Saturday, 13 December 2014

Alasan Cewek Friendzone-in Cowok

Zona lingkaran setan : Friendzone


Hayoooo siapa yang kena FRIENDZONE?

Friendzone itu versi ngenesnya dari TTM (Temen Tapi Mesra), atau AKTSS (Adik Kakak Tapi Sayang-Sayangan). Disaat TTM dan AKTSS masih boleh boncengan sambil peluk pinggang, SMS atau BBM bebeb-bebeban, dan aneka kegiatan rutin seperti nonton, makan diluar atau 'IYKWIM' ^^, maka kamu yang berada di Friendzone enggak bisa lakuin itu semua.

Friendzone kebanyakan dilakukan oleh anak cewek. Yap! memang bener banget. 

Kenapa?

  • Karena cewek itu suka diperhatikan. Cewek itu suka jadi pusat perhatian dan suka dipuji. Sialnya, seorang saja yang muji atau merhatiin itu sama sekali enggak cukup! Jadi jangan heran jika kemudian si cewek nyari temen lain (tentu aja cowok) buat menuhin nalurinya yang satu itu. Coba kamu para cowok amatin deh gebetan kamu, dia sering banget banding-bandingin dirinya sama cewek lain enggak? misalnya gini... "Eh, aku sama dia putihan siapa sih?" atau "Dia cantik banget ya? enggak kayak aku." atau bisa juga kayak begini "Aku kalau pakai ini bagus enggak sih?" itu kemungkinan besar kamu kena FRIENDZONE. Kenapa? karena cewek enggak bakalan tanya hal-hal semodel gitu sama gebetannya, karena dia JAIM dan enggak mau dianggap rempong sama si gebetan. Kalo sama friendzone-nya kan dia tau kalo si cowoknya udah kasih hati sama dia, jadi jaim dirasa enggak perlu. 
  • Cewek itu selektif. Sudah dapet yang baik hati dan setia, tapi kurang ganteng. Cari yang lain, dapet yang ganteng tapi bau badan. Dapet yang baik hati, ganteng, wangi...tapi udah punya istri. Wajar jadinya kalau cewek jadi punya banyak koleksi Friendzone, karena dia nyeleksi. Harapannya sih biar dapet yang paling sempurna, tapi biasanya yang terlalu banyak milih malah dapet yang gagal \^^/
  • Cara bedain Friendzone sama gebetan itu gampang, kalau temen cewek kamu itu terus menerus nyinggung soal 'enggak punya pacar', atau 'sedih karena belum dapat cinta sejati', berarti dia memang lagi jomblo dan nyari pacar. Persentase jadiannya sekitar 50%. Sementara itu kalo ditambah dia juga suka muji-muji kamu dan mau diajak berandai-andai tentang pacaran, berarti udah kasih kode buat segera ditembak. Sementara itu kalo misalnya si cewek cuma jinak-jinak merpati, kadang muji kadang perhatian kadang manja-manja tapi kalo diajakin ngomong tentang hubungan dan cinta dia suka ngalihin pembicaraan, FRIENDZONE. Ibaratnya dia ngomong gini, "Kamu asyik buat jadi temen ngobrol, akrab kayak pacar dan oke juga kalau sering ajak jalan-jalan. Tapi lebih dari itu enggak, makasih. AKU INI ADA PACAR LHO, tapi aku enggak ngomong ke kamu takut kamu jaga jarak." Para cowok, sabar ya? :')

Itu saja sih alasan terbesar cewek kenapa suka Friendzone-in cowok, tapi enggak semua Friendzone berakhir ngenes kok. Karena ada juga Friendzone yang naik jabatan jadi pacar. Itu kalau kamu beruntung ketemu cewek yang tepat. Cewek yang akhirnya sadar bahwa kamu itu adalah kandidat yang paling tepat untuk jadi pacar.

Saran juga buat anak cewek, jangan terlalu sadis juga masukin cowok yang baik sama kamu ke Friendzone. Kenapa? Karma itu ada lho...kalaupun enggak percaya tentang karma, kejadian sebab akibat selalu ada. Misalnya kamu udah tau kalo si cowok itu suka sama kamu tapi kamu enggak mau jadiin dia pacar, minimal jangan manfaatin dia buat biayain hidup kamu! gengsi tau!

Pakai lah hati nurani, kalo cuma sekedar nganter pulang sekali dua kali sih...oke lah. Atau juga traktirin nonton sama makan juga enggak apa deh. Tapi jangan keseringan! jangan sampai minta dibeliin ini itu, minta dianter kesana-kesini, minta ini lah, minta itu lah, bisa jadi nanti suatu saat kita yang diperes abis-abisan sama cowok yang kita taksir, setelah sadar kita dimainin sama cowok yang ditaksir, baru inget kalo ada seseorang di Friendzone yang baik tapi kita jahatin. Malu kan kalo mau baikin si Friendzone?

Semoga enggak ada yang kesinggung sama postinganku yang ini ya...postingan ini lebih ke curhatanku sih, pendapat pribadi aku. Secara, aku ini cewek juga dan pernah nge-Friendzone-in temen, cuma pengen sharing aja sekalian kasih peringatan buat adik-adik perempuanku yang masih suka Friendzone-in temen. Cepatlah hentikan kebiasaan burukmu itu Dek, sebelum nyesel karena kena batunya. 

Tonton trailer novel terbaruku di Youtube ya temans...


Harganya cuma 29k, dapetin di Indomaret terdekat dan ada tanda terima kasih berupa pulsa buat teman-teman yang review bukunya. Thank you~~ (jadi keingetan Dijah Yellow...pake jilbab ya dia sekarang? Alhamdulillah dong!)


Wednesday, 10 December 2014

Kamus Cewek : JEALOUS (Bagian Dua, Masih Belum Selesai!)


"Nelponnya kok enggak konsen Yang?"

"Konsen kok..."

hening,

"Yang..."

"Iya?"

"Lagi ngapain sih, enggak konsen kamu lho nelpon akunya!"

hening lagi, si cewek mulai jengkel.

"Maen GetRich ya?"

"Iya Yang, seru nih."

"Ya udah!! Tutup aja telponnya tutup!! Aku emang enggak pernah ada artinya buat kamu! aku tau kok kamu main sama mantan kamu itu kan?"

"Eh kok marah Yang?"

"Ya udah, sana main terus sama mantan kamu itu yang gatel, yang terus hubungin kamu, yang terus ngeLine kamu! yang...aaahhh!!"

telpon ditutup, cowoknya bengong dan ceweknya nangis.

*** 

Pernah ngalamin yang kayak begitu enggak? pasti pernah deh ya walau bukan alasan yang sama persis tapi serupa. Gara-gara keasyikan main game, keasyikan ngobrol sama teman, terlalu khilaf internetan dan bahkan karena terlalu menikmati makan! 

Beneran deh, cemburunya cewek itu enggak hanya sama makhluk hidup yang berpotensi ngajakin pacar selingkuh lho! kadang mereka juga bisa cemburu setengah mati sama yang namanya game, skateboard, motor modifikasi, sampai selimut kumel kesayangan si cowok. 

Aneh? emang!

Mustahil? enggak!

Soalnya aku lebih dari sekali ngalamin cemburu sama benda-benda mati ini, merasa bahwa aku ini enggak lebih berharga dari game online yang katanya ranking dianya udah masuk sepuluh besar internasional, ngerasa waktu dia untuk merhatiin aku itu berkurang banyak gara-gara game itu.

Tapi aku sama dia sih komunikasinya terbuka banget, aku sering ngomong blak-blakan soal kecemburuan aku, tentang apapun itu dan dia ngerti. Dia mau bikin peraturan khusus tentang main game ini, enggak ada game atau apapun saat bareng aku lagi. Soalnya ancamannya juga keren sih, kalo masih ngotot ya aku uninstall gamenya, terus aku ganti password emailnya, G+ nya juga...biar enggak bisa diback up. *hahaha

Eh, iya...
Aku kan mau kasih bocoran buat ngerayu cewek yang cemburu...kok malah curhat -_-

Gini lho, pokoknya kalau cewek kamu tiba-tiba ngambek, judes luar biasa dan terus ngejelek-jelekin dirinya sendiri, itu tandanya dia cemburu. Tau contoh kalimat ngejelek-jelekin diri sendiri?

"Da aku mah apa atuh? gendut, jelek. Jerawatan pula..."

"Iya, aku mah enggak bisa maen COC, gak suka maen Get Rich, mainnya HayDay doang maenan bocah."

"Aku enggak mau ikut acara kamu, aku enggak pinter dandan, enggak pinter bergaul..."

Gimana? ada bayangan?
Inget kan kenapa pacar masing-masing tiba-tiba jadi down enggak jelas plus setengah judes-judes gemana geto?

Itulah ciri-cirinya mereka cemburu!

Yang jadi masalah adalah, CEMBURU KARENA APA?

Para cowok, inilah saatnya kamu untuk gunakan insting lelaki kamu. Coba diurut lagi kejadiannya, awal mulanya sampai tiba-tiba aja cewek kamu ngajepluk begini. Pasti! pasti ada satu hal yang salah, dan itu salahnya kamu! karena cewek enggak pernah salah. Uhuk uhuk!!

Aku kasih beberapa pencerahan ya, contoh kemungkinan penyebab masalah dalam berbagai kesempatan sampai akhirnya terjadi kecemburuan membabi buta dari si cewek. 

- Tanpa sengaja kamu ketahuan ngelirik cewek yang lebih bohay daripada pacar kamu (kalo enggak ketauan enggak apa-apa).

- Kamu senyum sama mbak-mbak tiket di bioskop saat dia ngasih/minta tiket(secara mbak-mbak itu cantik, mulus, tinggi dan senyumnya itu merah merona, slurppp!)

- Enggak sengaja muji mbak-mbak Pizza Hut yang ramah dan manis

- Enggak sengaja terlalu antusias saat nyeritain temen-temen kamu, apalagi temen cewek!

Rumit ya? apalagi hampir semuanya karena enggak sengaja. Enggak sengaja lho enggak sengaja! namanya enggak sengaja ya karena enggak sadar, refleks, di alam bawah sadar. 

Lalu gimana dong buat ngehindarin dicemburuin karena hal-hal yang sepele? gampang banget. 

SELALU BUAT CEWEK KAMU MERASA JADI YANG PALING ISTIMEWA

Caranya?

- Selalu liat matanya saat ngobrol, terutama saat dia lagi cerita sama kamu.
- Kalo dia ngijinin, pegang tangannya saat jalan. Itu ngebuktiin kalo kamu bangga jalan sama dia.
- Jangan ngomongin orang lain (terutama cewek) dengan berlebihan, nanti dikiranya yang diomongin itu gebetan kamu.
- Senyum sewajarnya, jangan over acting sama orang lain.
- Kalo terlanjur khilaf muji cewek lain, segera netralisir suasana dengan ngomong gini "Tapi dia enggak lebih cantik dari kamu Ay," atau "You are the one and only Bebeb." 

Lebay? emang. Tapi justru lebay yang begini nih yang namanya manis buat cewek. Apalagi kalo dia lagi jeles, haha!

Uhm, agak enggak jelas sih ya postingan ini...tapi ada manfaatnya enggak ya?
Yang jelas intinya sih, gimanapun juga kalo lagi sama cewek kamu buat dia selalu merasa yang paling istimewa. Hargain perasaannya, dan dia juga bakal ngelakuin yang lebih baik lagi buat kamu. 
Asyik kan hubungan timbal balik?

Yah..good luck deh..selamat menjalankan! :D



Monday, 8 December 2014

Kamus Cewek! (Bagian Satu, akan ada bagian-bagian lainnya :v)

Cewek itu rumit, bener banget!

Bukan hanya karena cewek senang berteka-teki, cewek juga kadang suka cari perhatian dengan membesar-besarkan masalah. Serius, kadang cewek bisa ngambek berhari-hari cuma karena masalah yang sepele. Misalnya karena BBM cuma dibalas seuprit dan si cowok enggak sadar. Ya istilahnya kode-kodean terus dan cowoknya beneran enggak peka! terus aja begitu... Ceweknya ngambek terus, misuh-misuh di Medsos, cari perhatian dengan ngakrab sama cowok lain, dengan harapan si cowok peka dan tanya:

 "SEBENARNYA ADA APA SIH? JUJUR DEH. KAMU BEDA..." 

Nahhhh, ini! Sekitar tiga puluh persen cewek akan langsung jujur dengan apa yang mereka inginkan, apa pokok permasalahannya dan hubungan yang dingin akan langsung mencair seperti sediakala.

Lalu bagaimana dengan sisa tujuh puluh persen cewek yang lainnya? Nahh, kalau yang ini cowoknya harus benar-benar paham. Super gampang aja sih sebenernya, semua cuma permainan kata saja. Nih kukasih tau ya kalimat paling jitu yang bisa bikin cewek ngambek jujur sama perasaannya:

"KAMU BEDA, AKU TAHU PASTI AKU UDAH BUAT SALAH, AKU MINTA MAAF DAN MAU ENGGAK KASIH TAHU AKU APA SALAHKU?"

yesss!!
Dijamin deh si cewek bakalan langsung jujur cerita semua!
Memang sih kesannya egois dan mementingkan perasaan si cewek doang. Tapi yakinlah para cowok, kalimat ini adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan kalian dari perang dingin tak terselesaikan di dalam hubungan!

Kalo hati cewek kamu sudah luluh, udah seneng karena cowoknya peka pasti dia juga bakalan bisa introspeksi diri sendiri. Soalnya aku juga gitu sih, kalo udah saling terbuka suka langsung sadar diri aja kalau aku juga enggak bisa seegois itu. Cuma syaratnya ya si cowok harus ngaku salah dulu. Hahaha!!

Kalo misalnya ceweknya malah berasa di atas angin? terus berasa besar kepala dan tetap nyalahin si cowok karena kesalahan sepele yang gak perlu dibesar-besarkan, walau si cowok udah ucapin kalimat jitu di atas?

Kemungkinannya cuma satu. Kamu, sudah pilih cewek yang salah buat jadi pacar.

Saranku, PUTUSIN AJA. *ketawasetan

Hubungan itu harus saling mengerti kan? harus saling introspeksi diri juga, kalau yang satu udah ngaku salah, yang satunya langsung nyadar diri, pasti ada kesalahan juga. Dijamin damai deh kalau sudah sama-sama terbuka. Enggak bakalan ada lagi cewek marah-marah karena cowoknya enggak peka, dan cowok yang ngupdate kata kasar di medsos karena ceweknya egois.

Dunia aman dan tentram. TAMAT.

Monday, 24 November 2014

Lagu Terbaru Iggy Azalea ft Rita Ora : BLACK WIDOW



Dari pertama kali dengar lagu ini beberapa bulan yang lalu aku langsung suka, langsung nempel gitu di otakku liriknya. Apalagi pas "Im gonna love you, until you hate me..." wiiihh, rasanya kayak nyindir aku banget gitu yaak *ketawasetan

Aku ini termasuk orang yang kalo udah suka sama seseorang suka bebeakan gitu deh, bela-belain dan kadang sedikit berlebihan. Terutama dalam urusan kepo dan bener-bener pengen jadi bagian dari hidupnya. Yaa, maklum lah namanya juga berasa dekat, apalagi kalo statusnya tuh pacar. ^^v

Sama kan kayak lirik "Im gonna love you, until you hate me..."?

Iggy Azalea

Tentang Black Widow ini, isinya keinginan balas dendam gara-gara sakit hati dengan cara mencintai dia dengan cara yang gila-gilaan, sampai akhirnya si cowok bener-bener nyerah sama hebatnya cinta yang dikasih si cewek, sampai mereka enggak bisa lepas sedikitpun dari si cewek (kurang lebih itu makna yang aku tangkap dari lirik lagunya...)
aku jadi suka ketawa sendiri lho, soalnya aku punya beberapa mantan terkasih *yucks, yang bikin hati gremet-gremet tiap inget sisa-sisa kenangan yang tercecer dalam tiap langkahku *uhukuhukuhukkk, dan aku pengen banget balas dendam sama mereka dengan bikin mereka enggak bisa lepas dari aku, seakan aku itu oksigen buat mereka napas. Habis itu aku tinggalin mereka biar nangis-nangis kelojotan kayak anak kecil minta jajan. Puas banget kayaknya, tuntas sudah semua dendam.
Yaa, seandainya kesempatan itu ada...

Tapi kalaupun kesempatan itu ada...
uhm, enggak aja deh makasih.

Kalau dipikir-pikir yang lalu yaa sudahlah, kesal dan sakit hati sama kelakukan para mantan di zaman silam memang tetap ada. Tapi yaa, enggak usah bales juga sih. Jadi ini intinya sih apa? aku jadi kayak punya kepribadian ganda tau enggak? antara pengen balas dendam sama sisi lain aku bilang ikhlasin saja semuanya.

Hufttt, gara-gara Black Widow nih!
tapi ini lagu emang enak banget buat didengerin sambil mengenang mantan. Bikin kesel gitu.. \^^/



Friday, 14 November 2014

Kok Jawabnya Itu-Itu Mulu Sih?!


Multitask Woman



Ini edisi curhat ya...

Begini lho, aku ini cuma ibu rumah tangga biasa yang punya hobi crafting sama nulis. Kalo ada yang tanya apa sih kegiatanku jawabanku pasti cuma tiga :

- Lagi ngasuh
- Lagi bikin souvenir
- Lagi bikin naskah

Jangan harap aku kasih jawaban lain yang lebih bervariasi daripada tiga jawaban yang paling umum di atas itu ya? soalnya kegiatanku setiap hari itu ya enggak pernah lepas dari ketiga-tiganya. Bangun tidur beres-beres, masak sarapan terus mandiin anak. Habis itu pegang laptop, dikit-dikit ngupdate blog punya orang (aku jadi admin ceritanya), kadang sambil ngupdate FP orang (jadi admin juga), kelar kewajibanku yang itu aku mulai ngerayap ngetik naskahku sendiri, sesekali sambil ngintip Youtube atau sekedar main game online.

Datang jam sebelas, laptop kumatiin, terus aku pindah ruangan kerja: dapur, siap-siap buat makan siang, masak sampai kelar, beresin bekas masak terus istirahat bentar. Istrahatnya main Hay Day kalo enggak balesin BBM yang masuk. Itu pun kalo anak enggak rewel minta ini itu.

Nah, lanjut ngetik lagi deh. Ngupdate FP kecuali kalo pas ada pesanan souvenir ya aku garap souvenir juga. Ah yaa, aku juga suka bikin boneka couple lho! bahannya dari felt, nanti deh aku posting sekalian pamer. Haha!

Haruskah aku ceritain lagi semua jadwal kegiatanku yang selalu sama begitu setiap hari?

Yaa tebak-tebak sendiri lah, yang jelas kegiatanku itu monoton. Kalo ada teman yang jeli pasti bisa langsung nebak aktifitas apa yang lagi aku lakuin di jam-jam tertentu. :D

Jadi, harap maklum temeny-temenyyyyy, aku ini cuma ibu rumah tangga biasa yang pengen lihat dunia dari jendela kegiatanku yang sempit dan sibuk (Jangan salah! ibu rumah tangga itu pekerjaan yang paling sibuk dan enggak ada liburnya lho!). Kalo aku balas BBM agak lama, inbox FB jarang dibales karena hampir enggak pernah ada notifnya, atau pas diajakin main ke satu tempat/ikutan acara ini itu aku enggak bisa...semua itu bukan karena aku sombong, belagu atau sok sibuk. Tapi aku emang beneran gak sempaaattttt :'(

Yang jelas aku akan berusaha kasih yang terbaik buat teman-teman semua, aku berusaha bersikap seramah mungkin walau aku lagi galau atau lagi mumet, aku enggak mau ngecewain temen-temen yang udah mau sapa aku lebih dulu. Cuma satu aja, harap maklum sama jadwal ibu rumah tanggaku... 

:) :*




Wednesday, 12 November 2014

Naskah Ditolak Itu...

Ada satu hal yang benar-benar berpengaruh di diri seorang penulis, nasib naskah.

Serius! nasib naskah itu punya dua sisi yang bertolak belakang tapi sama-sama bisa ngerubah emosi seseorang yang katanya penulis. Nasib naskah baik, pasti bikin happy dan seneng sampai sehari semalam. Kalau nasib naskah buruk, yaaa....lebih galau daripada pacar gak ngasih kabar, atau bagi para penulis jomblo rasanya lebih nelangsa daripada jalan-jalan sendirian malam Minggu tanpa kekasih, Hadeuh!!

Selain galau dan nelangsa, naskah yang ditolak juga bikin bingung, bikin males dan bikin mumet. Bingungnya mau dilempar kemana lagi nih naskah? disini ditolak, disana ditolak. Direvisi males...Mumetnya kalau mau kirim ke penerbit lain syarat kirimnya kan beda, harus diutak-atik lagi dan itu jauh lebih membosankan daripada ngetik naskahnya lho!

Terussssss, gimana dong?

Ya enggak gimana-gimana sih, emang sudah kodrat yang nyemplung di dunia kepenulisan. Kalau enggak ditolak ya diACC. Selalu begitu sejak zaman dulu kala...

Hmmm, oke naskah yuk diberesin lagi yu? sambil googling nyari penerbit yang boleh kirim naskah pakai email *biarhemat^^.

Tuesday, 11 November 2014

Novel Horor "Hantu Kereta"


“JLEGEEERRRR!!!!” tiba-tiba sebuah lidah api besar dan panjang membelah langit. Menerangi bumi dengan cahaya putih selama beberapa detik. Membuat para wanita di dalam villa memekik kecil. Kayla dan Ari yang masih berdiri di ambang pintu langsung masuk ketakutan.
Hujan makin deras, angin besar pun menyusul terus menerus. Memukul-mukul kaca jendela, dan membuat kaca-kaca tersebut berderak keras. Suasana horror yang tercipta telah melengkapi suasana tegang di petang ini.
Cahya kembali memandang keluar, wajahnya sesaat lalu terlihat begitu murka, namun kini berubah dengan cepat. Ia terlihat tegang dan takut akan sesuatu.
 Para arwah pun terlihat semakin tegang bercampur takut, mereka berdiri berdekatan dan saling menggenggam tangan satu sama lain. Bunga pun menghentikan tangisnya setelah menyadari perubahan alam yang terjadi begitu cepat itu. Gibel cs lebih nampak kebingungan daripada takut,
 “Ada apa? Cuma badai kan?” tanya Zeyn,
 “Oh, dia datang..” desis Maria, ia bersembunyi dalam pelukan Mulya. Suaminya itu pun segera memeluk tubuh wanita yang paling ia cintai itu dengan erat.
 “Dia? Dia siapa maksudnya?” tanya Gibel, ia berjalan mendekati Cahya untuk melihat apa yang tengah arwah kembaran kakeknya itu lihat. Ia pun tercekat.
 “Itu..”
“Ada apa sih?” Ari dan Kayla yang marahnya sudah mereda ikut melihat halaman luar lewat jendela yang tinggi itu,
 “Tenang Ri.. elo enggak usah takut! ada gue disini!!” Zeyn tiba-tiba muncul dan memegangi bahu Ari. Gadis berambut pendek itu langsung menepis tangan Zeyn dengan sebal,
 “Gak penting banget sih!” bentaknya, Gibel mengisyaratkan mereka berdua untuk diam.
Mereka berempat, bersama Cahya tengah berbagi pemandangan aneh diluar sana.
Tepat di bawah jendela, di dekat pohon apel yang tak berbuah. Ada sepasang mata besar berwarna merah menyala menatap ke atas.
“I-itu apa?” bisik Kayla, ia mulai merasa khawatr jika seancainya itu adalah sejenis makhluk jadi-jadian yang akan menerjang masuk ke dalam villa dan membunuh semua pengisi villa. Jika seandainya pemilk mata merah itu adalah werewolf seksi nan cute Jacob Black sih sepertinya beda urusan.
Perlahan pemilik mata itu berjalan ke depan. Di bawah guyuran hujan yang begitu lebat, ia masih menatap ke atas. Ke sini, ke jendela dimana Cahya, Gibel, Zeyn, dan Aru serta Kayla tengah menatapnya dengan takut. Pandangan mereka bertumbukan. Ada rasa ngeri yang menjalari seluruh tubuh melihat sorot mata penuh dendam yang dimiliki makhluk asing itu.
Sekali lagi lidah api membelah langit dan menerangi seluruh tubuh makhluk itu. Kulitnya berwarna coklat kusam. Tubuhnya kecil dan ringkih, ia memiliki rambut sebahu yang jarang, bola mata bulat besar, dan makhluk itu menyeringai. Terlihat sekali dengan jelas gigi-gigi hitam besar yang jarang memenuhi mulutnya.
 Belum juga habis rasa heran untuk menebak makhluk apa yang tengah berdiri di bawah sana. Makhluk itu mengangkat sebelah tangannya yang  menggenggam sebilah pisau besar. Pisau yang nampak seperti pisau daging itu berkilat ditimpa cahaya petir yang menyambar sekali lagi.
Kayla memekik dan Ucok pingsan. Entah sejak kapan remaja bertubuh jangkung itu ikut nimbrung. Gibel kini menatap arwah kakeknya dengan tatapan yang seakan-akan ingin bertanya akan seribu pertanyaan berturut-turut.
“Dia siapa? Apa maunya?”
 “Di-dia Purwo! Di-dia itu koki di KA dan dia juga ya-yang bikin kereta kecelakaan..” Gusti mewakili Cahya untuk menjawab pertanyaan Gibel walaupun dengan suara yang bergetar menahan perasaan takut yang berkecamuk di dalam dirnya. Ia memegangi lengan Sidik yang juga terlihat agak ciut nyalinya.
 Kayla mengerutkan dahi,
 “Maksudnya penyebab kecelakaan?”
 “Entahlah. Dia sudah menggenggam pisau itu saat melewati gerbong kami..”
 “..pisaunya berlumuran darah.. lalu ia pergi ke ruang masinis dan berbuat onar!” papar Maria dan Mulya silih berganti, keempat remaja yang masih berdiri di dekat jendela itu saling berpandangan dan menunjukkan ekspresi ngeri yang sangat.
 “Aaaaarghhhh!!!” teriak Purwo kencang diantara kerasnya suara petir. Gibel, Ari, Zeyn dan Kayla bergerak mundur dari dekat jendela, akan tetapi mereka masih bisa terlihat Purwo tengah mengerang-erang sambil memegangi perutnya,
“Dia kenapa sih?” tanya Zeyn,
 “Lapar deh kayaknya.. sudah lama enggak makan daging manusia..” jawab Ucek asal, kapan siumannya sih? Tahu-tahu nimbrung saja..
Blaaarrr!!” sekali lagi lidah api menjilat bumi. Purwo lalu berlari melewati pagar dan kembali masuk ke dalam hutan.
 Ia menghilang, hujan pun langsung reda...

 *** 
Ini penggalan salah satu bab di novel "Hantu Kereta", kisahnya tentang arwah-arwah penasaran yang meninggal karena kecelakaan kereta tragis di masa lalu. Berpuluh-puluh tahun kemudian, akhirnya para arwah itu menemukan cara terakhir untuk kembali ke alamnya, yaitu dengan meminta bantuan cucu-cucu mereka.
Ssst, pesan langsung novelnya di aku ada harga khusus lho :p

Thursday, 6 November 2014

Cara Menulis Novel : Bikin Novel Ditulis Tangan...OLD BUT GOLD

Banyak yang inbox, atau BBM aku dan nanya begini "Kalau mau bikin novel apa dulu yang harus kita lakuin?". Cara mereka ajuin pertanyaan dan bahasa yang disusun buat nanyain itu beragam sih, tapi inti-intinya sama saja : bingung.
Perasaan yang sama kayak yang aku rasain duluuuuu banget sebelum aku kenal dunia tulis menulis profesional *uhukkk. Tapi serius, dulu aku juga bingung sekaligus iri lihat review novel-novel di majalah atau di koran, "Kok bisa ya?" "Gimana caranya ya?" "Ah cerita klise begitu kok diteritin sih? aku juga bisa bikin semodel gitu keles..." batinku dulu.
Waktu itu aku tinggal di kaki gunung, bisa dibilang sedikit terisolir dari dunia. Mau cari informasi apapun sulitnya pake banget, minim buku, minim majalah, koran, bahkan siaran televisi pun lebih banyak diserang semut *ngaguruh. Mau cari buku baru saja susah, ke kota kabupaten itu makan waktu sekitar satu jam setengah sampai dua jam pakai mobil, keburu capek di jalan :'(.
Jadi dulu aku sama sekali buta sama dunia tulis menulis, dengan pengetahuan yang seadanya tentang dunia tulis menulis, aku coba deh bikin cerita. Pokoknya yang kutahu cuma tulis saja apa yang ada di dalam kepalaku, urusan selanjutnya nanti dipikirkan lagi saja lah.. :3
waktu itu aku nulis di buku tulis lho, pake pulpen dan rajin banget tiap hari nulissss terus. Kalau dipikir-pikir selama sekolah aku lebih banyak nulis novel abal-abal di buku tulis daripada nyatet pelajaran, haha! Kayaknya teman-teman penulis juga semua pernah ngerasain bikin novel di buku tulis, pake tulisan tangan sampai pegal bikinnya...ahh masa-masa yang penuh perjuangan sekaligus menggelikan.
Beneran deh, geli kalau baca naskah-naskah ngambang yang aku bikin dulu. Ceritanya jiplakan dari film-film banget, pakai dialog yang enggak banget, bahkan enggak jarang aku masukin jokes yang lagi populer di daerahku. Kalau aku pikir-pikir sekarang, kenapa juga aku masukin lelucon itu? memangnya ada yang ngerti? -___-
Selain ceritanya yang enggak jelas, aku juga kadang pusing lihat lay outnya...
Ya maklum lah, enggak tahu lay out novel yang baik dan benar itu kayak gimana, jadinya ya ngeluyur aja gitu nulisnya. Satu paragfar itu bisa lebih dari dua puluh baris lengkap dengan banyak dialog yang berderet-deret di dalamnya, :D
Aku juga suka pakai nama-nama yang aneh dan enggak familiar, niatnya pengen gaya tapi ternyata yucks banget. -___-

Nah, pas SMA aku mulai bikin naskah novel yang lebih rapi. Baik itu dari segi cerita, cara penulisan dan juga lay outnya. Awalnya teteepppp pakai tulisan tangan dulu, pas tamat baru deh aku pindahin ke komputer. Capek sih, tapi enggak kerasa tuh! Kebetulan pas SMA itu aku dibeliin komputer, jadi bisa sedikit modern ceritanya...jadi berasa novelis profesional aja jadinya, hihi!
Pas SMA juga aku coba kirim naskah ke penerbit, judulnya...uhmm, lupaa...
Ah ya ya ya judulnya kalo enggak salah tuh "Besfren, I Luv U!". Serius, judulnya aku tulis kayak begitu, maklum...Alay generasi pertama. :3
Mau tau nasibnya? naskahnya dikembalikan alias ditolak. Sedih? kecewa? iya banget. Hihi, aku mogok nulis dulu waktu itu. Bukannya gara-gara kecewa sih, cuma males saja :D
Selain naskah Besfren itu aku juga nulis satu naskah lagi, judulnya "Thanx MAFIA", tentang cowok super kece yang jago MAtematika, FIsika, dan kimiA. Naskah itu aku pindahin ke komputer, mengendap selama kurang lebih dua atau tiga tahun, barulah aku coba kirim ke penerbit. Eh jodoh jodoh! diACC dan terbit skala Nasional. Ohhh bangganya!
Akhirnya judul aslinya diganti "Aku, Kamu atau MIPA?", covernya pakai karikatur, putih dan bagus banget. Bangga sumpah! rasanya semua perjuangan yang aku lakuin selama ini berbuah manis juga, :D
Next time aku buat review tentang novel perdanaku itu deh, sekarang mau nyari ransum dulu, kebanyakan cerita jadi Laver nih...
See you!

Wednesday, 5 November 2014

Novel Teenlit Romance "Cinta Tak Pernah Usai"

Novel ini adalah novel duet pertamaku, novel yang kutulis bersama sahabatku, Akbar Zidny.
Kami benar-benar menikmati prosesnya, kami berdua sama-sama terbuka dan saling mengerti. Apalagi Zidny anaknya penurut dan gigih, dia terima semua kritikan dan saran terus dia terapkan di tulisan. Dia punya kemauan kuat untuk nulis, dia mau berusaha dan enggak nyerah karena keadaan. Dia itu refleksi aku di tubuh anak laki-laki, Zidny itu kayak aku versi cowok.
Dia girang bukan main pas tahu naskah kami ini diACC, ini naskah pertamanya yang tembus mayor dan aku bangga bisa temani dia wujudkan mimpinya. Novel ini wujud cintanya pada dunia kepenulisan yang enggak ada matinya, bahkan setelah dia enggak ada...
Zidny pernah bilang, kalau dunia kepenulisan itu cinta sejatinya, cinta pertama dan terakhirnya. Zidny membuktikan itu semua, saat napas terakhirnya berhembus pun ia tetap menjaga cintanya.

RIP Akbar Zidny, ini bulan kesekian aku tanpa kamu, rasanya hampa.. :')

Monday, 3 November 2014

I Am BACK!


Kadang aku suka mikir sendiri, aku ini nganggur...kerja di rumah cuma ketak-ketik, bebenah, masak, tiduran...udah. Tapi kenapa enggak sempat buka blog, diutak-atik, dibenerin, dibagus-bagusin, atau digimanain lah biar menarik gitu, :/
Intinya sih aku males, malesnya udah akut gitu kayaknya. Pegang laptop palingan buka Memecenter doang sama dengerin lagu di Youtube, udah...ngetik pun sekarang bisa dibilang lagi males juga. Ya Alloh, apa dong hidupku yang enggak males?
Tapi yaa...sudahlah, mumpung sekarang lagi niat pengen ngisi blog sekalian aja aku kenalin sama dua anakku yang lain, nyusul yang sebelumnya. (Ah iya, sebelum ini juga ada anakku yang lain...tapi nanti aku cari dulu foto penampakannya, biar jadi bukti otentik kelahiran mereka.)
Cinta Membuatku Gila itu sebenarnya pakai nama mantan lho tokoh utamanya, waktu itu sih belum jadi mantan yaaa, masih pacar gitu deh. Terus terang agak nyesel sih ada nama orang itu disana, tapi mau gimana lagi?
Cerita di novel ini tentang cinta yang tak terangkap radar hati. Maksudnya cinta yang selalu ada di sekitar kita tapi enggak kita sadari keberadaannya karena kita terlalu asyik ngejar cinta yang baru. DI novel ini kita bisa sedikit memaknai hati yang selalu ada untuk kita, menikmati cinta yang datang dan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki.
Sementara itu Cinta Dalam Keabadian adalah novel genre fantasiku yang pertama, isinya tentang kehidupan kerajaan bangsa werewolf. Salah satu tokohnya kubuat seganteng Taylor Lautner dan seimut G-Dragon. Entahlah, aku memang benar-benar mengarahkan pembaca untuk menganggap tokoh-tokoh itu adalah mereka. (Waktu itu aku lagi gila banget sama mereka berdua...ah, sekarang juga masih sih :3).
Oke, buat saat ini sampai sini dulu mungkin ya?
besok insyaalloh aku sambung lagi, janji deh sekarang beneran aku rajin isi blognya!

See you!

Friday, 11 April 2014

Long Time No See,

Lama banget ya...
Hampir lupa sama blogku ini, enggak diurus, enggak diisi, enggak diutak-atik...aih kasihan, udah kayak rumah tua aja jadinya.
Pas aku buka ini blog, udah banyak sarang laba-laba, kaca-kacanya berdebu, lampunya mati semua...*eh, emangnya rumah? -___-
Tapi untung enggak sampai berhantu sih ini blog, haha!

Oke lah, mulai sekarang mau lebih rajin lagi isi blogku ini, teman-temanku pada rame blognya. Banyak yang lihat, banyak yang baca-baca...
Apa aja lah nanti aku isiin kesini, cerpen lah, sample bab novel lah, resep-resep ala chef*lupakan, atau mungkin sekedar curhatan enggak jelas. Yang penting ini blog esksis. Hehe.

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan

Rekomendasi Tempat Kerja yang Cocok Buat Kamu yang Kreatif Tapi Bosenan  - Kamu freshgraduate? Atau baru keluar dari perusahaan karena ribu...