Tuesday, 13 October 2015

All About Kawin!

giveaway Pernikahan dan souvenir

Pernikahan itu adalah bentuk kemantapan jiwa dan raga, pernikahan dilandasi kasih sayang dan kemapanan finansial. Kemapanan disini bukan berarti tajir gilak dengan aset milyaran Rupiah ya nona, no no no! Mapan disini maksudnya mampu bertanggung jawab untuk menghidupi diri mereka masing-masing dan enggak nebeng makan dari ortu lagi. Mampu bayar cicilan rumah, kredit kendaraan, belanja bulanan dan saving untuk masa depan.

"Tapi dengan cinta, rintangan apapun bisa dihadapi! dengan cinta, lautan api pun bisa dilalui! Jangan merendahkan cinta!"

Yakali kalau kelaparan makan cinta bisa kenyang. Realistis lah kalau jadi perempuan itu, dicintai memang membahagiakan, tapi kalau si sayang hanya bisa bilang I Love You saat kita kelaparan, tanpa usaha apapun untuk mengenyangkan kita? yakin nih cinta bisa menghadapi rintangan?

Kenapa aku kuesel banget sama pasangan-pasangan yang bilang cinta itu segalanya? karena aku ini produk nyata pernikahan yang cuma berdasarkan cinta. Hasilnya...Ok, skip bagian itu karena nanti malah jadi melodrama dan blogpost ini bakal sepanjang serial TV Tukang Bubur Yang Tertukar. Mendingan aku share beberapa hal wajib yang harus dipenuhi pasangan yang mau menikah, yap! kalau belum punya hal-hal ini, lebih baik tunda dulu niat untuk menikah. Oke?

Hal yang harus diperhatikan sebelum menikah

- Siap lahir dan bathin

Seenggaknya cukup umur untuk keduanya, ceweknya lebih dari 22 tahun dan cowoknya sekitar 25 tahun. Karena pada usia itu dianggap sudah cukup dewasa, sudah puas main-main ala ABG dan pemikirannya sudah lebih realistis. Bathinnya pun sudah lebih dewasa, egonya sudah bisa diredam dan mau mendengarkan. Ini penting, pasangan muda pasti kedua-duanya hanya mau didengarkan dan enggak mau mendengarkan. Jadilah pas lagi ada masalah malah cekcok dan saling teriak satu sama lain. Percaya deh, masalah enggak akan selesai kalau dua-duanya hanya mau didengarkan.

Selain itu, siap secara bathin itu mampu sabar dan ikhlas. Contohnya saat ingin sesuatu dan belum cukup uang, harus menunggu sampai cukup dana untuk mendapatkan barang tersebut. Mungkin tidak untuk satu atau dua bulan, bisa saja lebih dan bagi pasangan yang belum siap bathin, pasti sangat menyakitkan! maklum, selama dengan orangtua kan kita tahu jadi saja, tak tahu sulitnya orangtua menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan kita itu.

- Mandiri secara finansial

Iya, setidaknya calon suami punya pekerjaan tetap. Tak perlu jadi PNS atau pegawai BUMN yang posisinya basah-basah (tukang ledeng kali ah basah), yang penting calon suami punya satu pekerjaan yang menghasilkan uang. Tak perlu gaji yang berlimpah, yang penting cukup. Apa yang bikin cukup? ya rasa syukur dan biasakan hidup hemat. Tapi kalau si calon ternyata mampu memberikan uang belanja yang berlebih, apa yang harus dilakukan? ya syukuri juga! lumayan kan selain untuk belanja bisa juga buat 'me time' sebulan sekali di salon langganan? Yang paling penting jangan sampai setelah menikah biaya bulanan masih minta pada orangtua. BIG NO! gengsi dong, kan sudah menikah, sudah berkomitmen untuk mandiri dan lepas dari orangtua. 

- Pandai menempatkan diri

Dengan menikah, maka kita menjadi bagian dari keluarga lain yang bisa jadi sama sekali enggak kita kenal sebelumnya. Pada masa inilah kedewasaan diri diuji, bisakah kita menyesuaikan diri? Banyak yang tak akur dengan mertua  karena kurangnya kemampuan beradaptasi dan kurangnya komunikasi, terutama dengan suami. Agak seram juga sih lihat FTV tentang mama mertua yang benci gilak sama menantunya, terus hasut anaknya untuk ceraikan si menantu yang sebenarnya soleh/solehah itu dan sialnya si anak malah kehasut pula! Tapi percaya deh, kalau kita pandai adaptasi, selalu bersikap baik pada mertua layaknya mereka orangtua kandung kita, maka mama mertua juga akan anggap kita anaknya sendiri. 

Kalau ada hal yang kurang mengenakkan, komunikasikan dengan pasangan. Diskusi bagusnya gimana, tindakan apa yang paling tepat agar tak menyinggung siapapun, karena diskusi bukan cuma efektif dan efisien saat pemilihan Kades saja loh yaa *abaikan.

Nah, itu dia tiga hal yang wajib dipenuhi pasangan yang mau menikah, atau yang mau menikah lagi. Semoga setelah memenuhi ketiga aspek itu, pernikahannya dilancarkan dan penuh berkah! Insyaallah.

Sekarang kita bergerak ke babak selanjutnya, bincang-bincang mengenai hal yang harus disiapkan untuk pesta pernikahan yang mantav! Pesta pernikahan yang mantap dan berkesan bukan pernikahan yang mewah di ballroom hotel bintang lima saja, tapi konsep yang unik serta dipersiapkan dengan matang.

Kalau tak mau capek tapi hasilnya oke, bisa pakai jasa WO. Mereka akan persiapkan semua konsep dream wedding sesuai dengan request dari kedua mempelai. Tapi ya itu, harus siapkan budget yang lumayan karena tak ada WO bagus yang mau ditarif dengan budget dibawah sejuta. Rupa mawa rega ya, WO yang konsep akhirnya cetar banget pasti punya standar harga yang sudah tak bisa diganggu gugat apalagi ditawar kayak beli daster di pasar. Mau lebih hemat? kedua mempelai dan kedua belah keluarga harus mau kerjasama untuk siapkan pernikahan impian, capek? pasti. Tapi kepuasan bathin pasti jauh lebih terasa.

Eh iya, sekarang zamannya lagi ngetrend foto prewedd. Mau menikah rasanya enggak afdol kalau enggak ada foto prewedd. Makanya banyak banget jasa foto prewedd yang bertebaran dimana-mana. Tapi yang paling sering aku denger namanya sih Foto Wedding Bandung, seriusan! dulu nih yaa, aku sering lihat-lihat foto hasil jepretan mereka dan serasa ikut dibius romantisme yang ditunjukkan dalam tiap foto. Alamak pengen prewedd!

Ini romensnya kerasa banget! im melting!

Ini...totally romantic!
Lihat sendiri kan? baru dua foto saja aura romantisnya sudah menyebar kemana-mana, jadi ngiri deh *hicks. Pokoknya someday (soon, aamiin) aku pengen ambil sesi foto-foto manja sama DIA, harus outdoor karena aku suka banget foto dengan latar belakang tempat indah yang luas, enggak terbatas dinding yang kaku. 

Eits, jangan lupakan souvenir buat undangan loh yaa! jangan pakai souveir asbak karena sudah enggak musim lagi merokok (rokok itu enggak keren), atau gantungan kunci yang lemnya suka copot-copot. Pilih souvenir instan yang lagi ngehits, photobooth! Itu loh, satu pojokan khusus di tempat resepsi buat foto-foto narsis dan langsung cetak, jadi souvenir nikahannya adalah foto si undangan itu sendiri. Keren kan? nih contohnya :

souvenir nikahannya foto keluarga, ntab!
Ciee sama yayang cieee
tapi baper, kok yang berdiri itu mirip mantan -_-
Keren kan photobooth itu? dandanan maksimal ke hajatan bisa terekam sempurna dalam jepretan kamera photografer pro, bukan cuma sekedar kamera HP biasa (yang kadang kameranya burem, enggak kelihatan pakai make up atau enggaknya. Kan sedih). 

Mau souvenirnya kekinian dan anti mainstream? Souvenir Photobooth saja! Punya tiga aspek di atas, prewedd profesional dan souvenir anti jadul, beuh! Sempurna nikahannya gaes!

Oke deh, sekian blogpost tengah malamku yang panjang banget ini, semoga menginspirasi ya? walau sebagian isinya curhat baper tersembunyi, tapi sisanya murni untuk berbagi pengalaman. Yang sudah berpasangan, segera menikah. Yang belum berpasangan, segera cari pasangan dan jangan kelamaan jomblo, mblo! nanti ngenes. Hihi.



11 comments:

  1. Ahahahaa kocak ihh isinya lucu.. Jago banget mengemas ceritaa ..
    Kalau prewedding emang harus kerasa aura * nyess romantisme nyaaa nih..
    Btw terima kasih ya sudah berpartisipasi :)
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, makasih mbak udah mampir..
      Sama-sama, abis tema GA-nya asyik banget sih, gatel kalo enggak ikutan

      Delete
  2. Siip.lah, curcol yaa Mbak
    Jgn lupa mampir ke witri90.wordpress.com yah... :)

    ReplyDelete
  3. aku baru tahu ada photobooth :D canggih ya mantennya. Mihil gak? hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga sebanding kualitas deh pokoknya. Mihil atau enggaknya itu tergantung kita, kalau lihatnya buat kepuasan bathin dan kenangan nikahan yang bikin happy semua? harganya enggak seberapa laah~~
      hihi

      Delete
    2. Selamat ya, jadi salah saty deretan pemenang. Btw, aku udah nyobain photobooth di manten orang. Hihi.. canggih!

      Delete
  4. Sama mbak aku juga suka suasana foto outdoornya. Apa lagi pas sunset trus ada siluetnya. Tapi moga ga banjir, ya. Biar ga misbar, gerimis bubar hehehe

    ReplyDelete
  5. mbak nuniek.. Mohon informasi alamatnya untuk pengiriman hadiahnya. Saya tunggu.. Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete