Sunday, 6 September 2015

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan ala Aku

Akhir-akhir ini lagi ngetren sakit tenggorokan, mau pilek lah, kebanyakan makan gorengan atau pedes lah, dan sejenisnya. Aku salah satu korban sakit tenggorokan, dan sampai saat ini juga tenggorokanku masih kerasa sakit, mau nelan makanan juga agak-agak ngeganjel, kayak ada kelerengnya dua biji.



Sakit tenggorokanku emang belum sembuh total, tapi seenggaknya berbagi tips mengatasi sakit tenggorokan dengan cepat yang aku praktekkan bisa sedikit menginspirasi yak?

- minum rebusan jahe

Waktu mulai kerasa sakit tenggorokan, minum rebusan jahe jadi salah satu pilihan. Biar tenggorokannya kerasa anget, selain itu kandungan alami dalam jahe bisa ngurangin dahak yang nempel di tenggorokan. Jadi plong deh, pakai madu dan lemon lebih enak.

- kumur-kumur pakai air garam

Bukan cuma buat sakit gigi ya, kumur-kumur pakai air garam saat sakit tenggorokan atau radang tenggorokan juga bermanfaat buat hilangin bengkaknya. Jangan ditelen loh, gak enak -_-

- minum teh

Iya, minum air teh hangat. Boleh teh apa saja, tapi yang jelas teh celup saja biar tehnya bersih dan aromanya lebih enak. Pake madu lebih enak, khasiatnya juga lebih terasa kalau pakai madu.

- makan buah-buahan

Makan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, kalau aku sih palingan makan jeruk atau kalau enggak buah musiman lainnya yang banyak vitamin C-nya. Misalnya semalam saja aku makan buah Kupa, enak loh manis-manis acem.

buah Kupa
Buah kupa ini enak banget loh dirujak, walopun agak ribet karena harus dibelah satu-satu dulu dan dibuang bijinya, tapi rasanya really worth it. Seger!

- ke dokter dan minum obat

Nah, ini sih tindakan terakhir kalau ternyata sakit tenggorokan kita enggak sembuh dengan cara-cara tradisional di atas.

Sudah, yaay!
Temen-temen yang lagi sakit tenggorokan semoga bisa mendapatkan manfaat ya dari postinganku yang satu ini. Aku juga masih masa pengobatan nih, enggak enak soalnya kalau sakit tenggorokan itu, karena harus pantangan makan ini itu. Gak boleh minum es, makan es krim, atau juga makan pedes.

Yang paling sedih itu ya karena gak bisa makan pedes. :'(

Semoga cepat sembuh deh, biar cepet makan pedes lagi. Hehe

4 comments:

  1. Aku kemarin sakit tenggorokan kumur air garam. Alhamdulillah suaraku balik

    ReplyDelete
  2. Aku kemarin sakit tenggorokan kumur air garam. Alhamdulillah suaraku balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kumur-kumur garam bikin suara balik juga ternyata, kirain cuma ngilangin bengkak doang, hihi

      Delete
  3. Aku baru tahu teh hangat bisa mengobati sakit tenggorokan. Berarti kebiasaanku minum teh nasgitel di pagi hari tidak sia-sia. Aku memang jarang sekali sakit tenggorokan. Salam kenal kak. :) BTW ternyata kita punya hobi yang sama, bikin kreasi flanel, hehehe, :)

    ReplyDelete

Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini

Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini  Model dan Jenis Sepatu Boots Wanita Masa Kini - Boots yang dulunya identik dengan k...