Tuesday, 3 November 2015

Cara Kirim Naskah Terbaru Ke Grasindo (2015)



Penerbit yang satu ini jadi incaran banyak penulis, baik itu yang amatir (kayak aku gini nih) dan yang sudah pro seperti mbak-mbak serta mas-mas yang tak perlu aku absen satu per satu disini. Hehe. Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar kalau ada beberapa penerbit besar yang memilih untuk cuti sejenak menerbitkan novel fiksi, karena daya beli masyarakat sedikit berkurang untuk novel-novel fiksi ini. Malah yang sedang naik daun itu aneka buku motivasi dan how to, iya...how to move on dari mantan. Hicks.

Tapi di tengah kesimpangsiuran yang meresahkan kami, para novelis, ada saja info yang menyegarkan. Salah satunya ya penerbit favorit mengeluarkan syarat dan ketentuan untuk kirim naskah. Wow! such a good news! Walaupun belum jelas naskah yang kita kirim bakalan diACC dan terbit, tapi seenggaknya ini membuktikan bahwa naskah fiksi belum punah kawan! 


"Tertarik Menjadi Penulis?

Jangan ragu untuk mengirimkan naskah Anda ke Grasindo. Jika Anda memiliki keahlian atau cerita untuk dibagikan kepada pembaca, kenapa tidak mencoba? Siapa tahu Anda adalah calon penulis besar.

Berikut adalah 3 kategori naskah yang bisa Anda coba.

    Fiksi (Fiksi Anak, Novel Remaja, Novel Dewasa, K-fiction (fiksi bernuansa Korea), dan kumpulan Cerpen.)
    Non Fiksi (Pengembangan Diri, Psikologi, Parenting, Kumpulan Soal Psikotes, Bisnis & Ekonomi, Gaya Hidup & Hiburan, Buku Panduan (How to), Hobi (misal.: traveling, fotografi), Pengetahuan Populer, dan Entertainment.)
    Buku Referensi (Kumpulan Soal, Buku Pengayaan {TK – Perguruan Tinggi}, Buku Sekolah Berbasis Kurikulum {TK – Perguruan Tinggi}, Buku Referensi Pendidikan.)


Prosedur Pengajuan Naskah

Syarat umum pengiriman naskah:

    Diketik dengan rapi menggunakan font Times New Roman (atau yang sejenis) dengan ukuran font 12 pt.
    Panjang halaman 70 – 150 halaman A4.

Setiap pengiriman naskah, wajib disertai dengan lampiran berupa data-data berikut ini.

     1. Sinopsis

Tulisan singkat (tidak lebih dari 2 halaman) yang merangkum keseluruhan isi naskah Anda. Pastikan, kami bisa menangkap garis besar isi naskah Anda dengan membaca tulisan tersebut.

     2. Proposal

Tulisan singkat (tidak lebih dari 2 halaman) yang menjelaskan mengapa naskah Anda layak untuk kami terbitkan.

     3. Data Diri

Tulisan singkat tentang identitas Anda, berikut latar belakang dan kompetensi Anda. Anda bisa juga melengkapi dengan data-data lain yang mendukung, seperti keanggotaan pada organisasi tertentu, keterlibatan dalam program tertentu, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, tulisan berikut bisa membantu Anda.


Cara Mengirim Naskah Melalui Website

Anda tidak perlu repot mengirimkan naskah Anda melalui pos, sebab Anda bisa melakukannya dengan 1 kali klik melalui website ini. Bagaimana cara mengirimkan naskah melalui website?

    Pastikan Anda sudah mempersiapkan semua file, yang meliputi: (1) naskah, (2) sinopsis, (3) proposal, dan (4) data diri.
    Masukkan keempat file tersebut dalam 1 folder.
    Compress folder tersebut menjadi file .rar (pastikan di komputer Anda terdapat program winrar atau winzip). Caranya: (1) klik kanan folder tersebut, (2) pilih Add to archive... (3) beri nama.
    Kini folder Anda sudah menjadi 1 file dalam format .rar.
    Klik KIRIM NASKAH, dan ikuti instruksi yang muncul.

Naskah Anda akan direview oleh editor kami, dan dalam proses selambat-lambatnya 3 bulan, Anda akan mendapatkan tanggapan. (Selain cara di atas, Anda tetap bisa mengirimkan naskah secara pos melalui alamat redaksi Grasindo yang tertera di >>WEBSITE RESMI GRASINDO << ) "
Nah, itu dia cara terbaru untuk kirim naskah ke Grasindo, silahkan dicoba. Semakin banyak mencoba semakin banyak pengalaman menulis dan semakin besar peluang untuk diACC. Ayo berjuang!
 Jangan lupa untuk baca juga cerpenku : SILENT LOVER
Tonton juga trailer novel terbaruku di Youtube. Video created by Bang Roll 


6 comments:

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda!

Prive Uri-Cran Itu Solusi Anyang-Anyangan yang Betul. Bukan Minum Air Soda! - Pernah dengar enggak sih kalau lagi sakit anyang-anyangan i...