Wednesday, 5 August 2015

Tutorial Corel Draw Untuk Pemula A la Bang Roll


Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba seseorang dengan nickname Bang Roll men-tag postingannya di Facebook. Pas meluncur ke TKP dan langsung lihat postingan yang lumayan penting buat yang suka corat-coret gambar. Bosen gambar pake pensil mulu, cobain deh tutorial Corel Draw buat pemula versi Bang Roll ini, dijamin ini tutorial paling mudah dipahami dan mudah dipraktekin. Beda jauh deh sama tutorial sejenis di yutub, yang klik ini klik itu...voila! jadilah artwork super kece yang sama sekali enggak ngerti cara bikinnya gimana T.T beneran KZL kan jadinya?

Liat tutorial yang judulnya doang buat pemula, padahal pas diliat kok kayak buat level expert, rasanya pengen ngubur keinginan belajar dalem-dalem deh...nyerah aja...kalo maksa dipelajarin dengan tutorial yang sebegitu susahnya nanti kepala saya ngebul...

kalo isi kepala saya rusak gimana? kan gaada gantinya T.T  *krik krik krik

Ah sudah! garing kok dipiara -_____-

Yuk, mulai yukk!


***

#‎TUTOROLLIEAL‬: "Tutorial buat Asep"

Malem, haters...
Balik lagi sama abang ...si calon menantu idaman mertua yang tapinya punya haters segudang~
Ngomong ngomong soal gudang. Abang punya temen namanya Asep. Nama panjangnya, Asep ...kenalpot.
Asep ini anaknya baek, multi talenta, rajin belajar dan hafal surah fatehah.
Sekali waktu si asep pernah minta tolong sama abang dibuatin tutorial Coreldraw gitu, dan abang iya mau-in ajah. Gak taunya karena kesibukan satu dan lain hal, jadinya abang gak keburu menunaikan hajat si asep. Hingga detik ini...

Asep terus-terusan menghantui abang. Menanyakan perihal tutorial yang abang tlah janjikan. Siang dan malem, pagi dan petang, buyutuk dan ontohod... hari berganti minggu, satu persatu anak perawan naek pelaminan, namun abang tak bergeming sedikitpun. Abang divonis PHP... cry emotikon
Mangkanya daripada itu. Postingan ini selain ajang eksistensi abang sebagai sosial climber tapi juga bertujuan menyanggah tudingan sepihak yg dilontarkan Asep!
Asal asep tau aja ya. Abang memang PHP, Pemberi Harepan Pasti. Ga neko neko!

Ya udah, langsung sajah.
Tapi tunggu dulu...
Sebelomnya abang jelasin dikit. Tutorial ini bahan utamanya adalah software Coreldraw ya. Dan abang juga ngasih tutorialnya yang standar standar aja dulu, kalo ada waktu entar disambung lagi tutorialnya biar lebih komputen dan beradab. Aamiin.

tutorial Corel Draw untuk pemula
 1. PEN TOOLS
Abang kalo make corel, andelannya pen tools ini. Dulu awal awal kali baru belajar ya gitu, suka mencong mencong bikin line nya. Tapi seiring dengan ketekunan serta kearifan lokal yg abang miliki. Abang serasa bersimbiosis antara mouse yg abang gerakin dengan pen tools ini. Intinya ya kita bisa karena biasa. Itu koentjinya!

Tutorial Corel Draw untuk pemula
2. CURVES
Untuk mempermudah bahasa dalem penyebutannya, pen tools kini abang ganti dengan pentol ajah biar lebih familiar. Oke?


Nah, dengan pentol, kalo asep pengen buat garis melengkung (curve), ya coba di klik spot yang biasanya nimbul di ujung ujung line yg asep buat. Di klik di spot tersebut, entar muncul kayak anak panah yg bisa diatur derajat kelengkungan garisnya. Gitu.

Tutorial Corel Draw untuk pemula
 3. ORDER
Jadi gini, sep...

Corel itu kan permainannya berupa bidang-bidang gituh, ya kalo bidangnya gak tertutup sempurna, objek tersebut ga bakalan bisa di kasih warna, karena dia bukan berupa bidang, hanya berupa garis/line doang.

Nah, namanya juga main interface antara bidang-bidang. Ada kalanya bidang yang satu menutupi bidang yang lainnya.

Untuk itu kita perlu bermain perintah "order" atau menyusun ke depan ato ke belakang objek yg kita seleksi.

Coba, liat gambarnya ya? Bakalan panjang dan belibet kalo dijelasin pake kata kata ya sep, mohon kemakluman..

Tutorial Corel Draw untuk pemula
4. OBJECT POSITION
Iya, kita mesti nempatin bidang objek yg rapi. Objek yg kebagian posisi dibawah itu gak bisa kita klik begitu saja, harus digeser dulu objek yg menutupinnya, baru deh bisa di klik objek yg ketutupan paling bawah tadi. Gitu.

Tutorial Corel Draw untuk pemula
 5. COLOURING
Asep bingung pewarnaan di corel?

Itu kan di samping kiri layar tampilan corel sudah nampak tersaji beragam pilihan warna. Tinggal klik objek bidang yg mau dicolouring, lalu klik salah satu palet warnanya. Nah, kalo klik kanan itu mewarnai hair line objek, sedang klik kiri untuk mewarnai bidang objek, sep...

Untuk gradasi warna gelap ke terang, cukup tahan klik kiri pada warna yang dipilih, tunggu sampe nongol tabel warna gradasi mini di samping kolom warna yg kita tahan klik tadi.

Silakan di trying-trying dulu deh~

Tutorial Corel Dwar untuk pemula
6. TRANSPARENCY
Nah ini dia, kalo mau bikin bayangan ato cahaya mengkilap, ya tinggal main di transparansi aja sep...


Bayangin bidang objek yang kamu bikin itu kena pencahayaan, ada sisi gelap dan sisi terangnya. Nah semua itu bisa diwujudin dengan transparansi ini. Coba deh sendiri biar faham ente...

Tutorial Corel Draw untuk pemula
7. FINISHING
Setelah sedemikian rupa, finishing objek kamu dengan maenin pencahayaannya. Kasih transparan objek buat seolah olah objeknya mengkilap ato ada bayangannya.

Intinya semakin banyak kamu berlatih, kans semakin mahir makin terbuka lebar. Yagitudeh...

Okeh. Sekian dulu, udah malem, gak enak, apa kata tetangga nanti, bikin tutorial kok malem malem. Good knight, sep!

*** 

That's all!

Gimana? gimana?

Gampang banget kan? bisa langsung dicoba ini maahhhh...

Silahkan dipraktekkan, semoga membantu ya temanssss :D

2 comments:

Waspada Difteri. Begini Bentuk Cinta Saya Sama si Semata Wayang

Difteri. Belakangan ini ramai banget dibincangkan, apa sih yang dimaksud dengan difteri? Difteri tak lain adalah infeksi bakteri yang p...