, kalau jamu kunyitnya dicampur pakai sirih. Enggak suka jamu gendong? beli Kiranti juga bisa. Tapi menurut pendapatku sih, enakan jamu gendong daripada Kiranti. Walau begitu, kalau bepergian aku juga suka minum Kiranti, apalagi kalau sudah dekat-dekat siklus mens, wajib minum barang sebotol dua botol biar enggak pegal-pegal dan kram perut. 

Aku ini termasuk orang yang dilanda nyeri haid yang maha dahsyat *elaah, di hari pertama pas si M datang. Mau tahu rasanya? ini jauh lebih sakit dan ngilu dari titit kejepit risleting! (kecuali kalau sampai putus karena kejepit risleting yaa...) Nyeri saat haid itu ibaratnya ini perut bagian bawah (di bawah lambung, sedikit di atas Miss V) lagi stretching alias melar dan tegang, dipilin pakai spinner, terus ditusuk-tusuk pakai pisau dapur. Sakit! Sakitnya tuh disini!

Badan jadi menggigil, keringat dingin, kepala puyeng, mata berkunang-kunang. Lihat Adam Levinne jadi mirip Budi Anduk, lihat tukang bakso langganan menjelma jadi Grim Reaper dengan sabit berdarah-darah....

Tiduran jadi satu-satunya cara paling aman untuk berdamai dengan Dismenore, jangan lupa perut ditumpangin botol isi air hangat. Oke, lumayan.

Nah, belakangan ini aku ada cara baru nih buat mengatasi nyeri saat haid dan aneka tektek bengeknya. Ini dia :

- Perbanyak makanan yang mengandung zat besi

Bukan, bukan makan besi batangan atau besi eceran kayak stepler dan paku payung, tapi cukup konsumsi daging merah (daging sapi), hati ayam, kacang-kacangan dan juga bayam. Nyum! Kurang zat besi inilah yang bikin badan kita lemes, mata berkunang-kunang dan akhirnya jatuh pingsan setelah diserang Dismenore.

- Jangan kebanyakan ngemil yang asin dan gurih

Nah, kebanyakan ngemil yang gurih-gurih dan asin ini bikin badan terasa bengkak pas mens. Sering merasa badan lebih gemuk dan lebih melar kan saat mens? nah ternyata ini karena tubuh kita kurang cairan, gara-garanya ya kelebihan garam dalam tubuh. Padahal garam itu sifatnya mengikat air dan bikin metabolisme tubuh berkurang. Itu juga bikin badan pegal-pegal tak jelas.

- Lakukan senam menstruasi

Jangan cuma tiduran pas lagi mens, tapi lakukan senam ringan untuk mengatasi nyeri di perut kita. Caranya gampang dan hanya menggerakkan pinggang dan paha saja. Ini dia videonya :


- Banyak minum air putih dan jangan begadang!

Nah, kalau biasanya setiap hari cuma minum delapan gelas air, maka saat mens usahakan minum lebih banyak ya? walaupun agak risih ke kamar kecil dan buang air kecil pas lagi M, tapi demi badan yang terasa lebih nyaman dan terbebas dari nyeri haid? kenapa tidak? Jangan lupa juga untuk jaga pola tidur. Jangan begadang kalau tak ada perlunya, karena begadang boleh saja kalau ada perlunya *Rhoma Irama keleus ahhh.

Oke deh, itu dia beberapa tips untuk berdamai dengan nyeri saat haid. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya temans? jangan lupa lho untuk nonton trailer novel terbaruku, Belahan Jiwa. 


14 comments:

  1. saya biasanya banyakin minum teh manis hangat mbak hehehe. Biasanya hari pertama itu sakitnyaaaaa ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, bisa ya minum teh manis? ah nyobain deh..hihi
      Iyaaa hari pertama beuhhh sakitnyaaa

      Delete
  2. saya dulu kalau haid pas hari pertama nyeri banget sampai guling-guling...tapi lama-lama hilang sendiri... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, iya~
      apalagi kalau kecapekan, sakit haidnya suka lebih menyiksa

      Delete
  3. Samaaa... aku juga. Hari pertama kayak nggak kuat ngapa-ngapain rasanya. Udahlah mual (kadang sampai muntah juga), nafsu makan berkurang kalau lagi mens -_- Biasanya sepiring masih nambah, kalau mens se-entong aja kadang nggak habis -_- boro-borolah ngemil, ngelihat makanan aja berasa pengin muntah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lahhh enak banget lagi mens gak nafsu makan -__-
      curang nihhhh
      aku kalo lagi mens makannya lipat ganda

      Delete
  4. ini tipsnya bermanfaat banget, kebetulan lagi PMS hari pertama dan rasanya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cobain gih, semoga membantu yaakkk..

      Delete
  5. MasyaAllah, gak kebayang kalo cowo juga pms. Cowo kan pemalas pastj malas senam senam, cowok sok kuat pasti menahan rasa sakit, cowok kan egois pasti gak bakal cari cari info meredahkan nyeri saat pms. Yang paling horor kalau cowok pms juga, gak kebayang design pembalutnya seperti apa /loh. Ada adek cewek satu, nanti aku anjurin tipsnya ke dia ah.

    Eh, nih ada tips belanja online murah gampang

    ReplyDelete
  6. Tips nya sangat bermanfaat. Cuma ada yang kurang nih, gimana yah cara mengatasi pms ? Seringkali mood berubah-ubah ketika PMS melanda

    ReplyDelete
  7. Kalo pas kerja apalagi kerjaannya berurusan di lapangan harus gimana dong? Saya ga mungkin kan senam gitu? :( ada saran gak?

    ReplyDelete

Review Pemakaian Softlens N8 Ice Grey

Review Pemakaian Softlens N8 Ice Grey - Beberapa tahun belakangan saya sudah hampir enggak pernah pakai lensa kontak lagi, karena merasa s...