Friday, 9 October 2015

Cara Bikin Mi Goreng Rumahan Yang Enak

Mi Goreng Sayuran

Kalau lagi sibuk, ya sibuk ngapain aja gitu (misalnya mantengin video dangdut koplo untuk analisis kelincahan goyangan dengan stabilitas suara si penyanyi, atau sibuk nyinyirin kehidupan tetangga yang enggak ada tamatnya kayak sinetron Tukang Haji Beli Bubur itu...). Masak jadi satu hal yang bikin repot. Kalau enggak masak, lapar. Mau beli? harus jalan kaki di bawah terik matahari? tak kuat juragan!

Begitu pula aku, dilema standar yang sering dirasakan mamah muda yang kerja di rumah ini sering banget bikin aku ngomel sendirian. Iya, ngomel sendirian tapi dalem hati saja, takut ada yang dengar nanti dibilang sengklek. '3'

Ngomelnya ya karena ngerasa waktu itu kurang banyak gitu, baru kelar bikin satu atau dua artikel eh sudah masuk jam makan siang. Anak minta makan, konsen lagi di kerjaan...aduh! puyeng deh! Akhirnya ngalah juga, kerjaan ditunda walau masih on fire dan dikejar deadline setorannya, daripada anak kelaperan?

Akhirnya sebagai solusi praktis aku pilih buat masak yang super simpel, CEPLOK TELOR!
Hehe, enggak deng...paling cuma sekali dua kali saja kalau aku lagi benar-benar sibuk. Kalau ada sisa-sisa waktu luang aku usahakan bikin makanan yang lebih variatif. Kayak hari ini, aku masak mie goreng. Gampang, bisa ditambah sayur dan lumayan anak doyan, jadi makannya banyak dan aku bisa back to work lagi deh!

Bahan Mie Goreng :

Sebungkus mie telor instan (boleh yang pipih boleh yang biasa)
Sayur-sayuran, boleh sawi, wortel atau buncis dan tauge
Bakso kecil lima biji, iris tipis
Telur, dibikin orak arik
Tomat, diiris-iris

Bumbu : 

Kalau bumbu sih terserah yang masak ya, mau pakai bumbu ulek atau mau pakai bumbu instan juga bisa. Kalau mau pakai bumbu ulekan siapkan kemiri dua butir, bawang merah dua biji dan bawang putih sebiji. Diulek halus dan boleh pakai cabe merah kalau mau pedas.

Cara Buat Mie Goreng :

Mi diseduh ya sampai empuk, tiriskan. Bumbu halus ditumis sampai wangi, masukkan sayuran dan bakso lalu beri sedikit air sekitar seperlima gelas. Masukkan garam, penyedap rasa dan sedikit lada. Setelah sayurannya empuk, masukkan mie dan tomat, juga boleh tambah kecap kalau suka. Diaduk-aduk sampai tercampur semua bumbunya ya! pakai api kecil saja biar enggak lengket dan gosong. Masukkan telur orak arik, aduk-aduk sebentar angkat.

Nah, selesai deh mie goreng rumahannya, mari makan!

Mie Goreng memang bukan menu yang istimewa, bukan menu mahal juga. Tapi  bukan budget dan jenisnya sih yang paling penting, yang paling penting itu kita bisa usahakan siapkan makanan buat si kecil, walaupun lagi sibuk kerja. Disitu nikmatnya jadi seorang ibu. Bisa multi tasking, tanpa ngeluh dan reward langsung tunai dibayar pas lihat anak makan dengan lahap. Bahagia dan bangga loh...

Oke deh, masak udah. Lanjut kerja lagi yuk!


Baca yang ini juga ya ---->Jajanan Khas Sunda : Seblak Ceker

10 comments:

  1. saya selalu gagal bikin mie goreng :( sepertinya harus nyontek resep di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, resep sederhana mbak, semoga bermanfaat

      Delete
  2. Enak anter,,, coba kalo pake paha ayam ! Uh,,,,
    Paha celeng jg boleh wkwkwkwkkw

    ReplyDelete
  3. iya ditambah suwiran ayam lebih mantap :D

    ReplyDelete
  4. hehee, iya ini mudah. :) Aku bisa bikinnya. Pakai minyak wijen bikin sedap da harum juga. Atau minyak sayur. :D
    ehhh merica sih lebih sedep. Anak kecil boleh merica gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga pernah pakai minyak wijen, aromanya pasti wijen banget...hihi
      Anak kecil boleh pakai merica, asal dikit aja..nanti kepedesan, :D

      Delete