Wednesday, 7 October 2015

Jajanan Khas Sunda : Seblak Ceker

Seblak Ceker
Pernah dengar seblak? Akhir-akhir ini Seblak mulai naik daun, dari sekedar cemilan emak-emak gosip di seputar rumah, merambah ke jajanan anak kuliahan bahkan sampai ke kantoran. Seblak itu cemilan kerupuk pedas pakai macem-macem tambahan, kayak sosis, telur orak-arik sampai ceker dan sayap ayam. 

Seblak itu aslinya cuma kerupuk digodok air mendidih dan dikasih ulekan cabe rawit pakai kencur, Seblak juga bukan makanan elit, bahannya aja cuma kerupuk yang dions, di warung-warung banyak. Cara bikinnya super gampang, rasanya juga enggak istimewa-istimewa banget sih. Yang bikin enak itu ya karena bisa dibikin sepedes apapun yang kita mau. Enggak heran kalau kebanyakan penggemar seblak itu cewek. Cewek kan demen sama yang namanya pedes (pantesan cewek kalo ngomong itu pedes banget, nyakitin. Ini nyambung? enggak sih *krikkrikkrik).

Nah, Seblak Ceker yang aku buat ini terinspirasi dari emang-emang tukang seblak di seputaran Unsil (Universitas Siliwangi, Tasikmalaya), soalnya yang pertama kali bikin seblak mulai populer itu di Tasik ini. Eh iya, selain Seblak, makaroni pedas, jamur dan usus krispi, cibay (aci ngambay), cilung (aci digulung), cilok goang dan macem-macem cemilan pedes yang lagi ngehits itu ya awalnya dari Tasik itu. Mantep deh!

Bicara tentang emang-emang tukang seblak di Unsil, kayaknya enggak afdol kupanggil emang. Kenapa? masih muda dan cakep banget. Bagusnya kupanggil Aa saja, kalo boleh sih maunya kupanggil "Ayang Mbeb" biar lebih akrab. Eh...

Tapi serius, yang jadi pemrakarsa cemilan tradisional naik daun itu masih muda-muda banget. Enggak sedikit juga anak kuliahan alias mahasiswa yang ngemodal usaha sendiri dan akhirnya ngehits. Coba deh datang ke CFD (Car Free Day) Tasik, cuci mata lihat macem-macem jajanan unik yang enak dan murah harganya, sekaligus menghibur bathin kaum papa asmara...iya! lihat tukang jualannya keren-keren banget cyntttt!! pomade licin di kepala, kemeja press body digulung ke lengan, jogger pant plus sepatu yang kekinian. Alamaaakkkk ini mau jualan apa mau photoshoot buat majalah FTM?! (For Tante Magazine, wkwkw)

Oke, cukup sudah mengagumi Aa-Aa penjual cemilan CFD yang kerennya lebih dari Aliando Syarief itu, ayo kita bikin Seblak Ceker! Fokus! Seblak Ceker bisa bikin perut kenyang, tapi liatin cowok ganteng malah bikin hati nelangsa. Ayo pilih yang mana?

Bahan Seblak Ceker :

- Kerupuk satu ons
- Ceker seperempat kilo, potong kukunya (pake pisau, jangan pake gunting kuku yaa..)
- Bawang merah 2 biji, bawang putih sebiji
- Kencur seujung jari, sekitar satu centi panjangnya (jangan banyak-banyak nanti gak enak!)
- Cabe rawit sesukamu (mau dimasukin setengah kilo pun boleh dah)
- Garam, penyedap dan sedikit gula putih
- Telur, dibikin orak arik

Cara Bikin Seblak Ceker :

- Ceker yang sudah dibersihin digodok sampai empuk, kurang lebih lima belas menit deh.
- Di panci yang terpisah, godok kerupuk. Jangan lama-lama, tiga sampai lima menit juga sudah cukup (tapi inget, masukin kerupuknya kalo airnya sudah mendidih ya)
- Nah, sambil nunggu ceker empuk, ulek bawang-bawangan, kencur sama cabe sampai halus ya temans
- Ceker sudah empuk? angkat dong, terus tiriskan
- Ceker, ready. Kerupuk, ready. Bumbu, ready. Ayo bergabung armada seblak di penggorengan!
- Tumis dulu ulekan rawit tadi, hati-hati bikin hidung gatel dan bersin-bersin, pakai api kecil saja. Nah, kasih air sedikitttt aja kurang lebih seperlima gelas terus masukin garam, penyedap rasa sama sedikit gula biar gurih. Masukin ceker, aduk-aduk dan masukin kerupuknya. Karena kerupuknya suka nempel-nempel dan lengket, bagusnya sih dipisah-pisah dulu sebelum dimasukin wajan yaa..
- Sudah? jangan lupa telur orak-ariknya masukin. Setelah semua tercampur, angkat dan tuang ke meja saji. Apinya sudah mati apa belum nih? lihat lagi coba kompornya! Matiin, jangan diliatin doang. Hehe.

Tadaaaaaaaa! Seblak Ceker ready to serveeeeee!

Selamat mencoba ya temans, lumayan daripada beli kan? Kalau beli di Aa-Aa, satu porsi seblak ceker itu sekitar sepuluh ribu, cuma dapat dua biji ceker dan kerupuknya kurang banyak. Sementara itu kalau bikin sendiri budget lima belas ribu sudah dapat satu mangkok besar seblak ceker, bisa buat empat orang loh! Lebih hemat deh. ^^

>>>>>>>>>>Jangan lupa baca Bonus Cerber Drops of Love ya temansssss<<<<<<<<<<

4 comments:

  1. teh... abang nga kuat liat cekernya :'(
    kasiaaaaan, coba bayangin jari jemari kecil kaki ayam yang menjadi ceker itu siapa yang punya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. abang terlalu mudah tersentuh, liat ceker aja langsung baper

      Delete
  2. ajakin gue cfd dong kok gue pengen ntn mas-mas model itu hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo! ntar kapan-kapan kubikin postingan tentang CFD dulu biar makin ngiler, hahah

      Delete

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan  - Kamu freshgraduate? Atau baru keluar dari perusahaan karena ribu...