Tuesday, 27 October 2015

Menu Variasi Sarapan : Telur Dadar Bayam

Menu sarapan simpel


Bosan sarapan pakai nasi goreng melulu? atau mungkin bosan makan rendang dan iga penyet versi sachet alias mi instan terus tiap pagi? anak kost ujung bulan kali ah, menunya sachetan. Pengen makan yang agak bervariasi tapi enggak ada waktu untuk bikin yang unik dan enak?

Cobain bikin Telur Dadar Bayam deh, gampang bikinnya, cepat masaknya dan rasanya juga enggak bosenin. Enak buat jadi variasi sarapan biar enggak nasi goreng terus, enggak harus untuk sarapan sih, soalnya dimakan di makan siang sama makan malem pun jadi lah! Kenapa aku punya ide bikin telur dadar bayam? sebenarnya resep ini bukan murni ideku, karena aku baca ini di salah satu majalah resep masakan gitu, dan mudah banget buat ditiru.

Jadi, ini kan rencananya aku sambil ngakalin anak yang enggak doyan makan sayur, berdasar artikel yang pernah kubaca nih ya, kalau mau bikin anak doyan sayur, harus divariasikan atau disamarkan biar dia mau makan. Katanya sih ya kalau sayurannya dibikin bentuk-bentuk bunga, hewan atau apalah, si anak bakalan doyan karena bentuknya lucu. Dusta. Capek iya bikin sayuran dimodel-model begitu, eh anaknya tetep saja enggak suka. Soalnya rasanya itu lho yang dia enggak suka, bukannya bentuknya. Yang bikin artikel cuma berdasarkan teori "Kali Aja" doang, enggak praktek lapangan langsung sama anak yang enggak doyan sayuran.

Dibikin telur dadar begini juga bukan berarti si anak jadi langsung mau makan, enggak! tetap musti pakai sedikit pemaksaan juga biar dia mau santap habis telur bayamnya. Anak susah makan sayur berarti orangtuanya yang harus bener-bener berusaha agar si sayur itu dimakan, gimanapun caranya. Kalau aku sih biasanya didampingi terus pas dia makan sayur, tiap kali sayurnya enggak disentuh pasti aku bilangin, "Makan dek sayurnya! Kalau makan sayuran nanti matanya bisa nyala dalem gelap!" sedikit bohong memang, tapi efektif.

Kalau sudah magol banget dia enggak mau makan, biasanya aku pakai jurus pamungkas. Kayak begini, "Dek, makan sayurnya! Kalau enggak Umi laporin presiden nih kalo sayurnya enggak dimakan!" and he just like...seriously Umi? terus perlahan  makan sayurnya. Bukan karena takut dilaporin ke presiden, tapi karena kasihan lihat uminya berhalusinasi. *hening

Oke deh, itu sedikit drama entah antara aku dan anakku saat makan. Ayo kita beralih ke babak resep Telur Dadar Bayam. Bahannya gampang didapat dan rasanya juga enak. Silahkan disimak :

Bahan Telur Dadar Bayam :

3 butir telur 
satu ikat bayam
garam dan kaldu bubuk secukupnya
merica secukupnya
boleh pakai keju kalau suka
tomat dan mentimun untuk tambahan 

Cara Membuat :

Masukkan bayam rebus ke dalam kocokan telur

- Telur dikocok sementara bayam yang sudah disiangi direbus sampai layu, setelah bayam layu diangkat dan diperas biar enggak basah. Diiris-iris tipis dan campur ke dalam telur kocok. Masukkan setengah sendok teh garam, kaldu bubuk dan seujung sendok teh merica. Aduk rata
- Goreng dengan api kecil, jangan dulu dibalik sebelum bagian tepiannya sedikit kecokelatan. 
- Setelah bagian tepinya kecokelatan dibalik pelan-pelan, terus tekan-tekan pakai sudip biar adonannya merata matangnya.
- Nah, belah tengahnya jadi dua. Tekan-tekan lagi dan bolak balik dengan hati-hati sampai matang merata. Angkat dan sajikan.

Telur Dadar Bayam


Telur Dadar Bayam siap disantap! dimakan pakai nasi hangat dengan kecap dan saos tomat enak deh. Kenyang dan bayamnya empuk banget, berserat halus kurang lebih teksturnya mirip ayam rebus. Enggak percaya? ayo bikin!

Makasih sudah mampir yah, jangan lupa baca artikel lainnya di blogku. Misalnya saja Cerber Broken Hearted Chocolate (Tamat).
Eh terus numpang nupang ya tolong di like, share, subscribe book trailer novel BELAHAN JIWA:

12 comments:

  1. Jenius umi.... Kayaknya enak,di coba ah...
    Tp aku coba pakai daun tangkil gtu ya umi? Wkwkkwkwkw
    Lah ngakak umi atuh duh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai daun tangkil mah asam urat Gan, wkwk

      Delete
  2. Replies
    1. resep aslinya dicampur susu bang, tapi kan anakku gabakalan doyan...

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. keren banget teh book trailernya, yang bikin keren banget sampe segitunya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa yang bikinnya ganteng :3

      beli yaa..beli yaa

      Delete
  5. waaah keliatannya enak umi. pinter banget nyiasatin buat anak yg gak suka sayur.
    kalo gak buat anak,bisa diirisi cabe ya umi...*ini mah emaknya yang doyan..hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! iya, pakai cabe rawit yang banyak tambah enaakk, ini lagi ajarin anak makan pedes juga, biar sama suka pedes, hehe

      Delete
  6. wah iya tuh, tambahin bayam ya biar makin bergizi, saya biasanya daun bawang. ohya mba, mau tanya yg hadiah craft yg blm sampai itu dari re**za bukan?? saya mau message mba tp ga ada alamat emailnya di sidebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kadang pakai daun bawang. CUma ya itu saya yang enggak suka daun bawang. Hihi...

      Bukan mbak, tapi yang ini juga enggak ada berita apapun. Padahal dia masih sering update di medsos lho...ditanyain enggak direspon :'(

      Delete

Begini Jadinya Kalo Sadako Keluar di TV Indonesia

Begini Jadinya Kalo Sadako Keluar di TV Indonesia - Habis Nonton The Rings, tetiba kepikiran gimana jadinya kalo Sadako keluar dar...