Saturday, 24 October 2015

Cara Bikin Cemilan Sehat : Es Jeli Buah



Bikin cemilan enak buat anak yuk? Sekarang bikin Es Jeli Buah.
Cara bikinnya gampang, bahannya gampang dan dijamin anak juga suka deh!
Awalnya enggak ada niat buat bikin es jeli sih, cuma ini bocah minta jajan es terus. Enggak di sekolahan, tempat ngaji, diajak ke warung juga mintanya beli es terus. Kan kalau beli-beli terus agak boros juga gitu ya, belum lagi kalau yang dia makan itu es mambo yang dijual-jual di sekolahan, pewarnanya buatan, pemanisnya buatan...eh aernya juga aer mentah. Dikata mau bikin hiasan tujuh belasan pake aer mentah? :'(

Karena itulah sebagai ibu yang baik dan juga ngirit (beuh), aku memutuskan buat bikin es sendiri. Es yang kubuat juga dari buah-buahan sama jeli gitu, anakku doyan. Hemat, soalnya bisa pakai buah apa saja, juga bisa gunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Aku juga tadi bikinnya tadi cuma manfaatin bahan-bahan yang tersisa lho, jadi tadi aku pakai stoberi yang tinggal beberapa biji lagi, maklum lah sebungkus stoberi itu awalnya dicemilin sama bocah pake gula   ^3^/

Bahan Es Jeli Buah

Siapin deh bahan Es Jeli Buah :

- aneka buah segar (boleh mix fruit, atau buah apa saja deh yang lagi musim. Misalnya mangga)
- gula secukupnya
- jeli bening
- plasik es mambo

Cara membuat Es Jeli Buah :

- haluskan buah-buahan. Diblender, sisihkan.
- masak jeli dengan gula sampai mendidih. Angin-anginkan sekitar dua atau tiga menit dan masukkan buah yang sudah diblender. Kenapa buahnya enggak ikut dimasak? soalnya nanti rasanya jadi aneh, buahnya jadi layu dan aroma buahnya kurang kuat.
- masukkan ke dalam plastik es mambo, ikat dan masukkan freezer. Kalau punya cetakan popsicle, masukkan cetakan itu saja, jauh lebih cantik hasilnya nanti.
- biarkan beku sekitar 5-6 jam. Kalau kulkasnya angkatan lama kayak kulkasku, mungkin harus sampai besok baru beku sempurna. Makanya sekarang aku belom foto hasil jadinya, es jelinya belum beku. Muehehe.

Nah, itu dia cara bikin Es Jeli Buah, silahkan dicoba ya...Hasil esnya nanti kenyal-kenyal krenyes gitu. Kurang lebih mirip rasa Yupi tapi dingin, enak banget!

Makasih yaah sudah mampir, jangan lupa buat simak artikel lainnya di blog ini, misalnya saja Letak Jerawat & Rahasia Kesehatan Kamu. See you!

10 comments:

  1. Wah sumpah kalau pulang klaten bikin ah :)

    ReplyDelete
  2. Mana nih hasil jadinya, jangan jangan HOAX nih... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom beku bang...
      belum beku ehhh malah dimakanin sama fathir :'(

      Delete
  3. Ngakak gusti, kulkas taun sbrha emg tante... Deng gusti, nu batur mah kulkas teh tos toucreen wkwkwkwkwk!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah, kulkas taun 2000-an...abi kr SD. Wkwk

      Delete
  4. wah enaknya ya. Dulu waktu anak2 kecil suka sekali bikin es mambo tapi sekarang anak2 dah gede, kayaknya mending beli ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya sih enakan beli praktis.
      Ini saya bikin sendiri biar anak juga anteng ikut bantu bikin.. :p

      Delete
  5. oh jadi seperti es mambo donk ya kalau gak punya cetakan popsicle nya hehehe.. jadi ingin coba ini deh, tapi kok ngebayangin rasanya kayak agar agar berbentuk es krim.. enak nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, es mambo ager-ager. Hehe
      Tapi beneran deh enak klo udah beku krenyes-krenyes kenyal...

      Delete

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan  - Kamu freshgraduate? Atau baru keluar dari perusahaan karena ribu...