Monday, 24 August 2015

Dangdut Then VS Dangdut Now

Perkembangan musik dangdut


Entah kenapa jam-jam rawan begini aku malah pengen mosting Dangdut. Gimana ya, dibilang suka...enggak terlalu, dibilang enggak suka, yaaa seringnya playlist yang aku dengerin itu ya playlist lagu Dangdut...

Kenapa? gengsi ngaku suka dengerin lagu Dangdut? ahelah my bradah en my sistah, serius gak suka dengerin lagu dangdut? kok tau sih lirik Sambalado? atau Janda Bodong? cieee, suka seneng tuh curi-curi denger lagu dangdut pas tukang angkot muter dangdut koplo. Ya kan?

Soalnya supir angkutan umum kebanyakan suka dangdut, dari mulai dangdut klasik semodel Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, dan Rita Sugiarto sampai koplo pantura semodel Titin Karisma, Ida Bohay dan Wiwik Sagita. Tapi tak jarang banyak juga supir angkutan yang selera Dangdutnya kekinian semodel Zaskia Gotik, Cita Citata, Siti Badriah, Duo Anggrek sampai Beby Sexiola...itu nama maksa amat yak? -_-

Nah, biasanya nih yang suka Dangdut angkatan masa kini itu supir yang masih agak mudaan. Tapi sebenarnya bukan supir saja ya yang suka dangdut disko, semua pasti suka denger beatnya yang enak buat goyang-goyang sendirian (maklum gengsi, jadi yaa dengerin sendirian aja pake hedset). Walopun kebanyakan dangdut masa kini itu liriknya agak-agak kurang bermutu, yaaa silahkan googling sendiri deh lirik lagu dangdut yang seronok, atau yang enggak mendidik atau yang sejenis itu. Dijamin tercengang. Habisnyaaaa...kalo zaman Bang Haji itu liriknya begitu romantis dan lembut tentang naksir-naksiran sampai balada gitar tua, zaman sekarang liriknya udah cenderung murah. Ada yang nyeritain hamil duluan, status gadis tapi bukan perawan sampai lagi asyik masyuk malem Minggu (ngelesnya sih biar anak muda teredukasi dengan bahaya sex pranikah, tapi kok gayanya seronok, udah gitu musiknya ajep-ajep dan penyanyinya sambil joget kayang ngangkang dengan muka seduktif, WTH).

Tapi nih yaa...tapi tapi ada juga kok penyanyi Dangdut yang enggak cuma pengen ngetop dadakan, banyak juga penyanyi Dangdut angkatan baru yang punya idealisme sendiri dalam bermusik. Selain mereka punya suara yang oke, dengan cengkok khas Dangdut, mereka juga gak mesti goyang geol kayang headstand bianglala ulala buat narik perhatian penonton, gayanya anggun, musiknya enak didengerin, liriknya oke...contoh, Evi Masamba ; Muara Hati, Lesti ; Kejora .. yaa banyak juga kok yang bakalan abadi lagunya, gak cuma heboh sesaat kayak dulu tuh musim SMS, Keong Racun, terus apa lagi? kemarin-kemarin tuh Belah Duren, Goyang Dumang. Apalagi yang istilah-istilah sesaat yang lagi ngetren, semodel Aku Mah Apa Atuh, Disitu Kadang Saya Merasa Sedih, habis musim istilah gaul itu, ya habis pula masa dengar lagunya. 

Cover Album Best of Ayu Tingting, cakep bangettt


Ah ya, bicara tentang lagu Dangdut dengan lirik oke dan pembawaan penyanyinya yang gak seronok, Ayu Tingting. Bisa dibilang, dia ini yang jadi awal perubahan Dangdut masa kini. Inget pas NSP Alamat Palsu lagi ngetop-ngetopnya? (Kira-kira waktu itu Papi Pokemon ikut pasang NSP itu gak yak? Penasaran Papi Pokemon? klik SINI)

Nah, pasti juga pasti pada liat video klipnya kan? yang Ayu Tingting masih belia, pake wig, terus joget-joget sendirian di depan taman bunga Soka, wkwk...otomatis dong pas dia diundang di TV kita sedikit nge-under estimate dia dengan menyamakannya sama penyanyi dangdut pinggiran lainnya. Kagak taunya, JRENG! 

Ebusetttt! cakep amat dia! mana style-nya kekinian banget. Melongo total.

Nah, sejak saat itu makin banyak deh artis Dangdut yang style-nya berubah dari tabrak warna sama style kaos macan ketat ke style KPOP dan lebih glamor. Yaa seenggaknya enak dilihat lah, lebih elegan gitu, tinggal kita aja pendengar mau dengerin Dangdut yang mana..begituuu



Nih salah satu lagu dangdut dengan konsep hip hop, Pemberi Harapan Palsu-Devy Berlian yang diremix. Lihat deh video klipnya, buat yang mau tahu twerking lokal, nih disini ada. Not bad lah~

Sudah dengar lagu terbaru Ayu Tingting? Suara Hati. Iyaaa judulnya Suara Hati. Seperti single-single Ayu sebelumnya, yang satu ini juga musiknya kolaborasi kendang suling dangdut sama pop korea. Cuma buat yang satu ini sedikit beda...ada beberapa bagian yang bikin kita pengen dansa Chachacha! Hehe. Video klipnya oke, cuma ada sedikit nih ganjalannya...sedikit plagiat 2ne1. Iyaaa kata yang komentar sih video klip Ayu Tingting plagiat 2ne1, tapi yaa...aku enggak tahu sih, anggap aja dia terinspirasi, kita tau kan kalo dia gila Korea, walau sekarang dia gandrung India sih...Nah, kegandrungannya di Bollywood bisa kita lihat di vidclip Sambalado, beatnya kurang lebih Bollywood kekinian, terus ini lagu bener-bener bikin happy Nasi Padangers, gimana enggak? sambal lado yang biasa jadi cocolan daun singkong sekarang jadi hits yang catchy dan easy listening. Seleb juga banyak yang dubsmash-in Sambalado lho, enggak percaya? lihat saja di intagram, banyak cynt!

Eh iyaa, buat Alamat Palsuers sejati, udah tau belom ada remake VC Alamat Palsu? sudah lama banget sih, pas Ayting baru ngeluarin single-single semacem Sik Asik. Nah bukan cuma video klipnya, aransemen musiknya juga. Buat yang demen Alamat Palsu versi Dangdut sih pasti kurang sreg denger aransemen Alamat Palsu yang baru, tapi enggak berarti aransemen yang baru enggak oke ya, karena semua kembali ke selera masing-masing.

Nih skrinsutnya :

Video Klip baru Alamat Palsu, cakep kan?
Gimana? tertarik buat denger aransemen baru Alamat Palsu? atau mau denger lagu terbaru Ayu Tingting? atau mau coba-coba dengerin playlist Nagaswara Dangdut Koplo? boleeehhhh. Yang penting jangan larut sampai lupa waktu, kalo ketemu artis Dangdut yang pamer bodi dengan suara super pales jangan dicaci maki, cukup tau ajaaa dan jangan didengerin lagi. Jadi pendengar yang cerdas aja bradah en sistah, kita sendiri yang jadi filter buat musik bagus. Ya gak?

Simpel aja, suka? dengerin. Enggak? jangan didengerin.

2 comments:

  1. nggak suka lagu dangdut... but.. bagus tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih bunda..
      kebetulan Dangdutnya suka Dangdut zaman baheula saya mah, :D

      Delete