Wednesday, 16 September 2015

Apa Itu Lempok Durian? Cemilan Surga!

Sore-sore aku ditawarin sesuatu, oleh-oleh Pontianak. Lempok Durian.

Hmm, duren...duda keren *PLAK* 
Enggak, ini duren beneran kok, hehe. Langsung ngeces bayangin rasanya, apapun yang terbuat dari duren pasti selalu enak rasanya, gitu aja simpelnya sih. Jadi wajar banget pas disodorin kotak plastik transparan, yang isinya lempok durian dibungkus pakai kertas wajik putih itu air liurku langsung menetes.

Pas kucoba satu, hmm ternyata beneran ENAK.

Rasanya legit-legit kenyal, aroma durennya emang enggak sekuat duren segar yang kita makan langsung, tapi ya tetap saja aroma durennya tetep khas banget. Manisnya juga pas, enggak terlalu manis, tapi cukup manis buat dicicip lidah. Tekstur kenyalnya itu kurang lebih kayak dodol Garut Picnic, tau kan dodol legendaris khas Garut itu? nah, kurang lebih kayak gitu. 

Penasaran juga sih, cara bikin Lempok Durian itu kayak gimana ya? sebelum Googling aku tebak-tebak dulu nih gimana cara bikin Lempok Durian, kayaknya sih enggak jauh beda dari cara membuat dodol kebanyakan. Buah duren yang udah dibuang bijinya, digodok sama gula putih, santan dan kadang ada yang dicampur tepung tapioka biar kenyal. Eh ternyata, cara buat Lempok Durian itu memang persis kayak buat dodol, cuma pakai gula putih dan sedikit garam doang.

Lempok Durian : Oleh-oleh khas Pontianak


nih, begini cara buat Lempok Durian :

Bahan-bahan 

4 sampai 5 kg durian matang (banyaknyaaaaa)
1 kg gula pasir
Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Lempok Durian

Durian diambil isinya
Pisahkan daging buah dan isinya.
Tambahkan 1 kg gula pasir untuk setiap 4-5 kg durian lalu di tambahkan dengan garam 1 sendok teh.
Semua bahan tadi di masukkan kedalam kuali yang di letakkan pada tungku.
Bahan yang ada dikuali diaduk terus menerus adonan lempok, panaskan api dalam keadaan sedang, kira-kira pengadukan adonan sekitar 3-4 jam.
Setelah lempok yang diaduk kira-kira sudah lengket di adukan dan kenyal maka Lempok sudah siap diangkat.
Tunggu sampai dingin dan mengeras lempok sudah siap di bungkus.

Nah, emang mirip banget sama dodol kan? FYI, ternyata Lempok Durian ini juga ada khasiatnya loh buat kesehatan! beneran! Jadi makan lempok ini bisa mencegah anemia, soalnya mengandung kadar zat besi yang lumayan tinggi buat cegah anemia. Lempok Durian juga mengurangi resiko stroke, meredakan nyeri lambung alias nyeri perut, dan satu lagi bisa jadi pengontrol suhu badan. Kece!

Gimana? ngiler enggak tuh sama Lempok Durian? 

Lempok Durian bisa dibeli di supermarket kok. Tapi yang paling enak ya yang asli dari Pontianak sana. Bisa titip teman yang mau ke Kalimantan, atau belanja online juga bisa tuh. Selamat belanja Lempok Durian yaaa ^^

No comments:

Post a Comment