Thursday, 24 September 2015

Kisah di Idul Adha 1436 H

Ilustrasi Bang Roll


Happy Idul Adha!

Sebenernya Idul Adha dan Idul Fitri itu sama-sama hari raya umat Islam, tapi perayaannya enggak sama rame. Mungkin karena Idul Fitri dirayakan abis puasa wajib sebulan, sementara Idul Adha kan puasanya juga sunat, jadi banyak juga yang enggak puasa dulu sebelum hari raya qurban. Jadi ya mungkin gregetnya kurang terasa atau gimana gitu. Makanya biar semangat qurbannya makin kerasa, kemarin aku juga ikutan puasa Arafah. 

Selain itu aku ikut berduka cita denger berita tragedi musim haji 2015, dari mulai robohnya crane sampai tragedi terowongan Mina 2015. 717 tewas dan 805 lainnya luka-luka. Semoga semuanya diampuni dosanya. Aamiin.

Nalik lagi ke kisah Idul Adha versiku, ada kisah lucu pas solat Idul Adha, kan solat Idul Adha itu suka lebih pagi ya daripada solat Idul Fitri jadi sekitar jam enak itu udah siap semua kumpul di mesjid dan sekitar satu jam kemudian solatnya udah kelar. Nah, nah enggak taunya tiba-tiba aja ada sedan bagus nih berhenti di depan mesjid dan turunlah sepasang suami istri dengan kepala yang terdongak bangga, aku tau mereka siapa dan emang bukan orang yang suka bersosialisasi gitu. Mereka sadar kalo semua jemaah pada merhatiin mereka (ya iya secara gitu...udah pada sepi dia baru dateng). Pedenya level 100, jalan tegap dan dagu terangkat, si bapaknya masuk ke mesjid sementara si ibunya duduk di sebelahku, aku sih berprasangka baik aja ya kupikir dia emang dateng terakhir itu sibuk abis ngapain dulu gitu dan tau udah selese solatnya. Gataunya dia langsung gelar sajadah dan pake mukena. 

Sumpah bingung, dikasih tau nanti dia malu, gak dikasih tau ya dia malu juga. Tapi akhirnya ada juga yang enggak tega dan kasih tau dia, "Maaf Bu, solat Iednya udah kelar." dan mukanya dia langsung pucat! abis gitu warna mukanya berubah total jadi merah padam. Kasian...lagian kenapa datengnya siang banget coba...apa enggak tau kalo solat Idul Adha suka lebih cepet? entah deh, mungkin dia sibuk ngandangin mobilnya satu-satu sebelom berangkat solat, maklum horang kaya. *nyengir *elah katanya berprasangka baek, gataunya ngomongin juga ujung-ujungnya bwahahah

Nurunin 'tumpangan' ke sorga kelak, insyaallah. Aamiin
Nah, abis solat Ied kan langsung pulang nih, siap-siap mau potong sapi. Di komplek rumahku ada tiga ekor sapi yang dipotong dan acara potong-potongnya molor nyampe jam sepuluh loh! panas banget musim kemarau, tapi bocah-bocah pada girang bareng nongkrongin tempat potong sapi. Pada tahan ntu bocah-bocah, gak takut sakit, gak takut kenapa-kenapa, apalagi cuma takut item :3


Ini salah satu bocah yang seneng nongkrong deket sapi



Kurang lebih jam dua siang pemotongan sapi dan bagi-bagi daging qurbannya udah kelar, tinggal masak-masaknya. Kebetulan Idul Adha kali ini bikin gule sama sate. Sama kali ya semua orang di musim qurban pasti bikin gule sama sate, ada juga sih yang bikin olahan lain. Ada yang bikin bakso sama tongseng juga. Tapi ya karena aku emang gak terlalu bisa masak olahan daging sapi dan kambing, jadinya ya yang gampang aja. Gule pake bumbu instan dan sate alakadarnya. 

Sate khas Idul Adha
 Habis udah Kisah di Idul Adha 1436H hari pertama, semoga kita semua bisa meneladani kesabaran dan keikhlasan nabi Ibrahim saat diperintahkan untuk menyembelih anak kesayangannya, Ismail. Semoga qurban tahun ini penuh keikhlasan dan berkah, di akhirat kelak jadi tumpangan sampai surga. Aamiin...

4 comments:

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan  - Kamu freshgraduate? Atau baru keluar dari perusahaan karena ribu...