Tuesday, 22 September 2015

Info Lomba Menulis Terbaru Hadiah 174 Juta!!

Lomba Menulis September 2015


Ada info lomba nulis kece nih! tapi ini cuma buat anak-anak sekolahan aja yaaahhh...yang udah bangkotan mohon melipir dulu dan sadar umur yak. Walopun berasa masih unyu dan cocok pake baju seragam SMA, jangan maksa ikutan juga oke. KTP tak bisa berbohong...

Ok, cekidot infonya!

Tujuan lomba ini tuh buat jadi terobosan baru pengajaran agama di lingkungan remaja, ngerti kan gimana mirisnya pergaulan anak-anak abegeh zaman sekarang? nah, diharapkan makin banyaknya lomba-lomba sejenis ini bisa memacu kaum muda buat habisin waktu mereka buat bikin sesuatu yang lebih bermanfaat daripada mojok gelap-gelapan.  

Jenis Lomba
Penulisan Cerita Islami Siswa SMA/SMK tahun 2015

Tema Lomba
“Rayakan dengan Bersyukur”

Ketentuan Umum
1). Cerita diangkat dari keseharian, fiksi atau non fiksi, bukan kisah nabi, bukan kisah sahabat nabi atau tokoh legenda.
2). Tidak mengandung unsur yang mengarah pada isu SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan), politik, kemusyrikan, pornografi, dan khilafiyah.
3). Mengandung pesan moral, akhlak, dan budi pekerti yang baik.
4). Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
5). Naskah cerita harus asli, belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba sejenis.
6). Menyertakan identitas lengkap dilampiri fotokopi KTP/Kartu Pelajar, alamat sekolah, dan nomor telepon yang mudah dihubungi.
7). Membuat surat pernyataan dengan meterai Rp. 6.000,- bahwa naskah cerita adalah hasil karya sendiri bukan hasil jiplakan, terjemahan, atau saduran, dan bersedia dikenai sanksi bila didapati adanya pelanggaran.
8). Menyertakan surat pengantar dari kepala sekolah.

Ketentuan Khusus
1). Cerita berkesinambungan sampai tamat.
2). Naskah cerita diketik pada kertas HVS A4 dengan spasi 1,5, jenis huruf (font type) Times New Roman dengan ukuran huruf (font size) 12. Adapun batas (margin) atas 2 cm, batas (margin) bawah 2 cm, batas (margin) kanan 2 cm, batas (margin) kiri 3 cm.
3). Jumlah halaman minimal 60 halaman.
4). Sistematika penulisan Ceris sebagai berikut;
a. Cover
b. Pernyataan Orisinalitas Karya
c. Sinopsis, maksimal 1 halaman dengan spasi 1
d. Kata Pengantar
e. Daftar Isi
f. Isi Ceris
g. Riwayat hidup

Kriteria Penilaian
1). Relevansi judul dengan tema penulisan (10%)
2). Orisinalitas cerita (10%)
3). Bahasa (20%)
4). Karakter tokoh (20%)
5). Pesan moral cerita dan isi (30%)
6). Tampilan naskah (10%)

Mekanisme Lomba
1). Dari hasil seleksi berkas akan didapatkan 10 (sepuluh) orang finalis yang akan diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2015 di situs resmi Kementerian Agama: www.pendis.kemenag.go.id/pais.
2). Pemenang akan dihubungi via telepon dan surat resmi oleh panitia
3). 10 (sepuluh) orang finalis dari hasil seleksi berkas akan diundang oleh panitia untuk mempresentasikan naskah cerita di hadapan tim juri, dengan alokasi waktu selama 7 menit untuk masing-masing peserta dilanjutkan dengan tanya jawab;
4). Setiap peserta disertai pendamping sesuai kuota yang ditetapkan, terdiri dari kepala sekolah dan/atau guru PAI dan/atau orang tua siswa yang bersangkutan;
5). Kegiatan presentasi dan penetapan juara akan dilaksanakan pada bulan November dan Desember 2015;
6). Para pemenang yang telah ditetapkan akan menerima penghargaan dan hadiah yang diserahkan langsung oleh Menteri Agama pada acara Apresiasi Pendidikan Islam;
7). Keputusan tim juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Hadiah
10 (sepuluh) pemenang Lomba Penulisan Ceris Siswa SMA/SMK ini akan mendapat hadiah;
Juara I = Rp. 17.000.000,-
Juara II = Rp. 15.000.000,-
Juara III = Rp. 13.000.000,-
Juara Harapan I = Rp. 11.000.000,-
Juara Harapan II = Rp. 10.000.000,-
Juara Harapan III = Rp. 9.000.000,-
Juara Berbakat I, II, III, dan IV = Rp. 6.000.000,-/orang

Selain menerima hadiah dalam bentuk uang, masing-masing pemenang juga akan menerima piagam penghargaan dan tropi.

Setiap pajak yang timbul dalam penerimaan hadiah/ penghargaan dalam bentuk uang ditanggung oleh masing-masing pemenang.

Alamat Pengiriman Naskah

Direktur Pendidikan Agama Islam
Cq. Panitia Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) Siswa
SMA/SMK Tahun 2015
Subdit PAI pada SMA Direktorat PAI Ditjen Pendidikan Islam
Kementerian Agama RI Gd. Kementerian Agama Lantai 6
Jalan Lapangan Benteng Barat Nomor 3-4 Jakarta Pusat 10110

Ditunggu sampai tanggal, 1 Oktober 2015 (stempel pos)

Info lengkapnya klik >>> DISINI<<<

Jangan khawatir ya temans, penyelenggaranya KEMENAG kok, jadi dijamin aman dan no tipu-tipu. Yuk sebarkan infonya dan mulai nulis!

4 comments:

  1. Gede ya hadiahnya bisa sampe hampir 20 juta begitu..

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. ayo ikutt! tapi jangan kebanyakan diputer otaknya nanti puyeng, hihi

      Delete

60 Tahun Astra Untuk Indonesia

60 Tahun Astra Untuk Indonesia - Belakangan ini kita disuguhi berita yang mengerikan, dimana hutan di Indonesia semakin gundul dan mengkha...