Wednesday, 18 March 2015

Belajar Semangat Nulis Dari Dijah Yellow

Nulisbuku.com

Ini nih...novel tipis sampul kuning dengan foto selfie narsis si author ini nih...
Bikin gempar sosmed, dimana-mana ngomongin dia. Dijah Yellow, iya...Dijah Yellow. Masih ada juga yang belum tahu Dijah Yellow itu siapa? huh KAMPUNGAN. Sengaja ya aku capslock tuh tulisan KAMPUNGAN-nya biar pada tertohok ulu hatinya yang belum kenal dia. Please deh, perintis aliran baru menulis masa iya pada enggak tau sih? Pfftttt!

Ah ya, disini aku enggak jadi hater, enggak juga jadi fan-nya dia. Aku disini ambil posisi netral aja sih. Soalnya dibilang benci, dia enggak ngelakuin hal-hal biadab yang menyunat HAM masyarakat kok. Dijah Yellow juga bukan anggota ISIS, dia juga bukan koruptor yang suka ngantongin duit rakyat. Kalo enggak salah sih dia ini juga salah satu orang yang peduli negeri deh...pernah nyela koruptor juga di salah satu caption IGnya. Tapi lupa, foto yang mana dan kapan, soalnya kebanyakan sih di IGnya isinya tuh 

"Hello my name is Hodijah Dijah Yellow Tengkyuuuu." 

kalo enggak, pasti captionnya gini, :

"Myname hodijah,Lokasi Menteng Atas Selatan,Jakarta(Indonesia),I Single,Girl,Islam, virgin, I just 1,I'mNotActris, I'mNotWork, I'mNotSinger, I'mNotModel."

Terus hastagnya tuh bener-bener yang memicu fanwar banget, #blockRaisa #blockAyuTingting  #noAgnesMonica #NoDangdut tuh kan...melukai hati Dangduter sejati. Dangdut itu musik asli Indonesia lho! masa iya dibilang No sama mbak Dijah :'(  

Tapi, oke lah..balik lagi ke novel mbak Dijah yang kaya akan diksi mewah ini. Aku sempet ngintip sampelnya gitu deh di Nulisbuku.com  tentang Rembulan Love. Masih bertanya-tanya apakah gerangan Rembulan Love itu? ah, KAMPUNGAN. Ini kan lagi bahas novelnya Dijah Yellow, masa iya enggak peka sih? pantas aja kalo misalnya kamu jomblo terus sejak TK! pantes aja kalo kamu dianggap tukang PHP, pantas aja kalo kamu itu sering diamukin sambil bilang "Kamu emang enggak pernah ngerti aku!!"

Ngg...eh, lupakan. SKIP! aku ini emang terkadang suka kebawa emosi gitu. 

Jadi Rembulan Love ini judul novelnya Mbak Dijah Yellow. yang katanya hanya selesai dalam waktu sepuluh hari aja. SEPULUH HARI! SEPULUH HARI SAJA GAES! gila. Disaat Kang Abik membutuhkan waktu sekurang-kurangnya dua bulan untuk beberapa bab novelnya, disaat disaat Raditya Dika membutuhkan waktu bulanan, bahkan tahunan untuk mengumpulkan semua materi pendukung Koala Kumal, seorang Dijah Yellow hanya sepuluh hari! hanya sepuluh hari!

Sinopsis Rembulan Love

Ada apakah gerangan? diksi maha maha!

Dialog dibikin center alignment, gpp dulu aku juga begitu sih :p

Tapi ah...memang genrenya aja udah beda sih ya...

Jadi ya, maklum aja sih. Aku juga kalo bikin naskah novel ringan yang ga musti bikin mikir yang baca seminggu dua minggu kelar. Asal konsisten aja mau nulis, pokonya tiap pegang laptop musti ngelarin naskah, apa-apa yang berkelebat di dalam benak kita harus ditulis. Gitu aja sih sebenernya triknya Dijah ini. 

Mungkin buat beberapa orang diksi ala Dijah Yellow ini menggelikan, mungkin bagi beberapa orang bisa menjadi lahan galian ide yang gak putus-putus. Tergantung gimana kita nyikapinnya juga sih...

Tapi ada satu bahasan tentang Dijah Yellow yang aku suka, 

"Sekadar pembanding, filosof sekaliber Levinas dan Althusser saja tampak limbung untuk menerima operasi differance dekonstruksionis Derrida. Lalu kurang bergidik bagaimana lagi kita ini pada sosok Dijah Yellow yang begitu santai mengacak-acak mazhab Levinas dan Althusser, tentunya juga Cartesian yang logosentris, dengan menerapkan prinsip filosofis operasi differance Derrida dalam EYD?

Saat penulis-penulis lain suntuk dengan langgam, keserasian, dan harmoni kalimat, Dijah Yellow menjebol finity of aesthetic itu dengan cara; abaikan langgam, persetankan keserasian, sebodohin harmoni, dan bahkan prekin struktur bahasa. Maka santai saja baginya untuk berposisi sesekali terasa menulis cerita, sesekali lainnya terasa curhat, sesekali lainnya terasa bercanda, dan sesekali lainnya terasa entah apa.

Bila Jean-Paul Sartre hidup di masa kini, tahu kreativitas Dijah Yellow, niscaya Sartre akan menyebut namanya sebagai contoh sempurna kemahaluasan imajinasi yang dimaksudnya dalam buku Psikologi Imajinasi. "

Hihi...ini komentar pak Edi Mulyono, CEO Diva di blognya. 

Entahlah, kita enggak tau sesungguhnya Mbak DIjah Yellow itu macam apa isi hatinya. Siapa yang tahu kalo sebenernya dia punya misi khusus di balik tingkah lakunya yang 'ajaib'? siapa tau sebenernya dia emang ditawarin jadi finalis Miss Universe yang langsung lolos lima besar? siapa tau dia itu selingkuhannya Donald Trump? siapa yang tau kalo dia sebenarnya ketawa jahat saat baca-baca komen anak ALAY yang maki-maki dia di sosmed? 

Siapa tahu Dijah Yellow ketawa puas saat dibully begini?


Enggak ada yang tau...

Maka dari itu, lebih baik kita semua lihat apapun itu dari sisi positifnya aja. Terlepas dari hal negatif apapun yang dilakuin seseorang, pasti akan selalu ada sisi positifnya yang bisa kita ambil hikmahnya. Contoh, dibalik novel yang mungkin tak jelas mana klimak mana antiklimaknya ini, semangat menulis dan percaya diri Dijah Yellow patut kita tiru. Iya kan?


SC Rembulan Love by --->> NEMU GOOGLE


10 comments:

  1. Gak afdhol kalo gak nyantumin #NoDangdut #NoAgnesMo #NoAyuTingting #YesRaisa.

    Nah. Sah!

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kabarnya Dijah segera launching novel barunya dengan harga 300k!

      Delete
  3. errr.. bingung mau komen apa tentang mbak dijah ini... :D
    fenomenal kali ya??? *ishh pake tanda tanya :P

    salam hangat dari pipitta dotcom ya :)

    ReplyDelete
  4. iyes tiru aja semangat sama pedenya ya hihihi nice. Gilaak, aku 10 hari paling dapetnya cerpen dan ujungnya gak jadi dikirim hahaha. Harga novel dia mahal bingits -_-

    ReplyDelete
  5. jeng. jeng.,baru inget kalo itu si dijah yelow. Gila' sudah bikin pula dia,.. jadi best seller gk yaa.

    - from BLOGKU

    ReplyDelete
  6. Hahahaha. jadi ingat si Dijah Yelaaaaw yang fenomenal :P

    ReplyDelete
  7. di balik kekonyolannya dia itu produktif bikin ini itu termasuk bikin orang kesal :D

    ReplyDelete